Home Review Review Omron HEM-7156T: Lebih Mudah dan Cepat dengan Konektivitas Bluetooth

Review Omron HEM-7156T: Lebih Mudah dan Cepat dengan Konektivitas Bluetooth

Lebih baik mencegah daripada mengobati merupakan hal yang banyak disarankan oleh pakar kesehatan dan dokter, khususnya hal yang berkaitan dengan kesehatan jantung.

Menurut WHO, secara global hipertensi diderita oleh 1,2 miliar orang pada 2019. Di Indonesia, data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan tahun 2018 menyebutkan, 63 juta lebih penduduk Indonesia menderita hipertensi.

Maka dari itu upaya untuk selalu memonitor kesehatan secara berkala, disertai dengan pola makan yang sehat dan juga olah raga. Menjadi aktivitas rutin yang wajib dilakukan agar ancaman terhadap kesehatan jantung, stroke, penyakit ginjal, retinopati atau kerusakan retina, penyakit pembuluh darah tepi, gangguan saraf, serta gangguan otak bisa langsung diantisipasi.

Omron sebagai produsen teknologi kesehatan global memahami hal tersebut, melalui rangkaian inovasi yang semakin memudahkan para penggguna perangkatnya. Salah satu perangkat yang mendapatkan peningkatan fitur yakni alat monitor teranan darah atau tensimeter digital.

Pilihan perangkat dari premium dan juga basic memudahkan segala aspek pengguna untuk bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan perbedaan fitur-fitur yang lebih canggih untuk sektor premiumnya.

Untuk perangkat yang menjadi andalan Omron berikutnya adalah Omron HEM-7156T, dimana di produk terbarunya ini. Omron menyematkan Bluetooth yang bisa terkoneksi dengan aplikasinya yaitu Omron Connect yang tersedia di Google Playstore dan Apple Store.

Adanya konektivitas antara perangkat dengan aplikasi ini tentu memiliki banyak manfaat dan kemudahaan bagi penggunanya dan pastinya memberikan hasil tensi yang akurat.

Keunggulan Fitur HEM-7156T

Dibandingkan dengan seri sebelumnya, ada beberapa keunggulan dari seri ini dibandingkan sebelumnya. Dengan adanya tambahan koneksi Bluetooth dengan perangkat smartphone melalui aplikasi

Pada Omron HEM-7156T memiliki teknologi Intellisese dari Jepang yang diberikan di seluruh tensimeter digital Omron yang pada saat digunakan secara otomatis mencapai tingkat ideal dalam setiap penggunaan.

Di layarnya yang cukup besar dan jelas, menampilkan waktu dan tanggal, angka nilai sistolik, diastolic, dan pulse. Ada pun menampilkan indicator HIGH apabila nilai sistolik diatas 135 mmHG dan diastolik diatas 85 mmHG. Sekaligus indicator detak jantung yang tidak beraturan dan indicator pemasangan manset yang benar.

Untuk proses koneksinya sendiri tergolong mudah, pengguna tinggal melalui langkah-langkah mudah, meliputi:

  • Unduh aplikasi Omron Connect di App Store atau PlayStore
  • Setelah selesai di unduh, buka apliasi Omron Connect terlebih dulu
  • Jika memerlukan update, pilih Update Now
  • Pilih I Agree pada syarat penggunaan aplikasi
  • Pilih I Agree pada pernyataan privasi
  • Pilih I Agree pada persetujuan pengguna
  • Setelah itu, pilih perangkat yang di inginkan, pada contoh kali ini adalah tensimeter digital atau Blood Pressure Monitor
  • Pada saat pairing Bluetooth, izinkan untuk menghidupkan lokasi
  • Setelah itu, tekan dan tahan tombol Bluetooth tensimeter Omron HEM-7156T maka akan muncul simbol Bluetooth dan simbol “P”
  • Lihat pada layar smartphone, pilih bluetooth device HEM-7156T
  • Tunggu sampai sinkronisasi berhasil
  • Anda bisa menggunakan layanan “Cloud Service” dari Omron untuk backup data pengukuran, jika tidak pilih Skip
  • Untuk transfer data, hidupkan alat dan ukur tekanan darah seperti biasa
  • Setelah selesai pengukuran, lihat pada beranda aplikasi omron connect
  • Swipe/geser kebawah untuk reload dan tunggu sampai hasil pengukuran terupdate pada aplikasi.

Dukungan Aplikasi Bikin Fitur Semakin Melimpah

Dalam seri terbarunya ini, terlihat  Omron sebagai produsen ingin lebih mengedepankan kemudahan untuk penggunanya. Selain pengoperasian perangkat yang sederhana, adanya konektivitas dengan aplikasi melalui Bluetooth memberikan kelebihan lain yang sangat bermanfaat.

Beberapa diantara yang menarik perhatian adalah kemampuan untuk membagikan data perkembangan kesehatan via email ke keluarga atau tenaga medis.Kehadiran ini memberikan akses agar bisa selalu memberikan update yang lebih tepat dan jelas, khususnya saat bertemu dengan dokter.

Selain itu, pengguna juga mendapatkan melacak riwayat kesehatan dengan merekam dan menyimpan data tanpa batas, mendapatkan tampilan lengkap tekanan darah dengan pembacaan sistolik, diastolik, dan denyut nadi, mendapat peringatan saat terdeteksi adanya perubahan penting dalam tekanan darah, menetapkan tujuan aktivitas fisik dan lacak perkembangan, memantau berat badan dan BMI (indeks massa tubuh), mengakses histori data kesehatan tambahan seputar tidur, berat badan, EKG, aktivitas, dan lainnya.

Dengan bentuk yang tergolong kecil 105x85x152 mm dengan berat sekitar 500gr hanya untuk berat unit tensimeter dan mansetnya.  Pengguna akan nyaman dan bisa melakukan pengecekan melalui HEM-7156T, kapan dan di mana saja melalui tas khusus yang disediakan dalam paket penjualannya.