Adjustperusahaan yang bergerak di bidang pengukuran seluler, pencegahan penipuan dan keamanan siber, mendukung pengembangan strategi pemasaran untuk Traveloka, tech unicorn berbasis daring terkemuka di Asia Tenggara yang menyediakan berbagai jenis layanan travel dan gaya hidup dalam sebuah platform.
Traveloka menawarkan layanan end-to-end yang dibagi menjadi empat kategori: akomodasi, transportasi, pengalaman (hiburan & aktivitas) dan layanan keuangan.
Perusahaan ini telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 100 maskapai domestik dan internasional. Saat ini, Traveloka melayani lebih dari 200.000 rute penerbangan di seluruh dunia, lebih dari 1 juta pilihan akomodasi dan 15 ribu jenis hiburan & aktivitas.
Traveloka membutuhkan informasi mengenai pengalaman pengguna untuk berbagai perangkat karena Traveloka menawarkan layanan pemesanan perjalanan melalui desktop dan ponsel. Traveloka tertarik untuk bekerja sama karena Adjust dapat menyediakan data dengan tingkat detail yang diperlukan – dimulai dari proses instalasi hingga kemudian melakukan kegiatan dalam aplikasi seperti pencarian produk atau pemesanan.
Traveloka dapat menggunakan data granular ini sebagai sumber yang akurat, memeriksa kembali sumber data lainnya dan mendasari keputusan bisnis di berbagai departemen. Klien Adjust juga dapat menggunakan data tersebut untuk meningkatkan tingkat konversi melalui penawaran khusus yang bersifat personal, bernegosiasi dengan pembuat aplikasi dan jaringan serta meningkatkan efisiensi kampanye secara keseluruhan.
“Komponen kunci dari strategi pemasaran kami adalah melakukan analisis mendalam dan membuat pemodelan pengalaman pengguna, selain itu kami juga berhasil memanfaatkan data atribusi yang kami dapatkan dari Adjust dan sumber lainnya. Artinya, Traveloka dapat menggabungkan berbagai touchpoint dalam pengalaman pengguna untuk berbagai perangkat seluler dan desktop saat membuat program pemasaran. Kami juga dapat bermurah hati dan fleksibel dengan model-model kami. Ini berhasil mendorong pertumbuhan dan Traveloka berhasil mencapai meningkatkan efisiensi sebesar 30% berkat informasi yang lebih lengkap tentang pengguna kami.”, kata Dian Paskalis, Head of Display Marketing, Paid Social, and Programmatic di Traveloka.
Selain itu, beberapa network partner mengirimkan data biaya yang dapat ditindaklanjuti ke Adjust sehingga travel unicorn ini dapat memanfaatkan data biaya untuk membuat custom payout models. Dengan demikian, Traveloka dapat lebih fleksibel saat melakukan perluasan jangkauan di luar jaringan besar dan lebih efisien saat bernegosiasi.
“Traveloka senantiasa berupaya untuk meningkatkan biaya kinerja pemasaran. Data biaya dan atribusi Adjust sangat bermanfaat untuk mengidentifikasi mitra yang dapat mendorong instalasi berkualitas baik dan engagement sesuai skala. Hasilnya adalah kami berhasil meningkatkan biaya kinerja hingga lebih dari 25%.”, lanjut Paskalis.
Sejak bekerja sama dengan Adjust, kinerja jaringan Traveloka telah meningkat sebesar 25% dan in-app engagement serta konversi Traveloka meningkat sebesar 30%. Secara keseluruhan, efisiensi pemasaran meningkat sebesar 30% dan semua penghematan biaya diinvestasikan kembali secara langsung dalam pemasaran – sehingga Traveloka dapat terus meningkatkan skala dan melakukan pengujian.
Adjust mengalami pertumbuhan yang kuat dalam setahun terakhir, baik di Asia Tenggara maupun di tingkat global. Lebih dari 28.000 aplikasi telah menerapkan solusi Adjust, termasuk perusahaan global terkemuka seperti Tencent Games, Rakuten, Line, dan NBCUniversal. Adjust telah mengakuisisi dua perusahaan – Acquired.io dan Unbotify – pada awal tahun ini. Selain itu, Adjust juga berhasil melakukan salah satu penggalangan modal terbesar di Eropa pada tahun 2019, yakni mencapai $230 juta, pada bulan Juni. Adjust kini memiliki 400 pegawai yang tersebar di 15 kantor cabang di seluruh dunia.