Home Lingkungan Pertamina Foundation dan KitaBisa Ajak Masyarakat Tanam Pohon untuk Atasi Perubahan Iklim

Pertamina Foundation dan KitaBisa Ajak Masyarakat Tanam Pohon untuk Atasi Perubahan Iklim

Penanaman pohon menjadi salah satu cara yang paling efektif dalam mengatasi perubahan iklim akibat dari gas rumah kaca. Peningkatan emisi gas rumah kaca dapat mempengaruhi suhu permukaan bumi, yang dapat memicu dampak lingkungan yang lebih serius. Dalam beberapa tahun terakhir, Badan Meteorologi Dunia melaporkan bahwa suhu bumi mengalami kenaikan signifikan dan tahun 2022 menjadi tahun terpanas secara global.

Merespon tantangan perubahan iklim ini, Pertamina Foundation berkolaborasi dengan KitaBisa.com, platform crowdfunding terkemuka di Indonesia, untuk mengajak masyarakat bergabung dalam program #TemanBumi. Program ini memungkinkan masyarakat untuk menanam 1000 pohon dari rumah melalui donasi. Dengan donasi sebesar Rp 50.000, masyarakat dapat menanam satu pohon di area prioritas dan memastikan kelangsungan hidupnya selama satu tahun.

Agus Mashud S. Asngari, Presiden Direktur Pertamina Foundation, menyatakan bahwa program #TemanBumi ini menjadi bagian dari program ikonik Pertamina Foundation, Blue Carbon Initiatives. Program ini juga dapat memberdayakan masyarakat lokal dan menjadi tempat penelitian terkait serapan karbon.

Ada empat jenis pohon yang dapat ditanam melalui program #TemanBumi, yaitu trembesi, kepuh, malapari, dan mangrove. Trembesi menjadi pohon penyerap karbon terbesar karena satu batang dewasa dapat menyerap 28 ton CO2 per tahun. Kepuh, selain menyerap karbon, bijinya juga dapat dijadikan bahan bakar biodiesel dan daunnya bisa dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Sedangkan malapari, selain menjadi tanaman pesisir, bijinya juga menghasilkan biodiesel. Terakhir, mangrove, selain menjadi penahan abrasi, satu hektar mangrove dapat menyerap 200 ton CO2 per tahun dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menjadi beragam produk olahan.

Alfatih Timur, CEO & Co-Founder Kitabisa.com, menyatakan senang dapat menjadi bagian dari aksi baik #TemanBumi yang diinisiasi oleh Pertamina Foundation. Dia mengajak masyarakat untuk bergabung dalam program #TemanBumi eksklusif di Aplikasi Kitabisa atau mengunjungi KitaBisa.com/TemanBumi untuk ikut serta dalam adopsi pohon. Bayangkan jika setiap orang dapat menanam satu pohon saja, maka akan memberikan dampak positif bagi bumi dan generasi mendatang.

Dalam menghadapi tantangan perubahan iklim, kepedulian kita untuk memitigasi dampaknya sangat penting. Dengan berpartisipasi dalam program #TemanBumi, masyarakat dapat memberikan kontribusi nyata dalam menjaga lingkungan dan keberlangsungan hidup planet kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here