Home Apps & Platform HUT RI ke-78, TikTok Bikin Kampanye #Serunya17an

HUT RI ke-78, TikTok Bikin Kampanye #Serunya17an

TikTok Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78 dengan meluncurkan kampanye bertajuk #Serunya17an. Kampanye ini bertujuan untuk mengajak komunitas TikTok dan masyarakat luas untuk bersatu dan berjuang mencapai satu tujuan, yaitu menciptakan Indonesia yang lebih baik. Sesuai dengan tema HUT RI tahun ini, “Terus Melaju untuk Indonesia Maju,” TikTok ingin menyoroti perjuangan para pejuang kreatif dan menginspirasi masyarakat untuk ikut maju membawa perubahan positif bagi negara ini.

Kevin Chandra, Education & Lifestyle Creators Partnership Lead, TikTok Indonesia, mengungkapkan bahwa kampanye #Serunya17an memiliki makna lain, yaitu “satu tujuan” (1=satu, 7=tujuh,+an) untuk Indonesia yang lebih baik. Dalam platform TikTok, terdapat beragam kreator dan konten, mulai dari edukasi, hiburan, budaya, dan lainnya. Namun, mereka memiliki satu tujuan yang sama, yaitu memberikan dampak positif kepada Indonesia. Semangat juang menuju satu tujuan ini ingin diangkat oleh kampanye #Serunya17an dan diwakili oleh kisah para pejuang kreatif dari berbagai kategori yang telah menunjukkan tindakan nyata melalui konten mereka.

Kelima pejuang kreatif yang akan diangkat dalam kampanye #Serunya17an adalah:

  1. Mikha Tambayong sebagai Pejuang Edukasi, seorang penyanyi, aktris, dan penggiat pendidikan yang aktif menyebarkan semangat belajar dan pentingnya pendidikan.
  2. Pandawara Group sebagai Pejuang Hijau, kelompok pemuda asal Bandung yang gemar menularkan semangat cinta lingkungan melalui aksi membersihkan sungai dan pantai di berbagai wilayah Indonesia.
  3. Roman Nuansa sebagai Pejuang Budaya, seorang seniman tekstil yang telah mengharumkan bangsa Indonesia lewat karya batik di kancah fashion week dunia.
  4. Leani Ratri Oktila sebagai Pejuang Prestasi, seorang atlet para badminton yang meraih prestasi membanggakan bagi Indonesia, termasuk medali emas dan perak di ajang Paralimpiade Tokyo 2020.
  5. Kohcun sebagai Pejuang Cuan, seorang kreator affiliate yang berhasil menemukan sumber mata pencarian baru untuk dirinya dan keluarga.

Tak hanya mengangkat kisah para pejuang kreatif, kampanye #Serunya17an juga mengajak pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan bisnis mereka dengan menghadirkan produk andalannya di TikTok Shop Pesta Lokal 8.8 yang berlangsung dari 1 hingga 8 Agustus 2023. Komunitas TikTok juga dapat menikmati berbagai diskon dan promo menarik untuk mendukung kemajuan produk lokal.

Selain itu, kampanye #Serunya17an akan melibatkan komunitas dan kreator TikTok dalam tindakan nyata untuk menciptakan perubahan bermakna bagi Indonesia. Beberapa kegiatan sosial yang diadakan antara lain membersihkan lingkungan bersama kreator dan komunitas TikTok, pelatihan eco-printed fabric untuk mengembangkan keterampilan warga desa di Lembang, kelas pelatihan seputar karier untuk pelajar SMK, serta sesi sharing bersama kreator TikTok dan Persatuan Sepakbola Amputasi Indonesia.

Para pengguna dan komunitas TikTok juga bisa turut memeriahkan perayaan HUT RI ke-78 melalui hashtag challenge #Serunya17an dan kompetisi pembuatan Efek TikTok khusus 17-an. Selain itu, akan ada konten serial TikTok berjudul “Warung Ceu Aya” yang menggambarkan suasana dan keseharian khas 17-an, diperankan oleh Alice Norin, seorang aktris dan womenpreneur yang juga terkenal sebagai kreator affiliate di TikTok.

Mikha Tambayong, salah satu narasumber dalam kampanye ini, mengungkapkan bahwa TikTok telah memberikan kesempatan bagi para pelaku usaha dan kreator untuk meningkatkan perekonomian secara kreatif. Sebagai Pejuang Cuan, ia berharap dapat mengajak komunitas TikTok dan masyarakat untuk terus memajukan usaha masing-masing demi perekonomian Indonesia yang lebih baik.

Dengan berbagai program seru dan kegiatan sosial, diharapkan kampanye #Serunya17an dapat menginspirasi masyarakat Indonesia untuk sama-sama berjuang membawa perubahan positif bagi Indonesia menuju masa depan yang lebih baik. Informasi lebih lanjut tentang kampanye ini dapat ditemukan di laman bit.ly/TikTokIDSerunya17an atau melalui akun resmi @tiktokofficialindonesia di TikTok.