Home Review Review realme Buds Q2 : TWS Harga Terjangkau dengan Fitur Lengkap

Review realme Buds Q2 : TWS Harga Terjangkau dengan Fitur Lengkap


Tren memakai audio nirkabel semakin marak akhir-akhir ini. Selain memiliki rentang harga yang luas, jenisnya juga banyak dan bisa dipilih sesuai keinginan. Salah satu form factor audio nirkabel yang banyak ditawarkan saat ini adalah earbuds.

realme Buds Q2 yang diluncurkan 16 Juni ini menjadi tawaran terbaru realme untuk pecinta musik. Cukup cukup kecil dan mudah dibawa-bawa, realme juga menyuguhkan warna-warna atraktif sesuai segmen yang disasar yaitu anak muda.
Dilepas dengan harga spesial Rp 269.000 (harga normal Rp 299.000), mampukah realme Buds Q2 yang memiliki slogan Fleksibel tanpa kabel ini memikat konsumen muda?

Baca juga review dari Techbiz.id : Review realme Watch 2 Series: Smartwatch yang Dibutuhkan Anak Muda

Desain

realme earbuds Q2 menawarkan dua pilihan warna yaitu biru dan hitam. Unit yang Kami uji kebetulan berwarna biru. Case dan earbudsnya memiliki warna yang sama, sedangkan kabel micro USB yang disertakan berwarna kuning khas realme.
Desain case earbuds Q2 terinspirasi dari bentuk batu bulat atau yang sering disebut cobble.

Menurut realme, desain ini menyerap filosofi jalan berbatu yang dengan mengambil bentuk membulat yang hangat, lembut dan nyaman. Finishing permukaan material yang kesat membuat case ini pas digenggam sekaligus estetis saat dipandang.

realme Buds Q2 menerapkan desain struktur internal yang ramping, membuat bobot keseluruhan case + earbuds hanya 39g, dengan satu earbud hanya seberat 4.1g. Hal ini membuat Q2 nyaman dipakai di telinga untuk waktu yang lama.
Di bagian depan case terdapat coakan untuk mempermudah Anda saat membuka. Di bawahnya terdapat lampu indikator baterai sementara di bagian belakang terdapat port micro USB untuk mengisi daya.

Earpiece realme Buds Q2 berbentuk memanjang seperti paruh yang ergonomis, sesuai dengan bentuk bagian dalam telinga kebanyakan orang. Lekukan budnya berupa ukiran 48° di bagian atas dan 72° di bagian bawah.

Bentuk ini membuat realme Buds Q2 sangat pas dengan saluran telinga manusia untuk kenyamanan dan mengisolasi kebisingan luar dengan lebih baik untuk pengalaman suara yang lebih mendalam.

realme Buds Q2 hadir dengan tiga tipe ear tips: besar, medium, dan kecil. Memilih ear tips yang tepat dapat meningkatkan kenyamanan telinga.

Area touch control earbuds Q2 menjadi bagian yang paling menarik perhatian dan menjadi pembeda dibanding erbuds lain yang beredar di pasaran. Terdapat laminasi dengan desain mozaik yang akan memberikan aksen unik jika dilihat dari sudut pandang berbeda. Susunannya mengingatkan kita pada kaleidoskop, instrument optik yang terdiri dari beberapa permukaan kaca yang saling memantul.

realme Buds Q2 sendiri mendukung IPX4 Water Resistant untuk menahan cipratan air, hujan, dan keringat saat pemakaian sehari-hari.

Pengisian Daya dan Baterai

Earbuds bisa diisi daya dengan memasukkannya ke dalam case. Case bisa diisi melalui koneksi menggunakan kabel micro USB ke charger atau USB port di laptop.

Ketika mengisi daya melalui USB, lampu indikator merah menunjukkan bahwa kotak sedang terisi, dan lampu indikator hijau mengindikasikan kotak sudah terisi penuh.

Setelah terhubung ke smartphone, baterai earbuds dapat dicek di realme Link atau Bluetooth status bar

realme Buds Q2 memiliki baterai 40mAh pada earbuds dan baterai 400mAh di charging case. Daya baterai ini dapat digunakan untuk 3-jam telepon dan 5-jam mendengarkan musik tanpa henti, atau sama dengan menonton 2 film atau 4-5 episode serial TV.

Dari pengalaman, kotak pengisian daya realme Buds Q2 mampu mendukung 20-jam total pemakaian atau setara dengan emnonton 8 film, mendengarkan 400 lagu, atau menonton 2 musim serial Game of Thrones. Jika penggunaan rata-rata per hari adalah 3 jam, pengisian ulang daya pada realme Buds Q2 hanya perlu dilakukan satu minggu sekali.

Daya realme Buds Q2 dapat diisi ulang melalui port Micro-USB dan memakan waktu sekitar 2,5 jam untuk mengisi penuh earbuds dan kotak pengisian daya, atau 2 jam jika hanya untuk mengisi penuh kotak pengisian dayanya saja.

Pemakaian dan Kontrol

Untuk menghasilkan suara yang baik sekaligus menjaga kenyamanan telinga, Anda perlu terlebih dahulu mengetahui pemakaian earbuds Q2 secara benar.
Pertama, pegang pegang kotak earbuds dengan posisi tegak. Kemudian pasang earbuds di kanal telinga, putar ke kanan dan kiri hingga menemukan posisi yang nyaman.

Sedangkan untuk penggunaan fungsi touch control, Anda sebaiknya menggunakan bagian ujung jari yang lebih lebar untuk menyentuh earbuds. Kemudian, tekan menggunakan ujung jari di area sentuh untuk meningkatkan identifikasi .

Beberapa fungsi dapat dikendalikan melalui Intelligent Touch Control seperti mengganti musik, menjawab/mematikan telepon, dan mengaktifkan Gaming Mode.

Untuk memainkan atau menghentikan musik, Anda bisa melakukan double tap di area touch control. Fungsi ini juga bisa digunakan untuk menjawab atau menutup panggilan telepon. Sedangkan untuk memutar track musik selanjutnya, Anda bisa melakukan triple tap.

Jika ingin mengalihkan panggilan telepon, tekan dan tahan selama 2 detik. Sedangkan jika ingin masuk ke mode gaming, Anda harus menekan kedua earbuds selama 2 detik.

Ketika mengisi daya melalui USB, lampu indikator merah menunjukkan bahwa kotak sedang terisi, dan lampu indikator hijau mengindikasikan kotak sudah terisi penuh.

Fitur dan Performa

Realme Buds Q2 menggunakan 10mm Dynamic bass boost driver dengan diafragma komposit polimer berkualitas tinggi PEEK&TPU. Material PEEK mereproduksi suara dengan frekuensi menengah ke tinggi, sedangkan PU menghasilkan bass yang dalam dan kuat. Hal ini terasa saat kita mencobanya untuk memainkan musik, suara yang dihasilkan stabil baik di frekuensi bawah, menengah, dan atas.

realme Buds Q2 menggunakan solusi realme Bass Boost+ yang telah diperbarui, yang diciptakan oleh tim ahli akustik di realme setelah melalui bebagai tahap pengujian. Hal ini membuat optimal potensi bass dan menambahkan lapisan dinamis pada bass.

Bagi penggemar game, Anda bisa mengoptimalkan Buds Q2 dengan beralih ke Gaming Mode. Mode ini akan menyediakan latensi rendah sehingga sikronisasi antara video dan audio lebih baik ketika sedang bermain games atau menonton film. Latensi ini telah dikurangi sebanyak 51%, hanya membutuhkan sekitar 88ms untuk memindahkan suara dari smartphone ke realme Buds Q2.

Mikropon tunggal pada realme Buds Q2 menghasilkan pengurangan kebisingan yang kuat dan didukung dengan algoritma Environmental Noise Cancellation (ENC). Fitur ini secara signifikan mengurangi kebisingan ketika sedang bertelepon, membuat lawan bicara dapat mendengar dengan lebih jelas dan berbincang dengan nyaman.

Bluetooth 5.0 memastikan kecepatan transmisi tinggi, kemampuan antijamming yang kuat serta sinyal yang stabil dan konsumsi daya yang rendah. Dengan jarak transmisi hingga 10 meter, pengguna dapat mendengarkan musik dengan lancar walaupun tidak berada berdekatan dengan smartphone.

Paket

Di dalam paket pembelian realme Buds Q2 selain terdapat case dan sepasang Buds, juga dilengkapi kabel daya micro USB, panduan penggunaan, dan 3 pasang eartips dalam ukuran S,M, dan L.

Kesimpulan

Dengan harga terjangkau Rp 269.000, realme Buds Q2 merupakan pilihan kuat TWS di harga 200 ribuan. Desain yang menarik akan menambah style pengguna saat dipakai. Keluaran suara bass yang berdentum dan fungsi pengaturan yang mudah membuat Q2 tak hanya nikmat digunakan untuk mendengarkan musik, namun juga gampang dioperasikan.

Tak perlu kuatir saat menggunakannya seharian, karena daya tahan baterainya bisa diandalkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here