Home Apps & Platform Salesforce Luncurkan Entitas Baru, Ketersediaan Hyperforce dan Kemitraan Keterampilan Digital di Indonesia

Salesforce Luncurkan Entitas Baru, Ketersediaan Hyperforce dan Kemitraan Keterampilan Digital di Indonesia

Salesforce, #1 customer relationship management (CRM) AI, hari ini mengumumkan komitmen mereka di Indonesia, dengan meluncurkan entitas baru dan ketersediaan Hyperforce, infrastruktur cloud publik yang dibangun di atas  Amazon Web Services (AWS). Upaya ini bertujuan untuk menciptakan dampak yang lebih besar bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia dan mendukung pertumbuhan bisnis mereka.

Dengan entitas baru di Indonesia, tim Salesforce bisa lebih dekat dengan para pelanggan dan para mitranya di pasaran dan Salesforce bisa lebih memanfaatkan sumber daya manusia di dalam negeri. Pembentukan entitas baru di Indonesia ini terjadi pada saat yang sangat tepat ketika banyak perusahaan berupaya melakukan transformasi digital agar bisa menangkap peluang-peluang baru dan memenuhi ekspektasi pelanggan yang terus meningkat di tengah perekonomian yang tumbuh pesat. Indonesia adalah ekonomi digital terbesar di ASEAN, dan menurut Kementerian Keuangan, adopsi teknologi diperkirakan akan meningkatkan perekonomian Indonesia menjadi sebesar USD 2,8 triliun pada tahun 2040.

Salesforce membantu berbagai organisasi mendorong efisiensi dan produktivitas yang lebih besar, serta meningkatkan pengalaman pelanggan melalui Customer 360, portofolio produk dan layanan Salesforce yang menggabungkan kekuatan AI, data, dan CRM.

Organisasi-organisasi seperti GoTo, Lion Parcel, Xendit, United Tractors, dan Kementerian Kesehatan Indonesia, bekerja sama dengan Salesforce dalam perjalanan transformasi digital mereka telah melaporkan hasil bisnis yang nyata, termasuk produktivitas yang meningkat, penyelesaian masalah layanan yang lebih cepat, dan kepuasan pelanggan yang meningkat. Mitra Salesforce di Indonesia saat ini termasuk Deloitte, PwC, TMS, Metrodata, Trees Solutions, dan lainnya.

Menghadirkan kekuatan Hyperforce di Indonesia

Salesforce juga mengumumkan bahwa Hyperforce kini telah tersedia di Indonesia. Hyperforce,  yang dibangun di atas AWS, salah satu penyedia layanan cloud terkemuka di dunia, merupakan konsep baru arsitektur platform Salesforce untuk cloud publik yang membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan. Dengan meningkatnya penekanan pada keamanan dan penyimpanan data, residensi data lokal menjadi keharusan bagi berbagai organisasi regional dan global di industri-industri yang terikat regulasi, seperti pemerintahan atau layanan keuangan. Dengan peluncuran ini, para pelanggan, termasuk mereka yang berada di industri-industri dengan regulasi ketat, memiliki lebih banyak opsi untuk tumbuh secara global dan melayani pelanggan di tingkat lokal.

Dihadirkan melalui kemitraan strategis global dengan AWS, Hyperforce akan membantu memberdayakan para pelanggan Salesforce dengan memanfaatkan skalabilitas, fleksibilitas kehandalan, dan keamanan AWS untuk dengan cepat dan mudah menerapkan solusi-solusi Salesforce termasuk Sales Cloud, Service Cloud, dan banyak lagi. Hyperforce juga meningkatkan interoperabilitas dengan AWS untuk memberikan nilai yang berbeda kepada pelanggan, meningkatkan ketersediaan, dan mengurangi waktu downtime perawatan yang direncanakan.

Kemitraan dengan KOMINFO untuk pengembangan talenta bagi ekonomi digital Indonesia

Salesforce telah mengumumkan kemitraan dengan KOMINFO untuk menyediakan kurikulum dan pelatihan CRM melalui program Digital Talent Scholarship (DTS) Program KOMINFO. Melalui kemitraan ini, para peserta akan mendapatkan akses untuk mengembangkan kemampuan Salesforce Administrator, Developer, dan App Builder. Pelatihan akan dilakukan di Trailhead, platform pembelajaran online gratis milik Salesforce, dan melalui lokakarya yang dipimpin oleh para pakar. Nokentech akan mendukung pelaksanaan pelatihan kepada para peserta. Program ini akan dijalankan oleh Fresh Graduate Academy DTS dan akan dibuka untuk pendaftaran tanggal 25 Agustus 2023. Pelatihan akan dimulai pada pertengahan September 2023.

Hal ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan dari Salesforce untuk mengatasi kebutuhan akan keterampilan CRM  di Indonesia, dengan membekali talenta-talenta lokal dengan alat dan keterampilan untuk bekerja di sektor ekonomi digital.

Sebelumnya pada bulan Maret 2023, Salesforce mengumumkan kemitraannya dengan Nokentech untuk melatih hingga 100.000 siswa di Indonesia dengan keterampilan CRM selama tiga tahun. Kemitraan ini mendukung persamaan akses terhadap keterampilan digital, di mana perempuan membentuk 50 persen dari seluruh siswa yang dilatih.

Kutipan

Komentar terhadap peluncuran entitas di Indonesia

“Kami meluncurkan entitas baru kami pada waktu yang sangat tepat bagi Indonesia dan kawasan yang lebih luas di ASEAN. Kami berharap dapat bekerja sama lebih erat dengan para pelanggan dan mitra kami untuk membantu lebih banyak perusahaan di Indonesia dalam memanfaatkan AI, data, dan CRM untuk mengambil peluang digital saat ini,” ujar Sujith Abraham, Senior Vice President and General Manager, Salesforce ASEAN. “AI dapat menjadi perubahan besar bagi bisnis di Indonesia, jika digunakan dengan cara terpercaya. Dan perusahaan-perusahaan Indonesia kini memiliki akses ke Hyperforce, yang memampukan mereka menyimpan data secara lokal dengan manfaat dan skalabilitas dari cloud publik. Semua ini dikemas dengan inisiatif keahlian lokal kami, yang menegaskan komitmen Salesforce yang terus berkembang terhadap pasar Indonesia.”

“Untuk mempercepat perkembangan ekonomi digital, pemerintah Indonesia berkomitmen untuk menerapkan berbagai kebijakan progresif dan memperkuat kolaborasi dengan sektor swasta guna mendukung pengembangan teknologi-teknologi baru, seperti AI, Cloud Computing, dan lainnya. Kami percaya bahwa teknologi-teknologi ini dapat membantu menciptakan solusi inovatif yang aman, handal, dan berkelanjutan bagi masyarakat serta ekonomi nasional secara umum,” ujar Dr. Ir. Mohammad Rudy Salahuddin, MEM, Deputi IV Bidang Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM; Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI.

Komentar dari pelanggan Salesforce

Senior Vice President of Sales, Operations, and Product Tokopedia, Rudy Dalimunthe, mengatakan, “Sebagai perusahaan teknologi dengan marketplace terdepan di Indonesia, Tokopedia selalu mengedepankan salah satu DNA kami, yaitu Focus on Consumer, untuk menyediakan pengalaman terbaik bagi pelanggan. Oleh karena itu, Tokopedia bekerja sama dengan para mitra strategis termasuk Salesforce untuk memastikan kami dapat mengakomodasi kebutuhan dan pertanyaan pelanggan kami. Inovasi dan perubahan yang kami lakukan dengan bantuan mitra strategis seperti Salesforce, dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dan mendukung misi Tokopedia untuk menciptakan pemerataan ekonomi secara digital. Melalui kolaborasi ini, kami juga berharap dapat bersama-sama mendorong semangat inovasi teknologi guna memberikan praktik terbaik dalam pengalaman pelanggan di Indonesia.”

“Salesforce memungkinkan kami memiliki visibilitas dan kontrol penuh terhadap operasi kami, mulai dari penjualan, dukungan purna jual, hingga tim analitik – memungkinkan kami memiliki operasional yang lancar dan kuat serta responsif terhadap perubahan pasar,” kata Cindy Christian, Head of Digital, United Tractors.

Komentar terhadap Hyperforce

“Kami sangat antusias untuk memperdalam hubungan kami dengan Salesforce dan mendukung pertumbuhan berkelanjutan Hyperforce di Asia Pasifik. Pengumuman ini menguatkan investasi AWS sebesar Rp71 triliun di wilayah AWS Asia Pasifik (Jakarta) dan mendukung meningkatnya permintaan akan solusi cloud yang cepat dan aman di Indonesia,” kata Kirsten Gilbertson, ASEAN Partner Sales Lead, AWS. “Dengan menggunakan infrastruktur cloud aman kelas dunia dari AWS dan kemampuan CRM yang kuat dari Salesforce, organisasi di Indonesia sekarang dapat melakukan skalabilitas di AWS dan mengakses lebih dari 240 layanan termasuk kecerdasan buatan (AI), sambil meningkatkan kemampuan untuk memenuhi standar kepatuhan data mereka. Kami berharap dapat terus mendukung pelanggan dan mitra seperti Salesforce dalam melakukan transformasi digital dan pertumbuhan.”