Home Laptop/PC Acer Nitro 5 (2022): Laptop Desain Baru, Performa Siap Diadu!

Acer Nitro 5 (2022): Laptop Desain Baru, Performa Siap Diadu!

Tidak hanya memperhatikan kebutuhan untuk gamer hardcore, Acer juga tidak ketinggalan menghadirkan teknologi yang up to date untuk gamer casual. Ini ditunjukkan dengan kehadiran Acer Nitro 5 generasi terbaru yang kini ditenagai 12th Generation Intel® Core™ Processors.

Acer Nitro 5 2022 sendiri merupakan laptop gaming yang memang disediakan oleh Acer untuk menjawab kebutuhan gamer casual. Pada seri terbarunya ini Nitro 5 sudah menggunakan  Intel® Core™ i7-12700H Processor.

Intel® Core™ i7-12700H Processor didukung dengan komponen lainnya yang membuat laptop ini siap untuk memainkan berbagai game favorit Anda.

Tetapi sebelum memutuskan untuk segera membelinya, ada baiknya Anda menyimak review yang sudah kami buat agar bisa mengetahui lebih dalam mengenai kemampuan dari laptop Nitro 5 2022.

Performa Handal Intel® Core™ i7-12700H Processor

Intel® Core™ i7-12700H Processor dipercaya untuk mengisi sektor dapur pacu dari Acer Nitro 5 edisi 2022. Buat Anda yang belum tahu, ini merupakan prosesor teranyar dari  Intel® yang dibuat dengan menggunakan arsitektur baru.

Melalui 12th Generation Intel® Core™ Processors, mereka memperkenalkan arsitektur hybrid terbaru. Dengan arsitektur hybrid, prosesor yang memang dibuat untuk high performance mobile ini memiliki 2 inti yang terbagi ke performance core (P-core) dan Efficiency core (E-core).

Pada Intel® Core™ i7-12700H Processor ini memiliki 14 core, yang terbagi ke 6P core dan 8E core, serta memiliki 20 thread. Arsitektur hybrid ini mampu membagi task sesuai dengan inti yang diperlukan, sehingga multitasking tidak akan terganggu.

Semisal untuk bermain game, yang mana akan mengandalkan kinerja dari P core. Jika ada aktivitas yang berjalan di background, task tersebut akan dihandle oleh E core.

Intel® Core™ i7-12700H Processor ini memiliki frekuensi turbo maksimum hingga 4.70 GHz untuk P Core dan 3.50 GHz untuk E core. Prosesor ini memiliki cache sebesar 24 MB.

Performa dari Intel® Core™ i7-12700H Processor didukung dengan GPU dari NVIDIA, yakni GeForce RTX™ 3060. Ini merupakan salah satu kartu grafis dengan performa tinggi, yang memang cocok digunakan untuk bermain game.

Kartu grafis ini mendukung fitur ray tracing, yang membuat pencahayaan dalam game terlihat lebih realistis, seperti yang terlihat di dunia nyata. Membuat Anda bisa menikmati grafik game di laptop ini dengan sangat memuaskan.

Salah satu game yang kami jajal di laptop ini adalah Cyberpunk 2077. Game triple A yang sempat jadi topik hangat beberapa waktu lalu ini mampu dimainkan di Acer Nitro 5 dengan sangat lancar. Kami sampai lupa waktu selama mencoba bermain Cyberpunk 2077 di laptop ini.

Memaksimalkan performanya, Acer sudah membenamkan SSD dengan kapasitas 1 TB untuk mendukung kinerja yang lebih cepat. Disertakan juga HDD 1 TB yang membuat ruang penyimpanan lebih luas.

Dengan ruang penyimpanan yang luas, Anda bisa lebih leluasa menyimpan banyak game di laptop Nitro 5 ini. Semakin lengkap, laptop ini memiliki RAM DDR4 dengan kapasitas 32 GB.

Tidak perlu mengeluarkan budget tambahan untuk membeli OS, pasalnya Acer sudah memberikan pre-installed Windows 11 terbaru di laptop ini. Sebagai tambahan, Acer memberikan aplikasi Office Home & Student 2021 yang bisa Anda gunakan gratis seumur hidup.

Selain menawarkan spesifikasi yang siap digunakan untuk gaming, Acer tidak ketinggalan memberikan fitur pendukungnya. Ini adalah fitur yang berguna ketika Anda bermain game online. Fitur tersebut adalah Intel® Killer E2600 Ethernet Controller, Intel® Killer™ Wi-Fi 6 AX1650i, dan Killer DoubleShot Pro.

Fitur-fitur ini tidak akan membuat internet yang Anda gunakan bakal meningkat kecepatannya ketika bermain game, melainkan membuat internet jadi lebih stabil dan berjalan dengan lebih optimal. Aplikasi akan mengutamakan jaringan internet untuk game yang sedang Anda gunakan. Sebaliknya, kecepatan untuk aplikasi yang berjalan di background akan dikurangi.

Seperti Intel® Killer™ Wi-Fi 6 misalnya, fitur ini disebut sanggup menghasilkan penurunan latensi hingga 75% saat bermain game, bahkan ketika Anda juga membuka aplikasi lain di latar belakang.

Acer turut memperhatikan pengalaman audio penggunanya. Di laptop Nitro 5 ini, Acer mengandalkan fitur DTS X Ultra. Saat kami coba, fitur ini bisa menyajikan pengalaman 3D Spatial Soundscape yang membuat suara game seolah berada di sekeliling.

Fitur DTS X Ultra ini bisa Anda nikmati melalui headset atau speaker. Namun untuk pengalaman yang lebih imersif, jelas kami merekomendasikan penggunaan headset.

Desain Baru yang Jauh Lebih Fresh

Selain datang dengan prosesor baru dari Intel®, Acer Nitro 5 2022 mengadopsi desain baru yang lebih fresh. Tidak lagi hanya sekadar tampil dengan warna hitam polis, kini Acer memberikan desain bergaris merah biru pada covernya yang semakin mempercantik penampilannya dibanding generasi sebelumnya.

Menurut kami sentuhan yang diberikan oleh Acer ini membuat lini laptop Nitro 5 jadi terasa segar. Desain anyar ini seolah mengimbangi sektor dapur pacu yang hadir dengan prosesor baru.

Menengok bagi belakang, Anda bisa menemukan quad exhaust alias lubang untuk aliran udara. Lubang udara ini diintegrasikan dengan dua kipas pendingin Acer CoolBoost dan dipasangkan di posisi strategis agar proses pendinginan bisa dilakukan laptop lebih optimal.Kecepatan dari kipas Acer CoolBoost juga bisa Anda atur sesuai kebutuhan melalui aplikasi NitroSense.

Pada bagian keyboard, Acer menggunakan RGB 4 zona untuk membuat keyboardnya lebih berwarna dan memancarkan kesan gaming. Warna RGB juga bisa diatur sesuai keinginan Anda melalui aplikasi Nitro Sense.

Buat Anda yang doyan mengotak-atik tampilan keyboard, pastinya Anda akan banyak menghabiskan waktu untuk melakukan personalisasi RGB ini.

Tampilan spesial diberikan Acer pada tombol yang sering ditekan ketika bermain game, yakni tombol WASD dan tombol panah. Desain yang berbeda dari tombol lainnya memungkinkan tombol-tombol ini lebih mudah ditangkap mata dan jari.

Ke bagian display, di sini Acer mengandalkan layar IPS dengan luas 15,6 inci. Layarnya memiliki resolusi Full HD, refresh rate tinggi 165 Hz dan response time 3ms. Kombinasi yang jelas sangat mendukung gaming.

Resolusi Full HD jelas membuat tampilan lebih jernih dan detail yang ditampilkan lebih jelas. Refresh rate tinggi membuat transisi gambar jadi lebih halus, serta response time yang mengurangi efek ghosting pada layar.

Kesimpulan

Acer Nitro 5 menurut kami akan jadi perangkat gaming yang sangat tepat untuk para gamer casual. Bagi Anda gamer casual dijamin akan sangat dimanjakan dengan performa dari Intel® Core™ i7-12700H Processor untuk bermain game.

Game berat sekelas Cyberpunk 2077 saja bisa dimainkan dengan lancar tanpa ada gangguan lag, apalagi game casual lainnya yang mungkin membutuhkan spesifikasi lebih ringan. Jangan lupakan juga audio dan visual yang sudah dibekali fitur-fitur yang mumpuni.

Acer Nitro 5 ini kami rasa juga bisa menjadi pintu masuk bagi Anda yang pertama kali memiliki laptop gaming. Laptop Acer Nitro 5 2022 resmi tersedia di Indonesia dan bisa didapatkan melalui toko online dan offline dengan harga mulai dari Rp 21 jutaan pada link Acer Store Indonesia https://store.acer.com/en-id/laptops/laptop-gaming .