Home Review Review Galaxy Tab A7 Lite Wifi: Tablet Sejutaan yang Pas untuk Keluarga

Review Galaxy Tab A7 Lite Wifi: Tablet Sejutaan yang Pas untuk Keluarga

Samsung Electronics Indonesia telah menambahkan varian baru pada lini tablet mereka dengan memperkenalkan Galaxy Tab A7 Lite Wi-Fi. Varian baru ini hadir dengan harga yang lebih terjangkau dan dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi yang seamless, sehingga tablet ini dapat digunakan oleh anak-anak bersama orang tua untuk berbagai aktivitas, seperti melanjutkan tugas sekolah, berbagi keceriaan, hingga menikmati hiburan.

Dibanderol dengan harga terjangkau Rp1.999.000, Tab A7 Lite Wifi menawarkan layar lega 8,7 inci yang dilengkapi dengan stereo speaker dan baterai tahan lama 5000mAh. Lalu bagaimana dengan kinerjanya? Apakah tablet ini bisa dijadikan pilihan terbaik untuk anak-anak?

Desain

Samsung Galaxy Tab A7 Lite WiFi hadir dengan desain minimalis yang menawan, memberikan kesan elegan dan modern. Unit yang Kami terima kebetulan berwarna gray alias abu-abu. Tampilan belakangnya simpel dan minimalis, dengan logo Samsung yang terletak di area tengah memberikan sentuhan klasik pada tablet ini.

Bodi dari Galaxy Tab A7 Lite WiFi memiliki ketebalan 8mm, membuatnya terasa tipis untuk ukuran sebuah tablet. Dengan bobot hanya sekitar 366 gram, tablet ini sangat nyaman ketika dipegang bahkan jika dioperasikan menggunakan satu tangan. Pengguna dapat memegang dan mengoperasikan tablet dengan mudah dan tidak merasa lelah, bahkan ketika digunakan untuk waktu yang lama.

Dalam posisi vertikal, kamu akan melihat modul kamera utama di kiri bagian atas, memberikan sentuhan modern pada desain tablet ini. List dengan warna abu-abu yang lebih gelap memberikan aksen tersendiri. Bodinya terbuat dari bahan aluminium pada frame dan cover belakangnya sehingga terasa kokoh ketika dipegang menggunakan tangan.

Pada sisi kanan tablet ini terdapat tombol Power dan Volume, sedangkan di bagian kirinya terdapat slot microSD yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan ruang penyimpanan pada tablet ini. Berpindah ke bagian bawah, terdapat port jack audio 3,5mm dan USB Type-C yang memudahkan pengguna dalam pengisian daya dan transfer data.

Terdapat lubang speaker di bagian bawah dan atas, membuat Samsung Galaxy Tab A7 Lite WiFi dapat menghadirkan suara stereo yang mengesankan. Dukungan teknologi Dolby Atmos pada perangkat ini membuat suara dari video, musik, maupun game yang dijalankan di tablet terasa lebih imersif dan menyenangkan.

Selain itu, Galaxy Tab A7 Lite WiFi juga dilengkapi dengan fitur Face Unlock yang memungkinkan pengguna untuk membuka kunci layar menggunakan wajah tanpa perlu menginput Password, Pattern, atau PIN.

Layar

Samsung Galaxy Tab A7 Lite WiFi memiliki layar dengan ukuran 8,7 inci yang cukup besar untuk menonton video hiburan, bermain game, browsing, hingga mengakses media sosial. Layar ini memiliki resolusi WXGA+ (1340 x 800) piksel dan menggunakan teknologi TFT, sehingga memberikan tampilan gambar yang cukup jelas dan tajam.

Meskipun memiliki bezel yang cukup besar di bagian atas dan bawah layar, namun hal ini tidak mengganggu pengalaman menonton video atau bermain game di Galaxy Tab A7 Lite WiFi. Bahkan, bezel yang cukup besar tersebut dapat memudahkan pengguna untuk memegang tablet dengan nyaman tanpa perlu khawatir mengganggu layar.

Respon layar terhadap sentuhan pada Galaxy Tab A7 Lite WiFi juga cukup baik, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengoperasikan tablet menggunakan sentuhan jari. Perangkat ini juga dilengkapi dengan fitur One Hand Operation+ yang memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan Galaxy A7 Lite Wifi dengan satu tangan, seperti memunculkan panel notifikasi, melihat media sosial, membuka Recent Apps, dan lainnya.

Fitur

Samsung Galaxy Tab A7 Lite WiFi mengusung berbagai fitur yang dapat memudahkan pengguna dalam menggunakan perangkat ini. Dengan sistem operasi OneUI 5.0 berbasis Android 13, antarmukanya sederhana namun memiliki fitur yang bermanfaat.

Salah satu fitur yang menarik adalah pop-up view yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan aplikasi dalam jendela kecil, sehingga lebih mudah untuk multitasking. Selain itu, terdapat juga pintasan Quick Settings yang memudahkan pengguna untuk mengatur berbagai fitur secara cepat dan mudah.

Fitur One Hand Operation+ juga sangat membantu dalam mengoperasikan tablet dengan satu tangan. Dengan fitur ini, pengguna dapat menambahkan ikon One Hand Operation+ ke panel pengaturan dan menggunakannya dengan mudah.

Tablet ini juga memiliki fitur Split Screen yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Hal ini sangat membantu terutama ketika mencari informasi di internet melalui browser sekaligus melakukan chat melalui WhatsApp.

Penggunaan fitur Eye Comfort Shield dapat memfilter sinar biru sehingga membuat pengguna merasa lebih nyaman saat menggunakan tablet dalam waktu yang lama.

Buat orang tua yang peduli dengan aktivitas anak, Fitur Samsung Kids hadir dan dilengkapi dengan beberapa aplikasi dan game yang edukatif sehingga dapat menghibur sekaligus memberikan wawasan kepada anak-anak. Orang tua juga dapat mengawasi kegiatan anak-anak dalam menggunakan Galaxy Tab A7 Lite WiFi, terutama berkat hadirnya fitur Parental Control yang dapat digunakan untuk pengawasan dan pengendalian konten yang sesuai dengan anak-anak.

Samsung Galaxy Tab A7 Lite WiFi juga dilengkapi dengan auto hotspot yang memungkinkan tablet ini terhubung secara otomatis dengan smartphone Samsung lainnya yang login dalam satu akun yang sama. Selain itu, pas untuk multimedia karena memiliki jack audio 3,5mm dan speaker stereo yang kencang dengan efek Dolby Atmos.

Hardware dan Performa

Galaxy Tab A7 Lite WiFi dari Samsung memiliki kinerja yang cukup baik untuk tablet sekelasnya. Ditenagai oleh chipset MediaTek Helio P35 Octa-Core 2,3 GHz octa-core 12nm, dengan RAM 3GB dan penyimpanan internal 32 GB, perangkat ini mampu menghadirkan kinerja yang lancar dan responsif saat digunakan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi sehari-hari.

Namun, yang menarik dari tablet ini adalah fitur RAM Plus yang memungkinkan pengguna menambah RAM dengan cara meminjam sebagian ruang penyimpanan internal perangkat. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilih kapasitas RAM Virtual yang dibutuhkan, baik itu 2 GB atau 4 GB. Dengan demikian, pengguna bisa mendapatkan RAM maksimal hingga 7GB.

Baterai Galaxy Tab A7 Lite WiFi memiliki kapasitas 5.100mAh yang mampu bertahan lama dalam pemakaian normal sehari-hari. Anda dapat menggunakan tablet ini selama beberapa jam sebelum harus mengisi ulang daya baterai. Sayangnya, dalam paket penjualannya hanya disertakan Adaptor 10W Charging, meskipun perangkat ini mendukung fitur 15W Fast Charging.

Kesimpulan

Samsung Galaxy Tab A7 Lite WiFi merupakan tablet Android yang lengkap dan nyaman digunakan dengan banderol harga yang terjangkau.

Fitur-fiturnya sudah cukup untuk kebutuhan aktivitas ringan. Untuk penggunaan sehari-hari seperti media sosial, menonton video streaming, email, maupun mengedit dokumen, tablet ini sangat cocok dan nyaman digunakan.

Bagi orangtua yang membutuhkan perangkat untuk penunjang belajar anak, fitur Samsung Kids dapat memastikan akses informasi yang diterima oleh anak dapat terus terpantau. Kualitas kameranya standar, namun tablet cukup untuk sekedar jeprat-jepret atau emndokumentasikan kreasi sang anak dengan hasil yang cukup memuaskan pada kondisi cukup cahaya.

Dengan daya tahan baterai yang lama dan layar yang besar serta speaker stereo dengan teknologi Dolby Atmos, tablet ini sangat cocok untuk kebutuhan hiburan dan media sosial. Secara keseluruhan, Samsung Galaxy Tab A7 Lite WiFi layak untuk dipertimbangkan untuk kebutuhan penggunaan sehari-hari dengan banderol harga yang terjangkau.

Spesifikasi

ChipsetMediatek MT8768T Helio P22T (12 nm)
CPUOcta-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53)
GPUPowerVR GE8320
RAM3GB RAM
Memori internal32GB
External StoragemicroSD up to 1TB
Operating SystemAndroid 13
User InterfaceOne UI 5 Core
Dimensi212.5 x 124.7 x 8 mm
Berat366 gram
Baterai5100 mAh
15W fast charging (7,8W adaptor on box)
Tipe LayarTFT LCD
Ukuran dan resolusi layar8,7” 800 x 1340 pixels, 5:3 ratio
Fitur LayarBlue Light Shield, split screen mode, one handed mode

Camera

Multi CameraNo
Belakang8MP, AF
Depan2MP
Flashtidak ada
Video1080p 30fps

Konektivitas

Wi-fiWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct
Bluetooth5.0, A2DP, LE
USBUSB Type-C 2.0
GPSGPS, GLONASS, BDS, GALILEO
HDMINo
Wireless ChargingNo
NFC
InfraredNo