Home Gaming PUBG Mobile dan PUBG: New State, Apa Bedanya?

PUBG Mobile dan PUBG: New State, Apa Bedanya?

KRAFTON, Inc. tanggal 11 November kemarin telah meluncurkan franchise game PUBG terbaru yang berjuluk PUBG: NEW STATE. Masih mengusung genre battle royale, game ini dirilis serentak untuk platform iOS dan Android di lebih dari 200 negara.

Baca juga: Kehadiran PUBG: New State Dibayangi Beberapa Isu

PUBG: New State melengkapi PUBG Battleground versi iOS dan Android (selanjutnya kita sebut PUBG Mobile) yang sudah malang melintang sejak tahun 2018 dan menjadi game fovorit hingga saat ini. LAlu apa beda PUBG Mobile dengan PUBG: New State?

Beda PUBG Mobile dan PUBG: New State

Untuk diketahui, PUBG New State dibesut oleh Krafton Inc dan PUBG Studio yang notabene merupakan pembuat PUBG versi PC. Sumber Krafton meneybut bahwa game ini merupakan penerus dari PUBG: Mobile. Dengan demikian, genrenya juga sama yaitu game battle royale.

Sedangkan, PUBG Mobile dikembangkan oleh Tencent Games. PUBG: New State mengambil latar belakang ekosistem pertarungan pada tahun 2051 dengan senjata dan kendaraan yang lebih modern.

Ukuran File

Start file PUBG: New State cukup besar untuk diunduh, 1,4GB. Saat terinstalpun, besarannya akan bertambah sesuai dengan konten tambahan yang ingin Kamu inginkan, semisal map legendaris Erangel, Station (Team Deathmatch) dan Training Ground.

Hal ini berbeda dengan start file PUBG Mobile yang cukup ringan, hanya 700MB. Perbandingan lainnya, PUBG MObile saat ini merupakan salah satu game BAttle royale favorit dimana telah diunduh hampir 40 juta kali, sementara angka unduhan PUBG: New State berkisar di 700 ribuan.

Pergerakan dan Grafis

PUBG : New State memiliki pengaturan grafis yang lebih banyak plus tampilan framerate dibanding PUBG Mobile. Untuk Kamu yang  memiliki smartphone flagship, tentu menyenangkan bisa melakukan pengaturan  grafis tinggi dan melihat se-stabil apa perangkat Kamu. Namun bagi pemilik smartphone kelas menengah atau yang lebih rendah, praktis tidak banyak opsi grafis yang bisa Kamu pilih.

Lanjutan franchise PUBG Mobile ini sebelumnya ditunggu karena pengguna menanti berbagai pembaharuan yang bakal diusung.

Namun rasanya, PUBG: New State ini masih terasa terlalu mirip dengan PUBG Mobile versi sebelumnya.  Mekaniknya identik, senjatanya sebagian besar juga sama. Sementara, kontrolnya juga bekerja dengan cara yang sama. Bermain New State tidak terasa berbeda dengan Battleground.

Tentu tak semuanya sama, ada estetika yang diperbaharui seperti arsitektur bangunan dalam game, dan beberapa aspek lain seperti penggunaan drone dan bus. Akan tetapi hal itu tidak membuat New State terasa ‘baru’. Lagipula, PUBG: Mobile juga sering meluncurkan desain alternatif dan beberapa tweak peta yang kemudian dipakai di New State ini. Sehingga game baru ini lebih terasa seperti new season di PUBG Mobile sebelumnya.

Kami menemukan bahwa gerakan di New State terasa sedikit lebih cepat dibanding PUBG Mobile. Ini seperti Kamu sedang berlari di atas lapisan es alih-alih berlari di tanah nyata. Kamu tampaknya harus mengatur ulang sensitivitas permainan untuk mengatasi hal tersebut. Di PUBG Mobile, gerakannya terasa pas sehingga Kamu tidak perlu melakukan banyak custom.

Tampilan head-up (HUD) memiliki ukuran ikon yang berbeda dari sebelumnya, sebagian lebih kecil dibanding PUBG Mobile. Untuk memilih ukuran berbeda atau lebih besar, Anda bisa mengubahnya melalui menu pengaturan . Agak repot karena Anda harus menyesuaikan setiap ikon satu per satu, sebuah proses yang memakan waktu.

Tidak maksimal

Keterangan yang Kami dapat dari Google Play menyebut bahwa PUBG: New State menawarkan “Grafis Ultra-realistis” yang lebih tinggi dibanding standar mobile gaming saat ini. Hal itu berkat penggunaan teknologi Global Illumination.

Peningkatan kualitas grafis yang signifikan tentu menyenangkan…, Andai Kamu memiliki smartphone berkinerja mumpuni.

Sementara secara umum, pengguna smartphone kelas flagship tak banyak jumlahnya. Rata-rata pemain PUBG Mobile menggunakan smartphone dengan spesifikasi menengah sehingga dikhawatirkan mereka tidak bisa menikmati PUBG: New State secara maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here