Home Network & Operator Telkomsel Luncurkan Program IoT untuk Lindungi Hutan Mangrove di Bali

Telkomsel Luncurkan Program IoT untuk Lindungi Hutan Mangrove di Bali

Telkomsel melanjutkan perannya dalam mengurangi dampak negatif terhadap perubahan iklim dan kompensasi emisi karbon melalui inisiatif aksi Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel Jaga Bumi.

Kali ini, mereka meluncurkan Program Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai Bali Digitalization Support yang berkolaborasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia serta Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi Bali. Program ini bertujuan untuk melindungi serta mengawasi ekosistem hutan bakau (mangrove) di Tahura Ngurah Rai secara berkelanjutan melalui pemanfaatan teknologi Internet-of-Things (IoT).

Menurut estimasi UNESCO, deforestasi hutan mangrove sedunia sebanyak 40 persen dalam kurun waktu 40 tahun terakhir telah mendorong pertumbuhan angka emisi karbon hingga 10 persen secara global. Oleh karena itu, Telkomsel berkomitmen untuk menjalankan bisnis secara berkelanjutan melalui integrasi elemen proses bisnis perusahaan ke dalam upaya pelestarian bumi dan lingkungan hidup.

Program Tahura Digitalization Support akan mengoptimalkan kapabilitas jaringan broadband terdepan Telkomsel yang menjangkau wilayah sekitar Tahura Ngurah Bali untuk meningkatkan konektivitas dan mengakomodasi pemantauan kualitas air secara digital di area penyemaian mangrove. Menggunakan konsep IoT Smart Agriculture, kecanggihan sensor IoT Telkomsel memungkinkan pengukuran nilai rata-rata parameter perairan di ekosistem mangrove, baik kualitas air, debit air, maupun PH air.

Pemantauan keseluruhan data tersebut kini dapat dilakukan secara presisi dan real-time melalui satu digital dashboard monitor yang berlokasi di Tahura Office Command Center. Telkomsel juga mengimplementasikan teknologi 5G Augmented Reality (AR) yang dapat diakses melalui tablet, smartphone, maupun laptop untuk mengakomodasi virtual tourism bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Gubernur Provinsi Bali I Wayan Koster menyambut baik inisiatif Telkomsel dan berharap mereka dapat melakukan hal yang sama untuk pengembangan pertanian organik di Bali. Program Tahura Digitalization Support ini merupakan salah satu contoh program dari inisiatif Telkomsel Jaga Bumi, yang mempertegas komitmen Telkomsel sebagai leading digital telco company yang menggerakkan perubahan di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here