Home Review Review vivo V20: Kamera Bertenaga, Desain Penuh Gaya

Review vivo V20: Kamera Bertenaga, Desain Penuh Gaya

Di segmen menengah yang penuh sesak, vendor smartphone harus pintar mengemas produknya. Selain menjaga harga agar tetap kompetitif, juga wajib menyodorkan fitur-fitur yang bisa menarik perhatian konsumen. Seperti seri V sebelumnya, Vivo V20 hadir dengan karakter desain yang kuat dengan tetap menekankan kemampuan kameranya.

Dibanderol seharga Rp 4.999.000, V20 juga menghadirkan kecanggihan AI dan fitur NFC multifungsi yang tak hanya digunakan untuk mengecek saldo, namun juga bisa menjadi alat pembayaran, pengganti kartu akses hingga untuk transportasi.

Fitur apa saja yang diusung oleh vivo V20, bagaimana kinerjanya dan segmen mana yang cocok untuk vivo V20 ini, kita akan kupas satu per satu.

Desain

Vivo mempertahankan kualitas material dan desain untuk menjaga tampilan premiumnya. Rangka aluminium di sekujur sisi dipadu dengan bodi belakang berlapis , membedakan V20 dari kompetitor-kompetitornya yang masih menggunakan bahan plikarbonat.

Unit yang Kami uji adalah varian Midnight Jazz dengan dominasi warna abu-abu yang bergradasi dari terang ke gelap hingga ke bawah. Finishing matte selain menghindarkan bodi V20 dari jejak sidik jari, juga memberi kesan tenang dan elegan. Jika tertimpa cahaya, bagian belakangnya akan menampilkan efek siluet yang berbeda tergantung sudut refleksinya.

Modul kamera persegi panjang menonjol di sisi kiri atas bagian belakang vivo V20. Terlihat didalamnya terdapat 3 kamera, satu modul LED Flash dan tulisan ASPH dan spesifikasi lensa utama.

Seperti tampilan smartphone kekinian, bagian depan didominasi layar dengan bezel yang tipis di sisi-sisinya. V20 memilih desain waterdrop untuk menempatkan kamera selfi 44MPnya. Jika dilihat lebih dekat, Anda akan menemukan lubang-lubang speaker kecil yang berderet memanjang di atasnya.

Di sisi atas hanya terdapat lubang mikrofon, sementara di bagian bawah berjejer lubang jack audio 3,5mm, mikrofon, port USB type-C dan grill speaker. Bagan kanan seperti biasa diisi oleh tombol power dan volume key. Di sisi seberangnya, ada baki yang dapat menampung dua kartu SIM dan micro SD secara bersamaan.

Layar

V20 memiliki layar AMOLED 6,44 inci dengan resolusi Full HD+ dan kompatibel dengan HDR 10. Ukuran ini sama dengan Oppo Reno 4 atau pun realme 7 Pro, namun sedikit lebih kecil dibanding Samsung Galaxy A51 (6,5 inci).

Tampilan layar V20 tajam dengan output warna yang kuat. Menonton konten atau membaca teks di luar ruang dapat diakukan dengan baik meski terpapar oleh cahaya berlebih. Layar V20 belum mendukung refresh rate 90Hz.

Di beberapa produk terkininya, vivo konsisten menempatkan pemindai sidik jari di layar. Begitu pula dengan V20 ini. Responnya cepat dan akurat. Vivo juga menyediakan berbagai pilihan animasi pemindai sidik jari dan icon pattern.

Performa dan Baterai

V20 menggandeng chipset kelas menengah, Qualcomm Snapdragon 720G disandingkan dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 256GB yang dapat diperluas melalui slot micro SD. Meskipun chipsetnya tidak sekuat Snapdragon 765G yang dipakai vivo X50, namun performanya tetap bisa diandalkan. Dalam beberapa kesempatan pengujian, 720G malah lebh kencang dibanding 730G.

Penggunaan aplikasi sehari-hari untuk browsing, media sosial, perpesanan, dan content consumption seperti Youtube, Netflix, maupun Spotify berjalan lancar.
Kombinasi kinerja chipset Snapdragon 720G yang efisien dengan baterai berkapasitas 4000mAh mampu menghadirkan waktu pakai yang lama. Jika dibutuhkan, Anda bisa mengaktifan fitur battery saver yang dapat mereeduksi kinerja aplikasi di background agar tidak menguras daya baterai.

Meski bukan tercepat saat ini, Vivo V20 sudah dibekali dengan pengisian daya 33W, membuatnya bisa mengisi daya secara penuh dalam waktu kurang dari sejam.

Salah satu fitur yang ditonjolkan oleh Vivo V20 adalah NFC multifungsinya. Berbeda dari NFC standar, selain dapat digunakan untuk mengecek dan melakukan pembayaran uang digital, NFC milik V20 ini juga bisa mensimulasikan berbagai tipe kartu akses, seperti akses hotel atau aprtemen, kartu parkir, maupun akses kantor. Dengan demikian, Anda tak perlu harus membawa banyak kartu, cuku diduplikasikan ke dalam vivo V20.

Hasil Benchmark

Hasil benchmark menggunakan aplikasi Geekbench 5
Hasil benchmark menggunakan aplikasi PC Mark 2.0
benchmark menggunakan aplikasi 3D Mark

Antarmuka dan Software

Ki-Ka: Android 11, Stories, dan laman Jovi Home

Yang jarang disorot adalah, vivo V20 sudah menggunakan antarmuka Funtouch OS berbasis Android 11 dimana kebanyakan smartphone kompetitor masih berbasis Android 10. Mereka kini juga lebih ‘bijak’ dengan tidak memuat terlalu banyak aplikasi pre install.

Jika Anda menggeser homscreen ke kanan, akan muncul laman Stories yang memunculkan cuplikan berita berdasar kebiasaan Anda saat browsing. Ada tombol switch di atas yang memungkinkan Anda untuk berpindah ke halaman Jovi Home. Seperti diketahui, Jovi adalah smart assistant yang dikembangkan vivo berbasis kecerdasan buatan.

Di halaman Jovi Home, Anda bisa menemukan berbagai aplikasi bawaan V20 seperti Smart cleanup, App lock, dan scan. Jovi juga menyediakan berbagai informasi seperti prakiraan cuaca dan skor pertandingan bola.

Fitur penting yang bisa Anda temukan di sini adalah Digital Wellbeing dimana akan tersaji statistik penggunaan smartphone dan proteksi mata. Jovi juga menyediakan berbagai macam fitur kesehatan seperti pengingat untuk minum air dan penghitung langkah.

Saat bermain game, vivo akan mengaktifkan fitur Game Assistant yang akan mengoptimalisasi CPU, GPU, RAM, dan respon layar sentuh. Fitur ini juga dapat menonaktifkan berbagai komunikasi seperti panggilan, notifikasi, dan menolak panggilan secara otomatis sehingga permianan Anda tidak terganggu.

Kamera

V20 memiliki tiga kamera di bagian belakang yang terdiri dari sensor utama 64 MP engan aperture f/1.89, kamera sudut lebar 120 derajat 8 MP f/2.2, dan sensor monokrom 2 MP f/2.4. Untuk selfie dan video meeting, V20 menyediakan Kamera depan 44MP f/2.0 “Eye Autofocus”.

Di siang hari, Anda akan mendapatkan hasil bidikan yang sangat alami. Warna dan kontrasnya bagus dengan pencahayaan yang seimbang. Di dalam ruangan ketajaman kamera 64MPnya sedikit berkurang.

Anda bisa berpindah dari mode wide angle, bokeh, dan super macro dengan mengakses tombol Lens saat kamera aktif. Pilihan ini kadang tidak selalu muncul, tergantu mode kamera apa yang sedang Anda gunakan.

Fitur Fotografi Unggulan

Hasil foto menggunakan night mode dengan filter Black and Gold (kiri) dan Blue Ice (kanan).

Mode malam hari memberikan Anda hasil foto yang detil walau dalam kondisi pencahayaan minim. Ada empat styles yang bisa digunakan untuk memperindah hasil foto malam yaitu Black and Gold, Blue Ice, green orange, dan Cyberpunk.

Sesuai namanya, Anda akan mendapatkan kombinasi dua warna menarik untuk tiap styles yang dipilih. Jika malam terlalu gelap, ada fitur tripod night photo yang secara otomatis aktif dan akan memperpanjang eksposure kamera hingga 49 detik. Tentu saja dengan durasi sepanjang itu, Anda butuh tripod agar stabil.

Hasil foto menggunakan night mode dengan filter Cyber punk (kiri) dan green orange (kanan)

Kamera V20 memiliki fitur motion autofocus yang dapat diakses di menu setting saat mode kamera aktif. Ada 3 opsi yang bisa Anda pilih yaitu Eye Autofocus, Body Autofocus, dan Object Autofocus. Sesuai namanya, Eye autofocus akan melacak mata Anda untuk penempatan titik fokus gambar. Anda bisa memilih mengaturnya secara otomatis, melacak mata kiri, atau mata kanan. Jika memilih body autofocus, maka fokus akan berpusat pada keseluruhan badan kita, sedangkan pilihan Object autofocus akan mentracking tak hanya manusia tapi juga obyek yang dibidik meski sedang bergerak.

Mode autofocus ini bisa diterapkan untuk foto maupun video dalam mode tertentu.

Untuk mode potrait, V20 menyediakan lebih banyak lagi Styles. Tercatat, ada 9 filter yang bisa Anda coba mulai dari gaya natural hingga kejepang-jepangan. Ada juga mode aperture f 2.0 bokeh yang membuat pendaran cahaya di latar belakang menjadi lebih artistik layaknya kamera profesional. Jika kurang pede, ada fitur beauty yang sekejap bisa menyulap penampilan Anda menjadi lebih sip, mulai dari warna kulit, bentuk wajah, hingga lebar jidat.

Bingung mau bergaya seperti apa saat swafoto? Ada beberapa panduan yang sudah disediakan V20 melalui menu posture.

Ki-Ka pilihan styles, filter, dan potrait light effect

Selain filter style, V20 juga menyediakan filter potrait light effect yang bisa Anda kombinasikan untuk menghasilkan foto yang lebih menarik. Untuk mendapatkan foto dengan detil maksimal, Anda bisa menggunakan mode high resolution dimana hasil jepretannya akan memiliki resolusi 64MP UHD. Hal ini juga berguna saat Anda hendak me-crop bagian tertentu dari gambar agar hasilnya tetap tajam dan tidak pecah.

V20 dapat menghapus gambar yang tidak diinginkan dan emrestorasi foto lawas

Aplikasi editing bawaan V20 juga menarik. Ada fitur memory recaller yang dapat membuat foto lawas menjadi lebih detil dan jelas kembali. Juga ada AI Image Matting yang dapat mendeteksi obyek di foto.

Jika Anda memfoto obyek dengan background langit, di AI Image matting Anda bisa mengubah warna langitnya dan bsia membuatnay ebrgerak menjadi sebuah klip pendek. Fitur ini dinamakan Dynamic Sky.

Video

Anda bisa merekam video menggunakan kamera depan maupun belakang. Untuk kamera belakang, tersedia dalam framerate 30 dan 50 fps. Untuk pengambilan obyek yang bergerak, V20 menyediakan fitur ultra stabil untuk mengurangi efek guncangan di video. Jika ingi mengambil gambar secara lebih estetis ala video sinematik, Anda bisa menggunakan fitur Movie Camera yang bisa diakses langsung melalui ikon yang ada di viewfinder

Galeri

Kesimpulan

Vivo V20 punya kelebihan di build quality, desain, dan kamera. Chipset Snapdragon 720G terbukti tangguh dan bisa diandalkan. Di beberapa perbandingan, performanya malah di atas sang Snapdragon 730G yang lebih baru. Hadirnya RAM 8GB dan ruang simpan lega 128GB membuat Anda leluasa menjalankan berbagai aplikasi, konsumsi konten, mapun gaming.

Credit khusus diberikan untuk kameranya, baik kamera depan maupun belakang. Kualitas foto yang dihadirkan ciamik, apalagi ditunjang dengan banyaknya filter yang disematkan dan bantuan kecerdasan buatan. JUga jangan lupakan kemampuan autofocusnya, karena fitur ini sangat membantu Anda memotret momen-momen candid dengan hasil yang detil.

Jika Anda menginginkan smartphone bertenaga, desain gaya, dengan hasil foto yang ‘langsung jadi’, V20 adalah jawabannya.

Spesifikasi