Home Apps & Platform Couchbase Kenalkan Server Versi 7.1 dengan Efisiensi Tinggi

Couchbase Kenalkan Server Versi 7.1 dengan Efisiensi Tinggi

Couchbase, Inc. (NASDAQ: BASE), penyedia database modern terkemuka untuk aplikasi perusahaan Couchbase mengumumkan produk teranyarnya Couchbase Server versi 7.1., rilis versi terbaru nya diklaim mampu memberikan kemajuan luar biasa dalam kinerja, kapasitas penyimpanan, dan luasnya beban kerja, termasuk dukungan analitik operasional yang diperluas dengan integrasi Tableau langsung – semuanya sekaligus secara dramatis mengurangi biaya penerapan. Dengan Couchbase Server 7.1, arsitek perusahaan dan tim pengembangan secara signifikan mengurangi biaya membangun dan menjalankan aplikasi sambil mendapatkan efisiensi operasional yang mengesankan.

“Lebih banyak perusahaan yang mengalami kelemahan dalam menerapkan arsitektur cloud generasi pertama, dan salah satu kelemahan utama adalah biaya penyebaran instans cloud,” kata Ravi Mayuram, Chief Technology Officer di Couchbase.

“Akibatnya, perusahaan saat ini mencari untuk mengkonsolidasikan sumber daya infrastruktur untuk menghabiskan lebih sedikit dan mengurangi kompleksitas arsitektur data mereka dengan database multimodel. Rilis versi terbaru ini menjawab permasalan itu dan melakukan lebih banyak lagi, membantu mengecilkan ukuran cluster sambil memberikan throughput yang lebih tinggi, kapasitas data yang lebih besar, dan akses yang lebih mudah ke analitik aktif melalui Tableau. Dengan Couchbase Server 7.1, aplikasi modern dapat menjadi lebih pintar dan lebih hemat biaya.” Terangnya.

Peningkatan Couchbase Server 7.1 yang baru memberikan kinerja yang lebih baik sekaligus mengurangi jumlah node cluster yang diperlukan untuk menangani volume data yang lebih besar. Ini memberikan total biaya kepemilikan yang sangat terjangkau dibandingkan dengan alternatif NoSQL multimodel lainnya. Pelanggan akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut:

• Peningkatan efisiensi dan kinerja cluster yang menurunkan biaya penerapan dengan memperkenalkan mesin penyimpanan berdensitas tinggi baru yang meningkatkan kapasitas penyimpanan node lebih dari 3x, meningkatkan throughput tulis 4x, dan menurunkan konsumsi memori 10x. Pelanggan dapat secara dramatis menurunkan biaya, ukuran, dan kompleksitas klaster. Ini berarti cluster yang ada dapat menjadi 10 kali lebih efisien sambil menangani data tiga kali lebih banyak. Selain itu, cluster baru dapat mulai lebih kecil menggunakan instans perangkat keras komoditas yang lebih rendah, dan tumbuh lebih efisien, memberikan pelanggan kemampuan untuk secara signifikan lebih hemat biaya dalam mendukung kasus penggunaan database klasik.

• Peningkatan dukungan untuk kemampuan database konvensional seperti layanan pencadangan yang ditingkatkan untuk ketersediaan data yang lebih baik dan fungsi yang ditentukan pengguna (UDF) berbasis JavaScript untuk pemisahan yang lebih baik antara pemrosesan fungsional dari manajemen penyimpanan.

• Dukungan yang diperluas untuk prosesor ARM, menawarkan kinerja yang lebih tinggi sekaligus menurunkan konsumsi daya dan mengurangi biaya pengoperasian cloud. Pelanggan dapat mengembangkan aplikasi berbasis Couchbase dalam container pada sistem Apple M1 lokal dan menerapkannya dengan mudah ke instans berbasis AWS Graviton. Praktik ini selanjutnya dapat mengurangi biaya infrastruktur pelanggan hingga 50%.

“Beberapa perusahaan database hanya menawarkan database khusus untuk beban kerja yang sangat spesifik. Couchbase telah secara signifikan mengurangi kesenjangan antara data relasional dan NoSQL dengan merancang platform yang memungkinkan data transaksional dan analitik berbasis JSON berada dalam satu sistem,” kata Carl Olofson, Wakil Presiden Riset Perangkat Lunak Manajemen Data di IDC. “Meskipun Couchbase adalah sistem berbasis NoSQL, rilis 7.1 meningkatkan kemampuannya untuk menyediakan pelanggan dengan database multimodel yang mampu melakukan transaksi dan analitik dengan fleksibilitas, skalabilitas, dan kinerja sekaligus mengurangi biaya penerapan.” 

Analisis Operasional yang Disempurnakan dengan Integrasi Tableau Langsung

Perusahaan modern memerlukan pemrosesan operasional transaksi, interaksi, dan analitik pada data aktif untuk memenuhi tuntutan kecerdasan dan kinerja bisnis global mereka. Konektor Tableau langsung baru memungkinkan analitik operasional di Couchbase, memberikan pendekatan termudah dan paling efektif untuk menganalisis data JSON aktif dalam penyimpanan data operasionalnya, tanpa mengganggu kinerja operasional dan tanpa memindahkan data. Pengguna dapat membuat tampilan tabular menggunakan SQL++, mengembangkan visualisasi di Tableau dan melakukan analisis interaktif yang kaya untuk memperoleh wawasan dari data operasional aktif.

“Mengintegrasikan platform analitik terkemuka Tableau dengan database modern terdepan dari Couchbase akan memberi pelanggan cara mudah untuk melihat dan memahami data mereka,” kata Brian Matsubara, Wakil Presiden Aliansi Teknologi Global di Tableau. “Bersama-sama, kami dapat memberikan visualisasi yang cepat dan mudah dari data Couchbase JSON pelanggan kami menggunakan konektor baru untuk membantu mempermudah akses data perusahaan hampir secara real-time. Pelanggan sekarang dapat membuat tampilan tabel di Couchbase, mengembangkan visualisasi dan dasbor di Tableau dan melakukan analisis interaktif yang kaya untuk mendapatkan lebih banyak wawasan dari analisis operasional.”

Couchbase Server 7.1 tersedia hari ini dan dapat diunduh di sini