Roborock, merek vakum robotik dan nirkabel terkemuka berupaya memperkuat kedudukannya di Asia Tenggara dengan mengumumkan kehadirannya di Indonesia. Sebagai langkah awal mereka memperkenalkan dua produk populernya – Roborock S6 Pure dan S7.
Tahun lalu, Roborock sudah melakukan ekspansi di negara kawasan Asia Tenggara yaitu Malaysia, Singapura, dan Thailand. Di tiga negara itu, sebelumnya mereka telah meluncurkan Roborock S7 dan H7. Roborock berkomitmen untuk menghadirkan peralatan vakum berteknologi tinggi yang bisa dijangkau oleh semua lapisan konsumen di Asia Tenggara.
Berdiri pada tahun 2014, Roborock mendesain dan menjual perangkat pembersih rumah pintar dan juga peralatan pembersih rumah lainnya. Produk pertama yang diluncurkan pada tahun 2016 menjadi vakum robotik terlaris di seluruh China. Kesuksesannya didorong oleh teknologi yang mereka terapkan serta keahlian teknis khusus peralatan vakum robotik otonom yang mereka kuasai dan juga teknik untuk membuat peralatan rumah tangga lainnya.
Tahun lalu, Roborock secara resmi terdaftar di Dewan Inovasi Sains dan Teknologi China. Harga saham perusahaan melonjak setelah pembukaan, menjadikannya perusahaan dengan nilai tertinggi Dewan Inovasi Sains dan Teknologi sebesar RMB 33 miliar di saat itu.
Pada peringatan Hari Lajang Sedunia (Singles Day 11 November, yang juga dikenal sebagai tanggal populer untuk kampanye penjualan) pada tahun 2017, semua produk Roborock terjual habis dalam waktu satu jam bertepatan dengan peluncuran label pribadinya di JD.com.
Penjualan Roborock meningkat 18 kali lipat pada tahun 2018 secara year on year, menjadikannya sebagai merek paling populer di pasaran robot di China. Pada tahun 2019, produk Roborock menempati posisi teratas dalam daftar peralatan vakum selama perayaan 18 Juni dari festival penjualan JD dan Singles Day.
Setelah melihat kesuksesan di negara asalnya, perusahaan ini tak berdiam diri dan mengembangkan departemen R&D yang terdiri dari tim insinyur, ilmuwan, pakar manufaktur, dan desainer guna memperluas pengaruhnya di pasaran Asia Tenggara.
“Kami senang sekali bisa berdampingan dengan konsumen Indonesia. Kami di Roborock yakin aktivitas pembersihan rumah adalah sesuatu yang tidak menghalangi waktu me-time seseorang atau mengganggu waktu seseorang untuk bisa bersama orang-orang terkasih.
Kami ingin mengurus pekerjaan yang tidak disukai orang, sehingga mereka boleh menghabiskan waktu dengan orang yang mereka cintai. Roborock ingin teknologinya eksis di pasar, dan menjanjikan pengalaman baru pada para konsumen”, kata Joan Hu dari Roborock.