Home Review RAM atau Chipset, Mana yang Lebih Penting ketika Memilih HP?

RAM atau Chipset, Mana yang Lebih Penting ketika Memilih HP?

Semanjak adanya aplikasi kredit HP tanpa DP, kini banyak sekali orang yang dimudahkan untuk mendapatkan HP idamannya dengan skema kredit yang diberikan. Ditambah lagi, sekarang sudah banyak HP mid range yang menyuguhkan RAM serta chipset yang mumpuni untuk kegiatan sehari-hari hingga gaming.

Namun, terkadang orang-orang dibingungkan oleh dua pilihan ketika ingin membeli HP, yaitu RAM yang besar atau chipset yang tangguh. Ada yang beranggapan bahwa jika RAMnya besar maka performa HP akan lebih baik, begitu pula sebaliknya. Padahal keduanya merupakan komponen penting dalam menunjang kinerja HP pilihan Anda.

Oleh karena itu, jangan terjebak oleh pemikiran-pemikiran seperti di atas. Alangkah lebih baik untuk tahu terlebih dahulu apa itu RAM dan chipset, serta fungsinya dalam smartphone.

RAM

RAM atau Random Access Memory merupakan tempat penyimpanan data yang bersifat sementara pada suatu perangkat elektronik. Ia akan bekerja ketika perangkat diaktifkan. Data yang ada di dalamnya akan dihapus ketika perangkat tersebut dimatikan.

Bila diibaratkan, RAM adalah jalan raya, aplikasi adalah mobil dan memori adalah garasi. Jika semakin luas jalan raya, semakin banyak mobil yang bisa berlalu lalang di tempat tersebut. Itulah kenapa RAM dibutuhkan kapasitas yang lebih besar, semakin banyak daya tampungnya, semakin banyak yang bisa diolah dalam waktu singkat.

Misalnya ketika anda sedang bermain games dalam ukuran besar, anda masih bisa membuka aplikasi lain seperti WA dan Instagram pada saat yang bersamaan. Jika HP Anda memiliki RAM yang kecil, sudah pasti tidak bisa melakukan hal ini.

Chipset

Chipset adalah komponen penting yang terdiri dari berbagai komponen seperti prosesor (CPU), pengolah grafis (GPU), penunjang kinerja AI (NPU), dan lainnya, yang tugasnya mengelola perintah dan menjalankan fungsi smartphone. Chipset bertugas sebagai jembatan antara software dan hardware supaya smartphone bisa berjalan dengan lancar.

Bisa dibilang, chipset merupakan “otak” dari sebuah smartphone. Artinya semakin bagus chipset yang disematkan, berarti semakin pintar dan gesit handphone tersebut. Mulai dari cepatnya membuka sebuah aplikasi, gambar, video, kamera dan lain sebagainya.

Biasanya chipset adalah spesifikasi yang ditonjolkan oleh para brand smartphone, dimana kemampuan akan ditampilkan dalam angka clock speed. Misalnya, smartphone A memiliki kecepatan 2,3 GHz dan smartphone B memiliki kecepatan 2,8 GHz.

Jadi, semakin tinggi clock speed, maka performa smartphone secara keseluruhan akan semakin mumpuni.

Lebih Baik Beli Sesuai dengan Kebutuhan

Jadi, jika Anda ingin membeli smartphone, lebih baik pilih sesuai kebutuhan Anda. Apakah Anda hanya menggunakan smartphone untuk menonton video dan mengakses sosial media? HP dengan chipset biasa saja tetapi didukung dengan RAM yang luas, bisa jadi pilihan Anda.

Apabila Anda ingin membeli HP untuk kegiatan yang lebih berat, lebih baik pilih smartphone dengan chipset yang lebih tangguh, daripada memilih RAM dengan ukuran lebih besar, dengan catatan Anda tidak bisa multitasking sembari gaming.

Namun tidak usah khawatir, sekarang sudah ada HP yang dibanderol dengan harga Rp3 jutaan yang tersedia dengan pilihan RAM yang luas 6GB dan 8GB, dengan chipset Qualcomm SM7150-AC Snapdragon 732G (8 nm), yaitu  POCO X3.

HP ini sudah termasuk internal memori atau storage besar 128 GB dan 256 GB. Sebagai ponsel kelas middle, spesifikasi tersebut sudah sangat melimpah dan tetap terjangkau di kantong.

Soal harga kini bukan lagi jadi kendala, apalagi sekarang ada aplikasi kredit hp tanpa dp yang memberikan berbagai kemudahan seperti yang ditawarkan. Salah satu aplikasi kredit hp tanpa dp yang memiliki bunga rendah adalah Kredivo. Anda bisa kredit hp tanpa dp bunga 0% dengan tenor 3 bulan. Jika Anda memilih tenor 6 bulan dan 12 bulan, Anda akan dikenakan bunga rendah, hanya 2,6% per bulan.

Kredivo juga sudah bekerja sama dengan Tokopedia, Bukalapak, Lazada, JD.ID, Blibli, Erafone, iBox, Samsung Store dan ribuan merchant online dan offline, lainnya.

Yuk, download aplikasi Kredivo, dan dapatkan limit hingga Rp30 juta dengan mendaftar sebagai akun Premium Kredivo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here