Home Apps & Platform SnackVideo: Platform Video Pendek yang Berkembang Pesat di Indonesia Menurut Riset Ipsos

SnackVideo: Platform Video Pendek yang Berkembang Pesat di Indonesia Menurut Riset Ipsos

Ipsos, perusahaan riset pasar global, baru-baru ini meluncurkan “Indonesia Short Video White Paper 2023”, sebuah laporan yang menyoroti cara masyarakat Indonesia mengakses media dan bagaimana platform video pendek dapat menonjol di industri. Studi ini juga menemukan bahwa SnackVideo, sebuah aplikasi video pendek yang berkembang pesat selama tiga tahun pertama sejak beroperasi di Indonesia, memiliki tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 318% dan memiliki 43 juta pengguna aktif per bulan pada tahun 2022.

Sejak diluncurkan di Indonesia pada tahun 2020, SnackVideo telah menjadi aplikasi video pendek terbesar kedua di Indonesia. Hal ini sejalan dengan temuan Ipsos yang menunjukkan bahwa reputasi merek SnackVideo menonjol di antara aplikasi video pendek lainnya karena konten yang relevan dengan kehidupan sehari-hari para pengguna. Menurut Teng Yee Kiong, Country Manager SnackVideo Indonesia, karakteristik ini telah mendorong pertumbuhan pesat SnackVideo menjadi platform video pendek yang dikenal luas dengan 90% brand awareness dan 64% brand salience.

Menurut laporan Ipsos, video pendek telah menjadi platform baru bagi masyarakat untuk mencari informasi dan mengonsumsi konten dengan penetrasi sebesar 70%. Konsumen Indonesia menghabiskan 2,1 jam per hari untuk menonton video pendek dengan alasan utama adalah sesuatu yang dapat mengisi waktu luang (56%), hiburan dan santai (53%), dan pengetahuan dan keahlian yang bermanfaat (41%).

Pada tahun 2022, video pendek di Indonesia disebut akan memasuki fase diferensiasi, di mana penyedia platform mulai merangkul keunikan dan komersialisme. Fase ini memberikan kesempatan bagi penyedia platform seperti SnackVideo untuk menunjukkan karakternya sebagai konten yang relevan dengan keseharian pengguna. Kunci keberhasilan SnackVideo adalah inklusivitas dan kesetaraan, ekosistem komunitas, serta konten yang unik dan bernuansa lokal.

SnackVideo selalu mendorong pengguna untuk berbagi cerita mereka sendiri dan cerita asli karena kontennya dapat diterima dengan baik oleh audiens dan memenuhi kebutuhan pengguna atau semua orang di dalam komunitas, yang membuatnya inklusif dan setara. Inklusivitas dan kesetaraan ini terus membangun ekosistem komunitas yang interaktif dengan interaksi aktif dan saling menghormati antara kreator dan pengguna. SnackVideo menyediakan banyak konten lokal yang telah menunjukkan popularitas cukup baik di kalangan pengguna.

Selain konten lokal, laporan Ipsos juga menyebutkan bahwa 60% pengguna menonton konten Religi dan Motivasi dalam satu bulan terakhir, yang memiliki pertumbuhan tinggi mengungguli konten Makanan dan Resep Memasak, dan berada di belakang konten Komedi dan Lucu.

Kunci keberhasilan juga ditunjukkan oleh metrik Monitoring Data di dalam aplikasi SnackVideo mengenai antusiasme dan interaksi, yang melibatkan kreator dan pengguna. Metrik tersebut menampilkan lebih dari 700 ribu kreator aktif harian, lebih dari 1,5 juta postingan harian, 2,7 miliar penayangan harian, dan 70 juta likes harian, yang menghasilkan engagement berupa lebih dari 7 juta komentar harian. Selain itu, SnackVideo membangun komunitas pembuat konten resmi yang terdiri dari sekelompok pengguna dalam berbagai kategori. Komunitas ini disebut SnackVideo Family, yang saat ini memiliki lebih dari 58.000 Family, lebih dari 800.000 anggota SnackVideo Family serta menghasilkan 50% tingkat keaktifan harian.

Dengan pencapaian yang luar biasa dalam tiga tahun pertama, SnackVideo berkomitmen untuk memperkuat penetrasi pasar dengan terus menyediakan konten yang relevan, unik, berbeda, dan terkini untuk SnackVideo Family dan penonton di Indonesia. Scripted drama, yang merupakan ciri khas dan konten favorit pengguna, akan terus dilanjutkan dan diharapkan dapat meningkatkan durasi waktu yang dihabiskan pengguna di aplikasi SnackVideo.