Ini Dia, 9 Pemenang Twitter #BestofTweets 2021 Indonesia

    Di tahun 2021, Twitter telah merekam hasil kerja keras dari berbagai brand di tahun ini. Mulai dari menerapkan kampanye yang menarik perhatian dan bermanfaat bagi masyarakat, atau memperkuat hubungan dengan audiens; banyak brand di Indonesia menunjukkan ketangguhan mereka melewati masa sulit dan tetap kreatif untuk selalu terhubung dengan komunitas mereka.

    Walau masih penuh dengan ketidakpastian, brand terkemuka telah menunjukkan kekuatannya dan menjadi lebih baik di tahun 2021. Dari bekerja sama dengan figur-figur berpengaruh di Twitter, hingga menjadi bagian dari berbagai momen penting di Tanah Air, brand memanfaatkan solusi inovatif Twitter untuk meluncurkan kampanye dan terhubung dengan audiens mereka. 

    Sebagai apresiasi terhadap karya-karya terbaik di tahun yang penuh tantangan ini, Twitter mengumumkan brand dan kampanye yang memenangkan Penghargaan #BestofTweets 2021 Indonesia sebagai berikut:

    1.   Best Campaign for Driving Positive Change in Society 

    Bank Central Asia / BCA (@GoodLife BCA) berhasil memenangkan penghargaan sebagai brand yang memberikan dampak positif di masyarakat dengan kampanye Festival Bangga Lokal #banggalokal. Kampanye ini bertujuan untuk membantu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia mempromosikan produk, serta mendorong masyarakat Indonesia untuk bangga membeli produk lokal. Melalui kampanye ini, BCA memanfaatkan kekuatan komunitas di Twitter yang berpengaruh melalui gerakan bersifat organik yaitu “Twitter, Please Do Your Magic” untuk membantu upaya bisnis lokal agar dapat bertahan di masa-masa yang menantang. Penggunaan video tanpa suara pun dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bisnis para pelaku UMKM. Kampanye yang berjalan sepanjang tahun ini juga telah menghasilkan traffic dan konversi yang stabil ke situs web merchant di Indonesia.

    2.   Best Brand Voice

    Tahun ini, Tokopedia (@tokopedia) kembali memenangkan kategori Best Brand Voice melalui kampanye Waktu Indonesia Belanja atau #TokopediaWIB. Diluncurkan setiap tanggal 25 setiap bulannya, Tokopedia mengambil momentum untuk menghadirkan kemeriahan saat gajian dengan memberikan penawaran menarik dan kemudahan bertransaksi. Selama tahun 2021, Kampanye #TokopediaWIB mendapatkan banyak perhatian dari warganet Indonesia di Twitter dengan bahasa, desain, dan tentunya kolaborasi bersama grup K-Pop terkemuka dan  berbagai artis ternama Indonesia. Berbagai acara dan penawaran menarik ini tetap menjadikan Tokopedia sebuah brand yang konsisten dengan identitasnya yang selalu meriah, ramah dan menyenangkan, dan di saat yang sama mendominasi percakapan di linimasa Twitter di setiap akhir bulan.

    3.   Best Virtual Event

    IM3 Ooredoo (@IM3Ooredoo) kembali memenangkan penghargaan dengan konser virtual andalan CollaboNation #SilaturahmiTanpaHenti untuk memperingati Ramadan 2021. Bersama Twitter, IM3 Ooredoo menghadirkan talenta berkualitas Indonesia dengan musik dan seni. Acara ini dipersembahkan bagi jutaan pecinta konser di seluruh Indonesia melalui pengalaman live performance yang meriah untuk menghibur penggemar di saat yang penuh tantangan ini.

    IM3 Ooredoo menjadi brand pertama di Asia Tenggara yang memanfaatkan Twitter Spaces untuk memberikan kesempatan bagi penggemar untuk lebih dekat dan berinteraksi dengan artis idola, menciptakan banyak percakapan menjelang pertunjukan di bulan Ramadan. 

    “Pandemi telah mengubah cara masyarakat bersosialisasi dengan menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, terutama pada bulan Ramadan. Dalam kesempatan ini; IM3 Ooredoo ingin memberi inspirasi dan semangat agar masyarakat dapat tetap terhubung dengan kerabat dan keluarga, walaupun tidak dapat mudik atau bertemu secara langsung. IM3 Ooredoomenggunakan Twitter untuk terhubung secara real-time dengan audiens. Konser virtual yang kami adakan di Twitter mendapatkan engagement yang tinggi  hal yang tidak pernah kami alami sebelum pandemi. Kami juga berkolaborasi dengan musisi-musisi ternama seperti Kunto Aji, Sal Priadi & Baskara Putra, untuk mengadakan konser virtual melalui Twitter Spaces. Ini adalah cara lebih intim untuk tetap terhubung dengan audiens, mendapatkan insight tentang mereka, serta berkreasi dengan audiens yang telah mendukung kami selama ini. Kami bangga dapat menjadi brand pertama di Indonesia yang memanfaatkan Twitter Spaces,” ujar Fahroni Arifin  SVP, Head of Brand Management & Strategy, IM3 Ooredoo.

    4.   Best Use of Video

    Di saat masyarakat harus membatasi aktivitas di luar rumah, Bank Mandiri (@BankMandiri) meluncurkan super app baru bernama Livin’ melalui kampanye #livinbymandiri. Bank Mandiri ingin menunjukkan mudahnya membuka rekening bank baru secara online, sekaligus mensosialisasikan perubahan dari aplikasi lama ke baru. Keunggulan kampanye dari ini adalah penggabungan beberapa format video Twitter yang digunakan sebagai teaser, termasuk strategi sound-off dan video pendek. Video tersebut mendapatkan lebih dari 33 juta views dan tingkat penyelesaian tontonan video secara signifikan, menjadikannya unggul di industri perbankan.

    5.   Best Campaign from a Newcomer

    Sebagai platform Over The Top (OTT) terkemuka di Indonesia, Viu Indonesia (@Viu_ID) memahami “demam” K-Drama yang ada di masyarakat dan menggunakan momentum ini untuk meluncurkan kampanye pertama mereka di Twitter, mempromosikan drama #LoversOfTheRedSky. K-Drama ini menjadi serial nomor satu di Korea Selatan dan Viu menggunakan Twitter untuk memikat warganet Twitter menyaksikan serial ini di platform mereka. Kampanye ini menggabungkan berbagai format; mulai dari Iklan Video, produk Takeover, Amplify Pre-Roll, hingga Twitter Poll; sehingga menghasilkan 80,8 juta views dan menjadikan percakapan seputar Viu di Twitter tumbuh sebanyak tiga kali lipat. Hal ini menjadikan Viu Indonesia dan #LoversOfTheRedSky masuk ke jajaran trending topic secara organik di Twitter.

    “Viu selalu mencari cara baru untuk berkomunikasi dengan audiens yang ada pada saat ini dan yang akan datang. Dengan kombinasi antara insight dari Twitter dengan acara populer dari wilayah Asia di platform kami, Viu berhasil menciptakan kampanye kreatif bagi original shows kami seperti, “Lovers of the Red Sky” dan ‘Now, We are Breaking Up.’ Kami percaya Viu akan terus berevolusi dalam membuat kampanye seru di Twitter,” ujarVarun Mehta, Country Head – Indonesia, Viu.

    6.     Best Launch on Twitter

    Memahami minat para penggemar film thriller dan zombie, Netflix Indonesia (@NetflixID) melakukan pendekatan kreatif di Twitter untuk meluncurkan Army of the Dead yang ditunggu-tunggu warganet Indonesia. Netflix Indonesia berhasil menghadirkan teaser yang memancing partisipasi dengan mengajak orang-orang memecahkan teka-teki untuk melihat karakter spesial di film tersebut. Di saat yang sama, mereka menghadirkan pengalaman dari online ke offline melalui billboard 3D, memperlihatkan update live dari Twitter tentang orang-orang yang berusaha memecahkan brankas sama seperti yang ada di film. Keunikan ini membuat Netflix tidak hanya berhasil mendapatkan perhatian masyarakat, namun juga penghargaan Best Launch on Twitter.

    7.     Best Connection to Culture

    Lazada (@LazadaID) berhasil menjadi brand yang memanfaatkan momen terbesar di Indonesia yaitu Ramadan. Mengusung semangat berbagi yang menjadi inti dari bulan Ramadan, Lazada berhasil menyasar audiens mereka dengan menciptakan kampanye dan komunikasi yang lebih efektif. Mereka memanfaatkan momentum Bulan Suci untuk meluncurkan aktivasi Ramadan Sale yang menggabungkan tiga kampanye; penawaran spesial Ramadan, peluncuran Lazada Amanah, dan kemitraan dengan Twitter. Ketiganya berhasil mendorong terjadinya percakapan yang positif dan engagement yang baik terkait kampanye mereka, serta overperformed semua metrik kampanye.

    8.     Most Tweeted about Brand

    Memenangkan penghargaan sebagai brand yang paling banyak dibicarakan selama dua tahun berturut turut, Shopee Indonesia (@ShopeeID) berhasil merangkul penggemar K-Culture yang berpengaruh di Twitter dan terhubung dengan saat-saat penting, termasuk momen belanja selama 2021.

    9.     Best #OnlyOnTwitter

    Memanfaatkan kuatnya komunitas Marvel, Disney+ Hotstar (@DisneyPlusID) berhasil mengidentifikasi minat audiens di Twitter dan menggabungkan custom solution Twitter untuk mempromosikan serial The Falcon and the Winter Soldier melalui #WieldTheShield. Mereka menerapkan kampanye multi-channel dengan menyembunyikan perisai milik Captain America dan mengajak warganet Indonesia memecahkan teka-teki agar bisa menemukan perisai tersebut. Para penggemar diajak mencari petunjuk yang dibagikan oleh Disney+ Hotstar dengan menggunakan solusi unik Twitter, yaitu ‘Conversation Button’.

    “Tahun ini telah memperlihatkan, bahwa kreativitas tidak mengenal batas dan kami benar-benar terinspirasi dengan bagaimana brand di Asia Tenggara memanfaatkan Twitter untuk meluncurkan kampanye serta terhubung dengan komunitas mereka. Industri telah berubah lagi tahun ini; dan pemasar datang ke Twitter untuk menjadi top-of-mind serta menciptakan percakapan seputar brand dan produk mereka. Para pemenang tahun ini berhasil memanfaatkan insight dari pembicaraan di Twitter untuk menjadi lebih baik. Mereka tidak takut untuk menjadi pemimpin -tidak hanya mengikuti- percakapan. Brand yang menjadi pemenang tahun ini berinovasi melalui eksperimen dengan fitur-fitur baru Twitter serta mengeksplorasi berbagai ide yang berani dan kreatif. Dari peluncuran yang inovatif hingga penggunaan Twitter paling kreatif; para pemenang ini membuat kami tertawa, menangis, membalas, dan me-Retweet. Menjadi pencipta tren adalah satu hal; tapi yang terpenting adalah bagaimana kita bisa meninggalkan kesan mendalam bagi banyak orang. #BestOfTweets merupakan bentuk apresiasi untuk merayakan para brand tersebut dan kami tidak sabar untuk melihat apa yang akan mereka lakukan selanjutnya di tahun 2022,” ujar Avril Chua – Ahli Strategi Merek, Twitter NEXT, Asia Tenggara.

    Para pemenang #BestofTweets menunjukkan, bahwa brand tidak perlu takut membuat perbedaan. Percakapan dan hubungan dengan audiens dapat tercipta selama brand bisa mendapatkan perhatian dari mereka dan pesan yang disampaikan dimengerti dengan jelas. Selamat untuk para juara tahun ini!