Home Apps & Platform Laporan Riset Pasar CleverTap 2024: Penerapan AI Tingkatkan Konversi hingga 4 Kali...

Laporan Riset Pasar CleverTap 2024: Penerapan AI Tingkatkan Konversi hingga 4 Kali Lipat

Jakarta, Indonesia, 22 Mei 2024 – CleverTap, platform keterlibatan pelanggan terkemuka, hari ini mengumumkan hasil riset pasar terbaru mereka dalam laporan bertajuk The AI Edge in Customer Engagement. Laporan ini mengungkapkan bahwa penerapan teknologi AI dalam keterlibatan pelanggan dapat meningkatkan konversi dan nilai bisnis secara signifikan.

Penelitian ini menganalisis 42 merek global yang menjalankan kampanye untuk jutaan pelanggan di lebih dari 50 negara. Partisipan termasuk spesialis teknis AI, ahli strategi pemasaran, VP, CMO, pemimpin ilmu data, Manajer Produk, dan Pemasar.

Laporan ini menjadi panduan bagi merek yang ingin mengadopsi AI. Pada tahap awal, merek disarankan untuk fokus pada efisiensi operasional sebelum beralih ke personalisasi, eksperimen, dan pengambilan keputusan strategis.

Hasil penelitian CleverTap menunjukkan bahwa:

  • 54% responden meluncurkan kampanye lebih cepat dengan bantuan AI.
  • 82% merasakan peningkatan efisiensi operasional berkat AI yang menyederhanakan alur kerja dan mengotomatisasi pembuatan konten.
  • 64% telah menggunakan AI untuk mengembangkan pengalaman yang dipersonalisasi sesuai preferensi individu.
  • 39% memanfaatkan AI untuk pengambilan keputusan otomatis yang lebih tepat dengan menganalisis data dalam jumlah besar.

Dalam hal adopsi AI oleh tim merek, ditemukan bahwa:

  • 71,4% responden menyebutkan bahwa tim konten paling banyak menggunakan AI.
  • 57,1% tim pemasaran juga menggunakan AI untuk menciptakan strategi dan memperluas upaya pemasaran.

CleverTap juga menilai dampak dari penggunaan mesin AI mereka, Clever.AI, dan mengklasifikasikan merek dalam tiga tingkatan berdasarkan penggunaan AI dalam keterlibatan pelanggan:

  • Pada Tingkat 1, 89% responden melihat efisiensi operasional sebagai manfaat utama.
  • Pada Tingkat 2, 90% responden merasakan manfaat terbesar dalam skalabilitas personalisasi dan eksperimen.
  • Pada Tingkat 3, 67% peserta melihat pengambilan keputusan otomatis sebagai manfaat utama.

Laporan ini menyajikan wawasan tentang bagaimana AI mempengaruhi konversi dan nilai bisnis. Untuk informasi lebih lanjut, laporan ini dapat diunduh di sini.

Joe Harahap, Country Manager CleverTap Indonesia, menyatakan, “AI adalah katalis yang mengubah setiap aspek merek, dari mengoptimalkan operasi hingga memperkaya keterlibatan pelanggan dan merevolusi pengambilan keputusan. Wawasan dalam laporan ini memberikan pendekatan strategis bagi merek yang berada pada tahap awal adopsi AI untuk mencapai peningkatan signifikan dalam konversi dan nilai bisnis. AI bukan lagi tambahan, tetapi kebutuhan untuk mencapai keunggulan kompetitif dan memenuhi ekspektasi pelanggan yang terus berkembang.”

Tentang CleverTap

CleverTap adalah platform keterlibatan lengkap yang membantu merek membuka nilai seumur hidup bagi pelanggan mereka dengan menciptakan pengalaman yang dipersonalisasi. Platform ini memungkinkan perusahaan merancang perjalanan pelanggan yang personal, menawarkan analitik real-time, dan memberikan wawasan berbasis AI untuk pengambilan keputusan yang lebih cerdas dan cepat.

CleverTap didukung oleh TesseractDB™, database khusus untuk keterlibatan pelanggan, yang menawarkan kecepatan dan efisiensi biaya. Platform ini dipercaya oleh 2.000 pelanggan global, termasuk nama-nama besar seperti Electronic Arts, AirAsia, dan Papa John’s. CleverTap didukung oleh investor terkemuka dan memiliki kantor di Mumbai, Bangalore, Delhi, Singapura, Jakarta, dan Ho Chi Minh.