Home Review Review realme narzo 50A: Smartphone Gaming Terbaik di Harga 2-Jutaan

Review realme narzo 50A: Smartphone Gaming Terbaik di Harga 2-Jutaan

Menggarap pasar smartphone gaming 2 jutaan menjadi tantangan tersendiri untuk vendor. Selain harus wajib menyuguhkan performa yang  mumpuni, harganya juga harus pas di kantong.

Setelah di awal tahun realme mengeluarkan narzo 30A, kini mereka memperkenalkan penrus terbarunya yaitu narzo 50A. Sebagai generasi ketiga dari sub brand realme, narzo 50A berfokus pada kinerja kuat dengan harga kompetitif. Dengan slogan Mighty Performance Inside, narzo 50A mencoba menyasar kalangan lebih muda, pecinta gawai pintar dan tentu saja pecinta mobile game.  

Perubahan signifikan kali ini dihadirkan oleh narzo 50A yang dibanderol mulai harga Rp 1,989,000. Selain menghadirkan tiga kamera dengan besaran megapiksel yang lebih tinggi, 50A juga sudah mengusung sistem operasi berbasis Android 11 terbaru.

Layar dan Desain

Narzo 50A mengusung layar lega 6,5 inci dengan aspect ratio 20:9. Dengan konfigurasi layar yang nyaris penuh dan dukungan audio visual yang sempurna, Kamu bisa menonton video maupun bermain game dengan lebih nyaman.

Kamera depan diletakkan dalam desain minidrop tepat di tengah bagian atas layar. Ukuran minidropnya lebih kecil 30,9 % dibanding desain dewdrop normal sehingga layar jadi tampil lega hingga menguasai 88,7% bagian depan.

Kebetulan unit yang Kami uji adalah Oxygen Blue. Warna biru muda yang menawan dibalut finishing dof yang kesan dan tidak meninggalkan sidik jari. Bagian belakangnya masih mempertahankan  kombinasi desain garis diagonal dan polos yang sebelumnya dipakai di narzo 30A. Bedanya, kali ini keduanya dipadukan secara vertikal alias bersisian di narzo 50, sementara  narzo 30A menggabungkannya secara horizontal.

Realme sengaja memilih desain atraktif ini agar keluar dari kesan smartphone konvensional. Desain asimetris ini dapat menciptakan “sense of motion”. Hal ini dapat memberi kesan visual baru dimana orang dapat mewujudkan visi yang lebih bebas dan personal untuk mengekspresikan pesan dan emosi, sekaligus membuat gambar menjadi dinamis dan lebih menarik secara visual.

Kreativitas narzo 50A tak hanya sampai di situ. Kali ini mereka melakukan perubahan berani dengan menggabungkan pemindai sidik jari dan kamera dalam satu modul rektangular yang sama. Hal ini membuat desain bagian belakang lebih rapi secara keseluruhan dan menjadikan tampilan lebih serasi.

Seperti smartphone umumnya, sisi kanan narzo 50A dihuni oleh tombol volume dan power, di sisi seberangnya, terdapat slot kartu SIM + microSD. Di bagian bawah dihuni berurutan oleh jack audio 3,5mm, lubang microphone, lubang USB type-C, dan speaker grill 4 jendela.

Oh ya, selain varian warna Oxygen Blue, narzo 50A juga tersedia dalam warna Oxygen Green yang tak kalah menarik.

Kamera

Satu yang membedakan narzo 50A denganpendahulunya realme 30A adalah soal kamera. realme narzo 30A sebelumnya mengusung konfigurasi 2 kamera sedangkan narzo 50A mengalami peningkatan dengan menyematkan kamera tripel 48MP.

realme narzo 50A mengusung memiliki kamera utama dengan sensor besar 50MP dan aperture besar f/1.8. Besaran aperture ini membuat narzo 50A dapat menangkap cahaya dengan cukup sehingga membuat hasil jepretan kamera lebih jernih dan cerah. Selain itu, produk ini juga mendukung PDAF yang membuat fokus lebih cepat dan tepat. Zoom 10x yang tersedia juga memungkinkan pengguna untuk mengambil foto yang jelas walaupun dari jarak jauh.

Khusus  saat memasuki mode 50MP, Kamu akan bisa merasakan gambar dengan resolusi tinggi dan super detil.  Mode ini sangat cocok digunakan untuk memotret bangunan perkotaan yang besar dan padat. Saat diperbesar hingga 50% atau 100%, Kamu tetap dapat melihat detail bangunan yang bermil-mil jauhnya!

Keberadaan lensa utama juga didampingi olehlensa makro dengan jarak fokus super dekat. Ini akan memberdayakan pengguna dengan kemungkinan untuk memotret fotografi makro yang menakjubkan dengan detail, dan menikmati menjelajahi pesona dunia mikro.

SementaraLensa B&W akan memberikan efek artistik khusus untuk jepretan kamera berupa reproduksi foto dalam format hitam dan putih. Narzo 50A akan memprosesnya dengan memberikan eksposur yang lebih tinggi dan meningkatkan kontras antara gambar terang dan gelap.

Dalam mode Potret, pencahayaan, suhu warna, rona, dan parameter lainnya berulang kali disesuaikan dengan baik. Dalam simulasi karya potret master, foto diubah ke gaya film retro dengan penerapan yang luas, menambahkan tekstur ke foto potret akhir.

narzo 50A kali ini juga menghadirkan dua Night Filter baru yaitu Astral dan Dazzle. Dengan menggunakan Astral, pengguna dapat membawa warna psychedelic di antara bintang-bintang ke kehidupan nyata, membuat pemandangan malam kota menjadi dunia fiksi ilmiah yang magis, sementara Dazzle dapat membuat lampu di malam hari lebih cemerlang.

Bersama dengan filter yang sebelumnya sudah ada seperti cyberpunk dan dua filter lainnya, pengguna dapat mengambil bidikan pemandangan malam yang indah kapan saja, dan di mana saja dengan lebih artistik.

Tak lupa, realme juga menyematkan fitur andalan mereka yaitu Chroma Boost. Fitur ini akan membuat produksi waran menjadi lebih tajam sehingga foto yang dihasilkan menjadi lebih menarik.

Sementara di bagian depan, kamera yang beresolusi tinggi 8MP dilengkapi AI Beauty, Portrait Mode, dan fitur lainnya, dapat membuat hasil foto yang sangat istimewa dan menonjol!

Galeri Foto

Performa

Narzo 50A mempercayakan kinerjanya pada chipset MediaTek Helio G85. Mengandalkan prosesor delapan  inti (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55), G85 mampu digeber hingga kecepatan clock 2.0GHz. Sebagai pendamping urusan grafis, narzo 50A menyertakan ARM Mali-G52 GPU yang diekenal memiliki kinerja yang kuat dan dapat diandalkan untuk memberikan pengalaman gaming yang luar biasa.

Dalam uji benchmark menggunakan aplikasi  Antutu,  Helio G85 berhasil mencapai skor sebesar 217639. Chipset langganan smartphone gaming ini menyediakan tenaga yang cukup untuk pengalaman bermain game yang mulus.

Ada dua varian memori yang disediakan oleh realme narzo 50A. Masing masing dengan kombinasi RAM/ROM  4GB+64GB dan 4GB+128GB.  narzo 50A juga menyediakan slot 3 kartu dimana dua slot dipakai kartu SIM dan satu lagi untuk kartu memori atau SD card. Memori eksternalnya bisa diekspansi hingga 256GB.  (memori eksternal yang dapat di-upgrade hingga 256GB).

Untuk urusan keamanan, realme narzo 50A menyediakan dukungan pembukaan kunci sidik jari dan fitur pengenalan wajah. Dari pengujian Kami, fitur sidik jari mudah dan cepat saat digunakan. Demikian juga dengan fitur pengenalan wajah, mudah dibuka walau hanya menatapnya secara sekilas. Selain Kamu bisa mengoperasikannya dengan nyaman, keamanan dan privasi Kamu juga tetap terjaga.

Daya dan Baterai

Baterai merupakan elemen penting bagi smartphone, khususnya smartphone gaming. Penggunaan yang intens dalam jangka waktu yang lama tentunya memerlukan kapasitas baterai yang besar dengan pengisian daya cepat. Hal ini disadari benar oleh realme saat menghadirkan narzo 50A., dan hal itu disadar

realme narzo 50A dibekali baterai besar berkapasitas 6000mAh. Berdasarkan pengujian lab realme, realme narzo 50A dapat bertahan selama 53 hari dalam mode siaga, jauh lebih baik dibandingkan dengan beberapa flagship lainnya.  Smartphone ini juga dilengkapi dengan OTG pengisian daya terbalik khusus dan juga pengisian cepat 18W, realme narzo 50A juga dapat menghemat masa pakai baterai.

Hasil Uji Daya Tahan Baterai:

 TeleponSpotifyGameWhatsAppYouTube
Daya Tahan Baterai (jam4811182827

Selain didukung kapasitas jumbo, daya baterai narzo 50A menjadi optimal dengan dukungan berbagai perangkat lunak.

Fitur App Quick Freeze bawaan narzo 50A dapat secara pintar menghentikan kinerja aplikasi yang jarang digunakan. Hal ini dapat menghemat penggunaan daya di latar belakang selama penggunaan handphone.

Screen Battery Optimization memiliki dua pilihan mode yaitu balance dan super power saving mode. Prinsip kerjanya adalah menurunkan sedikit beberapa efek untuk meningkatkan daya tahan baterai.

Pengguna juga dapat menggunakan fitur Optimized night charging untuk memperpanjang umur baterai. Fitur ini akan mengontrol kecepatan charging di malam hari untuk menghindari overcharging.

Fitur Optimized standby: pengguna juga dapat mengaktifkan pengoptimalan mode siaga saat tidur untuk menghemat lebih banyak daya saat pengguna tidur.

Jika pengguna membutuhkan masa pakai baterai yang lebih lama, pengguna dapat mengaktifkan mode hemat daya atau power saving mode, yang akan menurunkan kecerahan layar, mempersingkat waktu mati layar otomatis menjadi 15 detik, dan menonaktifkan sinkronisasi latar belakang untuk memperpanjang masa pakai baterai.

Super saving mode atau Mode Hemat Daya Super

Dalam mode ini, Kamu bisa memilih 6 aplikasi yang paling sering digunakan untuk tetap aktif. Hal ini dilakukan agar masa pakai baterai menjadi lebih lama. Pada saat yang sama, smartphone akan mengaktifkan strategi hemat daya yang lebih agresif.

Riset realme menunjukkan bahwa kebanyakan orang hanya menggunakan sebanyak 6 aplikasi dalam 70-80% dari seluruh waktu penggunaan smartphone. Jadi, mode hemat daya super dapat sangat meningkatkan masa pakai baterai tetapi tanpa mengganggu pengalaman penggunaan pengguna sehari-hari.

Hasil yang didapat narzo 50A dalam mode hemat daya super cukup mengesankan. Kamu tetap dapat menggunakan WhatsApp selama 120 menit dalam kondisi baterai 5%. Jika dalam keadaan darurat, waktu panggilan 2 jam + pun juga cukup untuk sebagian besar keadaan. Dan jika pengguna dalam keadaan sedang mencari tempat untuk mengisi baterai, waktu siaga selama 3+ hari sangat memudahkan bagi pengguna hingga saat menemukan pengisi daya.

Software

Narzo 50A mengambil basis sistem operasi Android 11 yang dibalut dengan antarmuka realme UI version V2.0. Tampilannya simpel dan bersih sehingga memudahkan Kamu untuk mengakses menu dan mengoperasikan aplikasi dengan lebih cepat. Selain berbagai aplikasi bawaan Google seperti Gmail , Youtube, Map dan lain sebagainya, narzo 50A juga menyematkan beberapa aplikasi milik pengembang lokal.

Untuk memuluskan pengalaman gaming, realme juga menyediakan aplikasi game space. Aplikasi ini akan mengoptimalkan kinerja CPU, GPU khusus sata bermain game. Ada 3 mode yang mereka tawarkan yaitu low power mode, balanced mode, dan pro gamer mode. Tentu saja Kalian yang ingin memenangkan game disarankan untuk memilih pro gamer mode dengan catatan daya baterai harus memadai.

Realme juga menyertakan aplikasi bawaan seperti realme community dan realme store. Khusus di realme store, Anda bahkan bisa berbelanja langsung produk-produk realme di aplikasi ini.

Kesimpulan

Narzo 50A mempertahankan performa dengan menggandeng prosesor seri G dari Mediatek, baterai besar dan pengisian cepat.

esain garis diagonal yang estetis dan menonjol memperkuat kesan realme narzo 50A khususnya untuk segmen anak muda. Spesifikasi yang diusung ditunjang hasil benchmark memperkuat posisi narzo 50A sebagai smartphone gaming kuat dan terbaik di harga Rp 2 jutaan

Spesifikasi

Warna

  • Oxygen Green
  • Oxygen Blue

Tampilan

  • Layar Penuh Mini-drop 16.5cm (6.5”)
  • Rasio Screen-to-body sebesar 88.7%
  • Resolusi: 720*1600 HD+
  • Rasio Screen-to-body sebesar: 88.7%
  • Tingkat kecerahan layar maksimal: 570nits (Mode Siang)

Ukuran & Berat

  • Panjang: 164.5mm
  • Lebar: 75.9mm
  • Tebal: 9.6mm
  • Berat: 207g

Baterai

  • 6000mAh (nilai khas)
  • Kapasitas Baterai 5860mAh(Min)
  • Mendukung pengisian terbalik
  • Pengisian Daya Cepat 18W Type-C

Storage

  • RAM: 4GB LPDDR4x
  • ROM: 64GB dan 128GB

Kamera Utama

  • Kamera Depan 50MP : Aperture f/1.8 Aperture, PDAF, Zoom Digital, hingga maksimum 10x
  • Lensa Potret B&W: Aperture f/2.4
  • Lensa Makro 2MP: Aperture f/2.4, Jarak Pengambilan 4cm
  • Fungsi Fotografi:Mode 50MP, Super Nighscape, Night Filters, Beauty, filter-filter yang tersedia, HDR, Tampilan Panorama, Potret, Timelapse, Slo-mo, Expert
  • Perekaman Video: 1080P/30fps, 720P/30fps, video slo-mo resolusi 720P/120fps

Kamera Depan

  • AI Front Camera: 8MP, Aperture f/2.0, Lensa 5P
  • Fungsi Fotografis:AI Beauty, Mode Potret, Filter, HDR, Pemandangan Panorama, Time-lapse
  • Perekaman Video: 1080P/30fps, 720P/30fps

Prosesor

  • Prosesor Gaming Helio G85
  • Prosesor Octa-core 12nm
  • CPU: Octa-core CPU, 12nm, hingga 2.0GHz
  • GPU: Mali-G52

Seluler

  • Slot Kartu 3-Card
  • 2 SIM Card + 1 MicroSD

Nirkabel

  • Mendukung: 2.4G/5G Wi-Fi
  • 802.11 a/b/g/n/ac
  • Mendukung penggunaan Bluetooth 5.0

Sistem

  • realme UI 2.0 berbasis Android 11

What’s in The Box

  • realme narzo 50A
  • Kabel USB Type-C
  • Adapter 9V2A
  • Pelontar Kartu SIM
  • Pelindung Layar (sudah terpasang)
  • Panduan Cepat
  • Informasi Penting terkait Produk (termasuk Kartu Garansi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here