Home Review Review realme C20 : Sejutaan dengan Baterai Besar dan Layar Lega

Review realme C20 : Sejutaan dengan Baterai Besar dan Layar Lega

Meski vendor smartphone kerap terlihat lebih gencar mempromosikan produk untuk kelas menengah dan premium, namun bukan berarti mereka mengabaikan pasar di harga sejutaan. Potensi di kelas ini masih besar dengan persaingan yang tak kalah sengit dibanding segmen harga lainnya.

Meracik smartphone dengan desain menarik, fitur yang memenuhi kebutuhan pengguna, namun dengan harga yang tetap terjangkau tentu butuh seni tersendiri. realme yang dikenal dengan produk-produk value for money-nya kemudian memenuhi tantangan ini dengan memperkenalkan smartphone realme C20.

Dibanderola Rp 1.249.000, realme C20 menjadi anggota terbaru Seri C dari realme yang telah digunakan lebih dari belasan juta orang di Indonesia. Diposisikan sebagai Entry-Level King Baru Dibawah Rp 1,5 Juta, realme C20 mengunggulkan daya baterai besar 5000mAh dan layar lega dengan 89,5% Rasio Bodi-ke-Layar yang hemat daya.

Desain

Pertama kali memegang, Kami langsung tertarik dengan desain geometrik dan tampilan modul kamera realme C20 yang sedang tren saat ini. realme C20 menyodorkan 2 varian warna yaitu Iron Grey dan Lake Blue yang kebetulan Kami uji saat ini.

realme sendiri menyebut bahwa kedua warna ini terinspirasi oleh keindahan alam, sehingga tak heran jika keduanya memiliki nuansa yang dekat dengan alam.
Bagian belakang berwarna biru muda menarik dengan tekstur kesat sehingga tidak mudah slip saat digenggam dan tidak meninggalkan sidik jari. Tekstur ini tidak dibuat melalui proses yang mudah.

Permukaan seperti ini dihasilkan dengan menggunakan teknologi mutakhir dari Jerman memakai mesin ukiran lima sumbu presisi. Setelah 300 menit pemolesan akhirnya 450+ lekukan diukir untuk menciptakan efek cahaya reflektif khusus.

Di bagian belakang terdapat aksen seperti sebuah pita yang terbentang dari atas ke bawah. Terdapat modul kamera di bagian atas diikuti logo realme tebal yang membuat desainnya terlihat ikonik dan seimbang.

Nampak berbeda, dua lubang speaker ditempatkan di samping logo realme. Lengkap dengan tonjolan kecil dekat lubang speaker untuk mencegah suara yang mendem ketika smartphone ditaruh. Hal sepele namun realme memikirkan sedetil itu.

Modul kamera yang juga berisi lampu LED ini didesain dengan bentuk persegi bersudut membulat yang populer saat ini. Ada tulisan AI camera yang menandakan bahwa kemampuan kamera realme C20 juga didukung oleh kecerdasan buatan. Dimensi modulnya tak telalu tebal sehingga terlihat serasi dengan desain keseluruhan dan membuat penutup belakang menjadi lebih premium dan trendi.

Di sisi kanan seperti biasa dihuni oleh tombol power dan volume, sedangkan di seberangnya terdapat slot untuk menampung 2 kartu nano SIM dan sebuah microSD. Bagian atasnya mulus, berkebalikan dengan bagian bawah dimana berderet lubang audio 3,5mm, mikrofon, dan port micro USB.

Display

realme C20 menyuguhkan layar 6,5 inci dengan rasio 20:9, membuat bidang pandang pengguna menjadi lebih luas. Desain poni mini-drop membuat rasio layar ke bodi menjadi optimal ke angka 89,5%. Hal ini memungkinkan pengguna memiliki lebih sedikit gangguan visual ketika menikmati konten.

Layarnya mampu menampilkan warna-warna yang cerah dengan detil yang jelas, meski di lokasi dengan cahaya berlebih sekalipun. Anda bisa memilih pengaturan kecerahan layar secara manual maupun otomatis melalui menu auto brightness.

Untuk penggunaan di malam hari, realme C20 menyediakan dark mode, sementara Anda bisa mengatur layar agar nyaman di mata melalui fitur eye comfort. Di dalamnya terdapat pilihan menu Always on, from sunset to sunrise, dan schedule time yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Melalui Screen Color Temperature, Anda juga dapat menyesuaikan tampilan layar menjadi lebih kebiruan atau kekuningan.

Hardware dan Performa

v

realme C20 menghadirkan prosesor MediaTek Helio G35 yang terbaik di segmen harganya. Ini adalah sebuah prosesor delapan-inti yang dibuat dengan proses produksi 12nm dan kecepatan 2,3Ghz, mengadopsi struktur Cortex A53, menjadikannya salah satu prosesor tercepat dan terbaru di kategorinya.

Prosesor ini sangat ideal untuk pengguna smartphone dan gamer pemula karena dapat mengatasi sebagian besar aplikasi dan game menengah dan berat yang banyak digunakan. Dibandingkan dengan smartphone lain di segmennya, skor benchmark realme C20 lebih tinggi.

realme C20 memiliki varian memori besar 2GB+32GB dengan LPDDR4X RAM dan dilengkapi dengan slot 3-Kartu, dua untuk kartu SIM dan satu untuk kartu MicroSD (hingga 256GB).

Baterai

realme C20 memiliki baterai dengan kapasitas besar 5,000mAh. Hal ini menjadikan waktu pemakaian realme C20 menjadi lebih lama, membuat Anda dapat beraktivitas terus menerus tanpa henti, kapanpun Anda mau. Menurut hasil tes di realme Lab, realme C20 sanggup bertahan hingga 43 hari dalam mode siaga (standby).

Mendukung OTG reverse charging, realme C20 juga dapat menjadi penghemat baterai Anda.

Hasil tes daya tahan baterai

Hasil tes baterai 5% dalam Super Power Saving Mode

Baterai lebih besar dengan daya tahan lebih lama untuk skenario bermain game, menonton video, memainkan musik bahkan waktu siaga terpanjang. Untuk pengisian daya, realme C20 sudah dibekali dengan charger 10W.

Software

realme C20 menggunakan sistem operasi realme UI yang berbasis Android 10. Tampilannya simpel dengan ikon-ikon yang terlihat jelas dan mudah dibaca. Anda dapat mengatur tampilan di halaman depan melalui home screen mode. Ada 3 pilihan yang disediakan yaitu standard mode, drawer mode, dan simple mode.

Anda bisa mengatur tampilan homescreen lebih lanjut melalui menu Home screen & Lock Screen Magazine. Terdapat fitur App clone jika Anda hendak menggunakan satu aplikasi dengan akun yang berbeda.

Game Space

realme C20 memiliki fasilitas game space untuk memaksimalkan pengalaman gaming dengan mengatur notifikasi yang masuk dan melakukan network acceleration untuk mendapatkan koneksi internet yang lebih baik.

Ada 3 pilihan mode dalam game space yaitu competition mode, balanced mode, dan low power mode. Yang pertama bisa Anda pilih saat Anda hendak fokus memenangkan pertandingan, sedangkan mode kedua bisa digunakan saat bermain game yang sifatnya kasual dan tidak terlalu intens. Dan jika baterai tinggal sedikit dan Anda tetap ingin bermain game, maka bisa menggunakan low power mode.

Untuk pengaturan notifikasi, Game space menyediakan 4 pilihan yaitu block notification, reject calls, block calls and notifications, dan allow calls and notifications.

Dual Mode Audio

Jika masuk ke menu setting – realme Lab, Anda akan menemukan fitur dual mode audio alias mode ganda untuk berbagi musik.

Dengan fasilitas ini, Anda dapat menghubungkan sepasang earbud nirkabel dan earphone kabel secara bersamaan, sehingga Anda dan rekan Anda dapat mendengarkan lagu yang sama dari smartphone realme yang sama. Fitur ini didukung jika satu pengguna mendengarkan musik dalam Bluetooth dan headphone kabel secara bersamaan. Lalu, jika satu pengguna sedang menelepon melalui Bluetooth dan pengguna lainnya mendengarkan musik melalui perangkat kabel.

Mode Fokus & Mode Gelap

Menyalakan “Mode Fokus” pada realme C20 menjadikan sistem secara bersamaan akan memainkan beberapa musik yang menenangkan. Mode ini akan mengaktifkan DND (Mode Jangan Ganggu) dan mencegah penumpukan notifikasi baru.

Mode Gelap (dark mode) terintegrasi dan telah dioptimalkan, memungkinkan Anda untuk mengatur Mode Gelap untuk mati secara otomatis saat matahari terbit dan menyala saat matahari terbenam.

Perlindungan Informasi Pribadi

Dengan mengaktifkan “Perlindungan Informasi Pribadi” di realme UI, sistem akan menyediakan halaman informasi kosong ketika aplikasi meminta untuk mengakses informasi pribadi pengguna. Ini memastikan riwayat panggilan, kontak dan pesan Anda tetap pribadi dan mencegah kebocoran informasi.

Optimisasi

Terdapat 3 pilihan mode optimisasi yang disediakan oleh realme C20

  • Kelancaran: memilih mode ini akan memangkas waktu booting aplikasi 25% dan kelancaran keseluruhan operasi meningkat 20%
  • Daya Tahan Baterai: Masa pakai baterai secara keseluruhan meningkat 10%; Konsumsi daya siaga malam hari menurun 35%
  • Performa: Kelambatan respon sentuh berkurang 35%; Performa gaming meningkat 20%

Kamera

realme C20 memiliki 8MP kamera utama dengan sensor dan aperture besar f/2.0 yang cukup untuk menangkap cahaya dan membuat foto Anda lebih jelas dan cerah. Selain itu, realme C20 juga mendukung AF yang menjadikan fokus lebih cepat dan akurat. Fitur 4x zoom juga memungkinkan pengguna mengambil foto yang jelas walau dari jarak jauh.

realme C20 juga dilengkapi fitur night mode untuk memotret obyek pada malam hari, sementara mode potrait akan memberi kesan bokeh di latar yang menguatkan obyek foto. Untuk mencari informasi sebuah obyek, Anda bisa menggunakan fasilitas google lens. Selanjutnya ada beberapa menu tambahan seperti pano, timelapse, hingga mode expert yang bisa Anda coba.

Untuk selfie, realme C20 sudah menyediakan Kamera depan 5MP yang dilengkapi dengan mode potrait.

Adanya fitur Chroma Boost pada kamera depan dan belakang realme C20 membuat tangkapan gambar memiliki warna yang lebih hidup. Anda dapat mengaktifkan fitur ini pada saat kamera aktif.

Sementara untuk urusan video, realme C20 mampu melakukan perekaman optimal hingga 1080P pada 30fps.

Galeri

Spesifikasi

Kesimpulan

realme C20 layak menjadi pilihan kuat untuk segmen smartphone di harga kurang dari 1,5 juta rupiah. Kehadiran baterai berkapasitas besar dengan konsumsi daya efisien dan tampilan layar lega menjadi magnet sendiri bagi konsumen di level ini. Jangan lupakan juga desain geometrisnya yang atraktif, tentu akan menarik saat dibawa untuk bersilaturahmi bersama keluarga atau berkumpul bersama rekan-rekan.

Link Pembelian