Home News ColorOS 12 Bikin Foto Portrait OPPO Reno6 Makin Bagus

ColorOS 12 Bikin Foto Portrait OPPO Reno6 Makin Bagus

Update ColorOS 12 membuat hasil foto Portrait Reno6 makin bagus. Hal ini membuktikan bahwa OPPO tak hanya bergantung pada kualitas hardware, namun juga berusaha terus menerus untuk menghadirkan pembaharuan algoritma guna meningkatkan kinerja perangkatnya.

OPPO secara resmi telah mengumumkan kehadiran sistem operasi terbarunya yaitu ColorOS 12. Sebuah prestasi tersendiri karena ColorOS 12 menjadi OEM pertama yang diterapkan di Android 12. Di awal tahun ini, ColorOS 12 sudah mulai tersedia di perangkat Reno6 di beberapa negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

ColorOS terbaru membawa antar muka yang lebih ringan dan customable. Dengan dukungan teknologi yang lebih maju, ColorOS 12 juga dapat memperpanjang masa hidup perangkat menjadi lebih lama, penggunaan memori 30% lebih rendah, serta konsumsi baterai 20% lebih efisien.

Lalu bagaimana pengaruh pembaharuan ColorOS 12 terhadap kualitas hasil Kamera Reno6 terutama untuk mode portraitnya?

Pada kesempatan kali ini, Canggih ID menjajal mode portrait perangkat Reno6 dengan ColorOS 12 terbaru dan membandingkannya dengan Reno6 yang menggunakan ColorOS 11.

Pembaharuan Menu Portrait

kiri: menu portrait Reno 6 dengan colorOS 12, kanan: menu portrait Reno 6 dengan ColorOS 11

Pada mode portrait di Reno6 berbasis ColorOS 12, bokeh meter diletakkan di bagian bawah sebelah kiri sedangkan menu filter dan efek diletakkan di sebelah kanan. Ini berbeda dengan Reno6 berbasis ColorOS 11 dimana bokeh meter berada di bar atas.

Pada ColorOS 12, jika diklik ikon magic wand di kiri bawah, akan muncul dua menu pengaturan yaitu retouch dan filter. Salah satu keuntungan jika Reno6 Kamu sudah upgrade ke ColorOS 12 adalah jumlah filter yang lebih banyak dibanding ColorOS 11. Oh ya, filter andalan seperti AI Color Portrait dan Bokeh Flare Portrait tetap bisa Kamu nikmati bersama filter-filter baru lainnya!

Menu retouch dan filter di ColorOS 12 Reno 6

Side by Side: Hasil Portrait Kamera Depan

Sekarang Canggih ID membandingkan hasil jepretan kamera depan Reno6 yang masih memakai ColorOS 11 dengan yang sudah update ke ColorOS 12. Kedua foto diambil di waktu dan lokasi yang sama.

Ada dua hal yang menonjol dari mode portrait di ColorOS. Pertama adalah pengaturan kontras dan kecerahan yang lebih baik. Hal ini menjadikan sisi pencahayaan hasil foto menjadi pas, tidak terlalu over atau under meski membelakangi sumber cahaya sekalipun.

Yang kedua adalah peningkatan ketajaman foto. Hal ini menjadikan batas antara obyek utama dengan background jadi lebih rapi dan juga membuat detil-detil kecil lebih menonjol. Peningkatan detil foto tak serta merta muncul begitu saja, kerja keras tim riset OPPO menjadikan Algoritma baru di ColorOS 12 bisa mengolah gambar yang dihasilkan sensor kamera Reno6 menjadi lebih baik.

Kami mencoba untuk men-crop bagian foto foto yang sama dan menyandingkan keduanya agar Kamu bisa melihat lebih detil perbedaannya.

Di sini terlihat bahwa ColorOS 12 (sisi kanan) menampilkan warna kulit yang lebih natural. Sementara shadow dan kontras yang lebih baik menjadikan objek wajah seperti mata dan bagian lain menjadi lebih detil, membuat foto terlihat lebih hidup. Cobalah perhatikan lipatan kerudung yang dipakai oleh model dan bandingkan hasil di sisi kiri dan kanan, jauh lebih baik bukan?

Side by Side : Hasil Portrait Kamera Belakang

Nah, sekarang Canggih ID mencoba mode portrait dengan menggunakan kamera belakang. Di sini Kami menggunakan filter yang sama yaitu AI Color Portrait.

Hasilnya tetap lebih baik di Reno6 yang menggunakan ColorOS 12. Detil, pencahayaan (contrast & brigtness), dan shadow tampil sempurna. Seperti saat menggunakan kamera depan, cropping obyek utama yang memisahkannya dengan background juga lebih rapi.

Side by Side : Portrait untuk Obyek Benda

Mode portrait tak melulu digunakan untuk obyek manusia. Obyek lain seperti tanaman, benda seni, maupun properti lain pun bisa dibidik menjadi lebih artistik dengan mode ini.

Kami menemukan hal berbeda dan menarik saat melakukan pemotretan objek manusia dengan objek benda. Saat pemotretan obyek manusia, langit dalam kondisi terang, sementara saat Kami memotret tanaman kaktus dan gentong, langit dalam kondisi mendung.

Di sini terlihat kinerja optimal AI di ColorOS 12. Saat cuaca terang, mode portrait akan mengatur secara otomatis agar foto tidak over exposure dengan melakukan adjusment di bagian gelap. Sedangkan saat cuaca mendung atau kondisi kurang cahaya, sebaliknya mereka akan mengurangi shadow atau bagian gelap objek.

Hasilnya terlihat pada foto tanaman kaktus, dimana obyek jadi tidak terlihat gelap, warna hijau di bagian daun jadi lebih fresh. demikian juga di bagian pot, warna hitam jadi tak terlalu pekat sehingga teksturnya jadi lebih terlihat.

Berlanjut di Reno7 Series?

Well, sementara Kita bermain-main dengan mode portrait di Reno 6 yang sudah mencicipi ColorOS 12, rumor tentang penerusnya mulai bermunculan. Reno7 series dikabarkan akan hadir awal tahun ini.

Seri Reno sendiri dikenal tak main-main soal kamera. Dukungan algortima canggih digabung kemampuan Ai yang mumpuni dan sensor papan atas menjadikan hasil foto Reno Series mendapat apresiasi tinggi. Mengingat hasil foto Reno6 di atas, Tentu Kami sama penasarannya dengan Kamu, apakah hasil foto Reno terbaru nanti akan sebagus ini, atau malah jauh lebih baik lagi? Kita tunggu saja!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here