Home Fintech Danamon dan MUIP Mendukung Startup Baru Melalui Garuda Fund

Danamon dan MUIP Mendukung Startup Baru Melalui Garuda Fund

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon), berkolaborasi dengan MUFG Innovation Partners Co., Ltd. (MUIP), siap untuk mendorong pertumbuhan startup dan perusahaan baru di Indonesia dengan menyediakan pendanaan melalui Garuda Fund. Selain pendanaan, kemitraan ini juga menawarkan akses ke produk dan layanan digital yang disediakan oleh Danamon.

Pengumuman penting ini disampaikan oleh Ryu Hirota, Direktur yang mengawasi MUIP Garuda Fund di MUIP, dan Andreas Kurniawan, Chief Digital Officer Danamon, dalam acara Tech in Asia (TIA) Conference 2023 yang diselenggarakan dengan tema ‘Southeast Asia: A Bright Spot in The Tech World’ di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, pada tanggal 18-19 Oktober 2023.

Danamon, bersama dengan MUIP, sebagai salah satu sponsor acara tersebut, memberikan wawasan mendalam tentang strategi bagi startup dan perusahaan baru untuk mendapatkan pendanaan melalui MUIP Garuda Fund dan memamerkan peluang kolaborasi menarik melalui produk dan layanan digital Danamon.

“Kami menjelaskan strategi investasi MUIP Garuda Fund dan berbagai cara bagi para pemangku kepentingan untuk mendukung perusahaan-perusahaan baru di Indonesia,” kata Ryu Hirota.

TIA Conference adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Tech in Asia dengan tujuan memberikan pembelajaran dan peluang berjejaring bagi komunitas teknologi dan berbagai startup di Asia.

Partisipasi Danamon dalam acara ini merupakan kelanjutan dari program penempatan dana melalui MUIP-Garuda Fund untuk mendukung pertumbuhan startup di Indonesia, yang dimulai sejak Januari 2023.

MUIP Garuda Fund didirikan untuk meningkatkan investasi strategis dalam sektor keuangan digital Indonesia yang berkembang pesat dan kompetitif. Investasi dari MUIP Garuda Fund berfokus pada platform keuangan digital yang menjanjikan dan startup fintech untuk mendorong pertumbuhan startup dan memperluas ekosistem kolaboratif Danamon.

Kolaborasi antara Danamon dan MUIP bertujuan menciptakan peluang sinergi bisnis dalam akuisisi nasabah, perluasan jaringan, dan peningkatan kemampuan sambil mempromosikan industri keuangan digital Indonesia. Sampai saat ini, MUIP telah menginvestasikan 40 miliar yen dalam berbagai perusahaan di seluruh dunia dan secara aktif mendukung kolaborasi dengan 45 startup dalam portofolio mereka.

Pada kesempatan yang sama, Andreas memaparkan kemampuan API Danamon yang dirancang untuk mendukung bisnis startup. “Di Danamon, kami melihat kelengkapan API kami sebagai salah satu faktor kunci yang memungkinkan kami mengembangkan bisnis. Saat ini, API kami mencakup kemampuan untuk melayani Perbankan Konsumer dan Bisnis, termasuk kemampuan untuk Onboarding, Direct Debit, API QRIS, bersama dengan Cash Management, Financial Supply Chain, dan Trade Finance. Ke depan, kami berharap dapat lebih mengembangkan bisnis kami dengan menekankan penggunaan API Danamon,” ujar Andreas.

Pengunjung tidak hanya memiliki kesempatan untuk mendapatkan wawasan langsung dari para ahli MUIP dan Danamon, tetapi juga dapat menikmati secangkir kopi gratis yang disediakan oleh Danamon. Mereka juga bisa mendapatkan penjelasan mendalam tentang layanan B2B dan B2C Danamon, seperti Layanan Internet Banking Danamon Cash Connect, Rekening Giro BISA, dan berbagai kemampuan layanan API seperti API Onboarding, API QRIS, API Direct Debit, API Virtual Account, dan API Fund Transfer di booth offline Danamon & MUIP. Layanan ini, yang dirancang khusus untuk startup, mencerminkan komitmen untuk mendorong pertumbuhan dan meningkatkan kolaborasi dengan startup, sebuah tujuan yang diungkapkan oleh MUIP dan Danamon setelah acara ini.