Smartphone merupakan salah satu instrumen penting dalam bisnis, khususnya pelaku UMKM. Selain digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan, pebisnis sebenarnya bisa memaksimalkan kamera smartphone untuk memotret jualan mereka.
Foto produk yang menarik akan membantu meningkatkan penjualan. Di samping itu informasi visual mengenai produk yang dijual jadi lebih dimengerti pelanggan.
Meyani Kristina Ningrum, seorang pengajar Basic Food & Product Photography mengatakan bahwa promosi produk melalui media sosial akan memperluas jangkauan pasar sekaligus menghemat waktu.
Perempuan yang sering menggelar workshop luring dan daring untuk UMKM, instansi dan komunitas,ini melihat bahwa kebanyakan para pelaku UKM belum begitu menyadari pentingnya foto yang berkualitas untuk mendongkrak produk yang mereka jualagar laris.
Para pelaku juga seringkali merasa minder karena tidak bisa memotret atau tidak memiliki bakat fotografi, bahkan alasan paling utama adalah tidak memiliki kamera profesional. Padahal di era digital saat ini, perangkat memotret tidak harus menggunakan kamera canggih dan mahal semacam mirrorless atau DSLR (Digital Single Lens Reflex) yang harganya jutaan rupiah.
Kehadiran perangkat smartphone terbaru saat ini rata-rata telah dilengkapi dengan kamera belakang beresolusi tinggi, yang mumpuni unntuk memotret produk atau subjek orang. Sebagai contoh OPPO A16, yang memiliki tiga kamera belakang vertikal segaris dari atas meliputi Kamera Utama 13MP, Kamera Bokeh 2MP, dan Kamera Makro 2MP. Sementara di bagian depan OPPO A16 juga terdapat kamera selfie 8MP yang bisa untuk mengabadikan objek dengan hasil jernih dan tajam.
Dengan menggabungkan kemampuan kamera OPPO A16 dan konsep tematik, para pelaku UKM dapat berkreasi untuk membuat foto-foto produk nan apik dan unik. Meyani menyebut bahwa mengoptimalkan kamera smartphone berikut fitur fotografi, bisa menghasilkan foto yang cantik dan menarik, yang berguna untuk kebutuhan promosi para pelaku UKM. Semisal untuk memotret produk, Meyani hanya mengandalkan kamera dan fitur-fitur foto di OPPO A16 seperti AI Beautification, Dazzling Mode, dan Filter Bokeh. Selebihnya, dia hanya membutuhkan aplikasi seperti Lightroom Mobile, Picsart, atau Canva guna mengolah foto agar ketika bisa dipasang di media sosial terlihat lebih artistik.
Para pelaku UKM juga tidak perlu menyediakan budget besar guna memiliki perangkat fotografi yang fungsional. Para pelaku UKM bisa menggunakan smartphone OPPO A16 tak hanya untuk memotret produk, namun bisa untuk memasarkan produk melalui e-commerce. Lebih dari itu, ponsel cerdas berlayar 6,52″ ini juga nyaman untuk mempromosikan produk melalui media sosial, atau sebagai perangkat administrator untuk membalas pesanan dari konsumen.