Home Gadget Menyiapkan OPPO Pad Air yang Ramah Anak dengan Google Kids Space

Menyiapkan OPPO Pad Air yang Ramah Anak dengan Google Kids Space

Karena fungsinya untul hiburan dan produktivitas (termasuk pendidikan), OPPO Pad Air bisa digunakan untuk semua kalangan termasuk anak-anak. Namun terkadang, dengan semakin banyaknya konten saat ini, orang tua tentu khawartir jika anaknya terpapar dengan konten-konten yang belum layak dikonsumsi anak-anak.

Hal ini bisa diatasi dengan Google Kids Space, antarmuka khusus yang ditujukan untuk pengguna anak-anak. Fitur ini menjadi relevan mengingat generasi muda sekarang sudah akrab dengan teknologi, dan tidak jarang orang tua membagikan perangkatnya kepada anak-anaknya.

Kids Space dirancang untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan kreativitas anak. Setelah memilih minat mereka (dan membuat avatar sesuai dengan preferensi mereka), Google akan merekomendasikan konten berkualitas untuk anak-anak. Konten yang direkomendasikan mencakup buku, aplikasi, game, dan video. Orang tua juga memiliki kontrol penuh melalui menu khusus.

Anda dapat mengaktifkan kembali Google Kids Space kapan saja jika sebelumnya telah menonaktifkan Google Kids Space di tablet Android yang kompatibel milik anak.

Memulai Google Kids Space

Google Kids Space adalah pengalaman menggunakan tablet Android yang berisi konten untuk membantu anak menemukan, berkreasi, dan berkembang. Anak-anak dapat mengakses aplikasi, buku, dan video yang ditargetkan sesuai usia dan minatnya.  

Google Kids Space merekomendasikan konten berkualitas bagi anak berdasarkan minat yang dia pilih. Anak-anak bahkan dapat menyesuaikan pengalaman mereka saat membuat karakternya sendiri.

Di Google Kids Space, setiap anak memiliki ruang pengguna terpisah sehingga beberapa anak dapat menggunakan tablet yang sama.

Di Google Kids Space, pengguna memiliki pilihan lima tab berisi konten yang berbeda: Beranda, Permainan, Bacaan, Tontonan, dan Kreasi. Konten mencakup aplikasi dan buku dari Google Play dan video dari YouTube Kids. Aplikasi dan buku ditinjau oleh pakar pendidikan & media anak.

Yang Anda perlukan

Untuk menyiapkan Google Kids Space, Anda memerlukan Akun Google untuk anak Anda. Anda mengelola akun tersebut dengan Family Link.

Google Kids Space saat ini hanya berfungsi dengan Akun Google yang diawasi untuk anak-anak di bawah batas usia minimum yang berlaku di lokasinya. Setelah anak Anda mencapai usia 13 tahun (atau batas usia yang berlaku di negaranya), dia dapat memutuskan untuk mengelola akunnya sendiri dan tidak dapat menggunakan Google Kids Space.

Menyiapkan Google Kids Space

  • Aktifkan tablet dan hubungkan ke Wi-Fi.
  • Saat ditanya siapa yang akan menggunakan perangkat, ketuk Anak saya.
  • Jika sebelumnya Anda telah menyiapkan tablet, ketuk ikon Google Kids Space .
  • Login ke Akun Google anak yang sudah ada atau ikuti petunjuk untuk membuat Akun Google baru untuk anak Anda.
  • Saat diminta menyiapkan Google Kids Space, ketuk Siapkan.
  • Edit setelan Google Kids Space anak Anda.

Anda dapat mengelola aplikasi yang telah diinstal. Tentukan apakah anak diizinkan menginstal aplikasi yang direkomendasikan Google Kids Space dengan atau tanpa persetujuan Anda sebelumnya. Tentukan juga apakah Anda ingin menyembunyikan rekomendasi aplikasi berisi iklan.

Anda dapat mengubah setelan ini dengan fitur Family Link yang akan dijelaskan lain kali.

Ketuk Setuju.

Setelah Anda meninjau setelan tambahan dan aplikasi lain yang terinstal di perangkat, dampingilah anak untuk memilih minatnya dan membuat karakter. Anak dapat mengetuk ikon untuk memilih kategori yang dia sukai, seperti hewan, memasak, musik, atau sains. Anak-anak juga dapat menyesuaikan pengalamannya dengan membuat karakter khusus.

Ketuk Selesai.

  • Dari layar utama Ketuk Google Kids Space
  • Ikuti petunjuk di layar. 
  • Dari Setelan: Buka Setelan Setelan kemudian Kesehatan Digital & kontrol orang tua.
  • Ketuk Google Kids Space.
  • Ikuti petunjuk di layar.

Menonaktifkan Google Kids Space

  • Dari layar utama di Google Kids Space, sentuh lama menu Orang Tua .
  • Buka Kontrol orang tua kemudian Google Kids Space kemudian Nonaktifkan Google Kids Space.
  • Untuk memverifikasi bahwa Anda adalah orang tua, konfirmasi sandi Akun Google Anda.

Tips: Jika Anda mengaktifkan Google Kids Space dengan Akun Google anak Anda dalam waktu 30 hari, setelan anak Anda akan dipulihkan. Setelah 30 hari, setelan anak Anda akan dihapus dan memerlukan penyiapan ulang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here