Home Laptop/PC Review Acer Aspire Vero 14: Tawarkan Performa Unggulan dalam Konsep Ramah Lingkungan

Review Acer Aspire Vero 14: Tawarkan Performa Unggulan dalam Konsep Ramah Lingkungan

Isu mengenai lingkungan memang selalu menyita perhatian dan menjadi masalah pelik yang harus diselesaikan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan produk yang dibuat dengan konsep daur ulang dan berkelanjutan.

Konsep ini berhasil diadopsi oleh Acer ke lini produk Vero dan terbaru, yang juga akan kami review, adalah Aspire Vero 14. Ini menjadi salah satu produk atau laptop terbaru dari lini Vero yang dibawa Acer ke Indonesia.

Aspire Vero masih masih mengusung konsep “R-E” (REview, REthink, REduce, dan REcycle). Acer Aspire Vero 14 terbuat dari hasil pengolahan sampah laut daur ulang, yang digunakan di sebagian besar area laptop termasuk pada kemasannya. 

Performanya juga ditingkatkan dari generasi sebelumnya yang kini sudah bernafaskan prosesor Intel Core generasi ke-12. Pembahasan lengkap mengenai laptop unik satu ini dapat langsung Anda simak di bawah ini. Check this out!

Desain yang Sarat Pesan untuk Lingkungan

Seperti tadi sudah disebutkan di atas, Acer Aspire Vero (AV14-51) di desain ramah lingkungan dengan material hasil bahan daur ulang. Dengan registrasi EPEAT® Silver, Aspire Vero 14 dibuat dengan plastik Post Consumer Recycled (PCR) yang ramah lingkungan, lebih berkelanjutan, dan mengurangi limbah, serta mengurangi sekitar 21% emisi CO2.

Acer menerapkan komposisi 30% plastik PCR untuk membuat seluruh sasis dan bezel layar, serta 50% plastik PCR pada bagian keyboard caps. Laptop ini diproduksi tanpa menggunakan cat, sehingga menghasilkan warna dan tekstur yang unik.

Berbeda dengan Aspire Vero sebelumnya, kali ini Aspire Vero hadir dalam warna biru laut atau yang disebut sebagai Marianna Blue. Warna ini didapat secara alami tersebut berasal dari sampah – sampah plastik dengan warna yang sama di lautan. Kami cukup terkejut saat mengetahui bahwa warna ini didapat dari proses alami produksi tanpa penggunaan cat. Warnanya terlihat unik dan menghasilkan tekstur yang tidak akan Anda temui di laptop lainnya.

Warna ini juga menjadi salah satu cara yang Acer lakukan untuk mengingatkan kita bahwa salah satu bagian bumi yang semakin terdegradasi dan tercemar polusi adalah lautan. Penggunaan ocean-bound plastic dalam beberapa bagian Aspire Vero membantu mengurangi pencemaran plastik di pantai dan lautan kita.

Tombol R dan E pada keyboard sengaja didesain terbalik, memperkuat pesan penting dari konsep “R-E” yang dimiliki oleh Acer. Pada bagian touchpad-nya, Acer menggunakan teknologi OceanGlass yang juga dibuat dengan material plastik yang didaur ulang dari sisa sampah plastik di lautan.

Selain body laptop, Acer juga mendesain box Vero (AV14-51) agar ramah lingkungan. Mengusung desain Vero Green Package, kotak kemasan laptop ini dibuat dengan menggunakan  kertas daur ulang hingga 90%. 

Acer juga menghilangkan semua kemasan busa LDPE tanpa mengurangi kualitas pelindungnya. Selain itu, untuk lebih mengurangi dampak terhadap lingkungan, Acer tidak menggunakan plastik sebagai pembungkus adaptor charger.

Kemasan laptop dan lembaran keyboard Vero terbuat dari polyester daur ulang. Polyester daur ulang memiliki keunggulan dibandingkan LDPE karena terbuat dari botol PET daur ulang dan bukan bahan baru. Ini mengurangi jumlah energi yang digunakan dalam produksi dan menghilangkan botol plastik dari lingkungan.

Selain itu, komponen di dalam kotak kemasan dapat dirakit dan digunakan kembali sebagai stand laptop ergonomis. Sebagai alternatif untuk membuang kotak kemasan setelah dibuka, kotak ini dapat dengan mudah dirakit dan digunakan kembali sebagai kotak penyimpanan atau pot tanaman, sehingga memberikan fungsi baru untuk memperpanjang masa penggunaan.

Layar dan Port

Berbeda dengan generasi sebelumnya yang memiliki layar dengan ukuran tergolong besar, kali ini Acer membuat Aspire Vero 14 jadi sedikit lebih ramping dan ringkas dengan menyematkan layar berukuran 14 inci.

Layar berukuran 14 inci ini menggunakan panel IPS dan beresolusi Full HD dengan tingkat color gamut 100% sRGB. Layarnya tentu sudah termasuk jernih, kaya warna, dan memiliki kerapatan pixel cukup baik untuk menampilkan konten yang nyaman di mata.

Selama menggunakan laptop ini untuk bekerja dan menikmati hiburan, kualitas layarnya kami nilai cukup lumayan dan sudah memenuhi standar. Dengan banyaknya waktu yang dihabiskan di depan layar laptop, kualitas layar yang jernih jelas menjadi sesuatu yang sangat penting. Ini sudah bisa Anda dapatkan di layar Aspire Vero.

Terdapat juga beberapa port seperti sebuah port Thunderbolt 4, 2 port USB 3.2 port dengan salah satu berfungsi sebagai port charging features, Headphone/speaker jack, 1 port HDMI 2.1 dengan HDCP, 1 port USB 3,2 Type-C dengan dukungan Fast Charging, serta 1 USB Type A. 

Performa dan Fitur Terkini

Membuka bagian kap mesinnya, laptop ini dipersenjatai prosesor Intel® Core™ i5-1235U yang mampu memberikan performa maksimal untuk mendukung pengguna menyelesaikan tugas atau melakukan kegiatan multitasking. 

Prosesor Intel Core i5-1235U ini dibuat dengan arsitektur hybrid baru dengan total 10 Core (2P Core + 8E Core), 12 threads dan frekuensi maksimal 4.40 GHz. Sementara untuk pengolahan grafis mengandalkan kinerja optimal dari Intel Iris Xe Graphics. Laptop ini memiliki RAM Dual Channel 8GB LPDDR4X dan penyimpanan internal berupa SSD NVME G4 berkapasitas 512 GB yang bisa diupgrade dengan mudah.

Laptop ini juga sudah mengantongi sertifiaksi Intel Evo platform yang menjamin performa andal dari laptop ini. Dengan sudah diakui mendapatkan sertifikasi Intel Evo platform, laptop ini dijamin mampu memberikan jaminan responsivitas, daya tahan baterai, konektivitas, audio, layar, dan desain tipis serta ringan yang luar biasa yang dibutuhkan untuk bergerak bebas dan tetap produktif.

Apalagi laptop ini sudah didukung sistem operasi Windows 11 Home terbaru dan pre-installed Microsoft Office Home & Student 2021 yang siap digunakan.

Laptop ini juga sesuai untuk pengguna yang memiliki mobilitas tinggi dan memudahkan berbagai aktivitas. Saat kami mencobanya untuk mengerjakan pekerjaan harian seperti mengetik dokumen, menonton film atau video, browsing internet dan lainnya sangat cepat dan responsif. Intinya Aspire Vero 14 mampu memenuhi berbagai kebutuhan multitasking dengan baik.

Berikut hasil benchmark yang kami lakukan di laptop Aspire Vero:

[Benchmark]

Meski bukan merupakan laptop gaming, kami juga sekaligus kemampuan laptop ini untuk bermain game. Game yang kami coba juga tidak terlalu berat dan menyesuaikan dengan peruntukannya. Aspire Vero kami gunakan untuk bermain game seperti Valorant dan ternyata dapat berjalan dengan cukup lancar.

Untuk game casual lain sepertinya laptop ini bisa menjalankannya dengan sangat mulus. Cocok bagi Anda yang mungkin mengisi waktu saat senggang atau sekadar melepas bosan setelah bekerja seharian.

Makin Hemat Daya dengan Fitur VeroSense

Keunikan lain yang kami temukan dari laptop ini adalah kehadirah aplikasi bernama VeroSense. VeroSense memungkinkan Anda untuk memilih mode penggunaan yang dioptimalkan untuk efisiensi daya dan daya tahan baterai. Hemat energi juga merupakan salah satu langkah yang ramah lingkungan.

VeroSense memberikan empat mode performa yang bisa disesuaikan oleh pengguna, mulai dari Performance, Balanced, Eco, dan Eco+.

  • Eco+ Mode: Penghematan baterai ekstrem dengan beberapa fungsi dinonaktifkan.
  • Eco Mode: Mengurangi performa untuk meningkatkan efisiensi dan daya tahan baterai.
  • Balanced Mode: Keseimbangan performa dan penghematan daya.
  • Performance Mode: Optimal untuk performa keseluruhan.

Jika Anda cermati, tidak di semua laptop Acer menyediakan fitur ini. Fitur dengan nama “Sense” ini hanya dapat Anda temukan di laptop gaming seperti Nitro dengan NitroSense, serta seri Predator dengan PredatorSense. Kehadiran fitur ini di laptop Vero series tentu membuatnya terasa spesial.

Kesimpulan

Kesimpulan yang kami dapat setelah mencoba laptop ini adalah, Acer tidak hanya sekadar membawa “gimmick” laptop ramah lingkungan pada Aspire Vero ini. Melainkan juga menyajikan performa terkini dan sangat bisa untuk diandalkan.

Selain menggunakan prosesor yang tergolong baru, Aspire Vero juga sudah mendapatkan sertifikasi Intel Evo platform yang semakin menjamin performa dan kualitasnya.

Acer Aspire Vero 14 sudah tersedia di Indonesia dan dapat diperoleh dengan mengeluarkan kocek sebesar Rp 10.699.000 dengan program promo gratis Gopay 1 juta ketika artikel ini diterbitkan. Kelebihan lainnya adalah, Acer memberikan rasa aman melalui garansi 1 tahun spareparts, 3 tahun servis dan perlindungan ekstra 1 tahun Accidental Damage Protection (ADP).