Home Laptop/PC Computex 2024: ASUS Republic of Gamers Pamerkan Deretan Inovasi Terbarunya

Computex 2024: ASUS Republic of Gamers Pamerkan Deretan Inovasi Terbarunya

ASUS Republic of Gamers (ROG) mengumumkan berbagai produk baru dan eksklusif yang berorientasi pada kinerja di gelaran Computex 2024. Untuk salah satu ajang terbesar dalam industri komputer ini, ROG menyediakan beragam inovasi gaming terbaru bagi para enthusiast handheld, laptop, dan PC desktop.

Perangkat gaming handheld ROG Ally X yang telah ditunggu-tunggu kehadirannya mendapatkan peningkatan yang signifikan. ROG Ally X terbaru kini dibekali dengan prosesor AMD Ryzen Extreme dan RDNA 3 Graphics untuk memberikan kinerja gaming yang luar biasa. Dengan peningkatan daya tahan baterai dan desain yang ergonomis, Ally X menjamin sesi gaming yang lebih lama sekaligus sangat nyaman saat dipakai bepergian. Sementara itu, laptop gaming ROG Zephyrus G16 terbaru yang ditenagai prosesor AMD tampil mengesankan dengan chassis aluminium premium, panel OLED ROG Nebula Display, dan prosesor AMD Ryzen AI 9 HX 370 yang kencang. Prosesor tersebut mampu menghasilkan lebih dari 50 TOP untuk menghadirkan performa dan tampilan yang luar biasa.

Selain perangkat gaming, ROG memperkenalkan serangkaian periferal terbaru yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman gaming. Keyboard ROG Azoth Extreme menawarkan build quality yang superior dan fitur yang dapat disesuaikan, sedangkan ROG Harpe Ace Extreme memiliki bobot 47g yang sangat ringan dan tahan lama dari struktur carbon fiber composite serta dibekali teknologi terkini untuk memastikan presisi dan kontrol. Selain itu, ROG Archer ErgoAir Backpack terasa nyaman dan stylish bagi para enthusiasts gaming saat sedang bepergian, sehingga memberikan pengalaman dan gaya gaming terbaik kepada para gamer. Dengan berbagai inovasi ini, ROG terus mendorong batasan teknologi gaming untuk menawarkan pengalaman gaming terbaik kepada para gamer, baik di rumah maupun saat bepergian.

ROG juga meluncurkan motherboard Next-Gen ROG Maximus Hero BTF yang mencerminkan komitmen ASUS untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Dirancang dengan pendekatan user-centric, motherboard ini mengusung desain konektor tersembunyi untuk menghadirkan manajemen kabel yang sempurna. Motherboard ini menciptakan standar baru dalam perakitan PC DIY dengan dibekali fitur inovatif berupa mekanisme PCIe® Slot Q-Release Slim. Sejak tanggal 27 Mei hingga 30 Juni 2024 nanti, ASUS menyelenggarakan giveaway hardware PC gaming bertema Ultimate Simplicity. Giveaway ini memberikan kesempatan kepada partisipan untuk memenangkan komponen ekosistem BTF berkualitas tinggi yang didesain dengan kabel tersembunyi untuk menghasilkan rakitan yang sangat rapi. ASUS mengajak para gamer untuk berpartisipasi dalam Giveaway ini.

Pengunjung diperkenankan untuk menjelajahi petualangan yang menyatukan kecerdasan buatan dengan ROG sebagai lambang teknologi gaming. Temukan produk-produk terbaru yang dipamerkan di Computex 2024 dengan mengunjungi stan ASUS dan ROG di Nangang Exhibition Center yang dibuka mulai pukul 9.30 pagi hingga 5.30 sore pada tanggal 4 Juni hingga 7 Juni. Produk yang dipamerkan juga meliputi semua produk yang diluncurkan di acara pers ASUS bertema Always Incredible.

ROG Perkenalkan Perangkat Gaming Canggih dan Periferal Produktivitas

ROG terus mendorong batasan gaming dan produktivitas dengan menghadirkan rangkaian produk inovatif terbaru untuk meningkatkan pengalaman pengguna di berbagai bidang. Dari perangkat input gaming hingga aksesori canggih yang gamer-friendly, ROG membuktikan komitmennya terhadap keunggulan dan kecanggihan teknologi. Di gelaran Computex tahun ini, ROG lebih fokus kepada lini produk periferal. Para gamer dapat menikmati berbagai peningkatan pengalaman gaming mereka dengan beberapa perangkat canggih yang diluncurkan kali ini.

ROG Azoth Extreme:  Keyboard yang ditunggu para gamer

Produk pertama yang menjadi sorotan adalah ROG Azoth Extreme. ROG Azoth Extreme memiliki build quality superior dengan chassis aluminum-alloy dan frame atas berbahan metal yang dibuat secara khusus. Keyboard ini memiliki polling rate 8K yang mengesankan dalam mode wireless dengan Polling Rate Booster, sekaligus daya tahan baterai yang tahan lama hingga lebih dari 1600 jam dengan teknologi ROG SpeedNova. Peningkatan layar sentuh OLED full-color memudahkan pengguna melihat info sistem sekaligus menyesuaikan pengaturan keyboard. Di bagian dalamnya, keyboard premium ini memiliki gasket mount yang dapat disesuaikan, sehingga pengguna dapat mengubah dua sensasi empuk yang lebih disukai melalui switch quick-flip. Untuk meningkatkan pengalaman mengetik, positioning plate berbahan carbon fiber menawarkan bunyi ketik yang nyaman sekaligus mampu meredam getaran keystroke. Di sisi lain, wrist rest berbahan silikon yang diperluas memastikan kenyamanan mengetik dalam waktu yang lama. Azoth Extreme juga dilengkapi dengan switch mekanis ROG NX berpelumas dan busa peredam suara untuk memberikan keystroke yang lebih halus dengan akustik yang lebih baik. Dengan dukungan koneksi tri-mode, pengguna dapat beralih antara mode Bluetooth®, nirkabel RF 2,4 GHz latensi rendah, atau USB berkabel sesuai kebutuhan.

ROG Harpe Ace Extreme: Akurasi terbaik yang meningkatkan gameplay dengan Evolved Pro Potential

Produk selanjutnya adalah mouse gaming ROG Harpe Ace Extreme. Mouse ini dirancang dengan lapisan carbon fiber composite untuk mendapatkan rasio weight-to-strength yang luar biasa, sehingga memberikan daya tahan struktural sekaligus tampilan yang menarik. Desain 47 g yang telah teruji secara profesional memastikan stabilitas dan kontrol maksimum selama sesi gaming yang sengit. Selain itu, sensor optik ROG AimPoint Pro dengan 42.000 dpi menghadirkan kemampuan penelusuran yang sangat presisi. Dengan ROG Optical Micro Switch, pengguna dapat menikmati aktuasi yang tajam dan cepat dengan masa pakai 100 juta klik yang mengesankan. Mouse ini juga mendukung konektivitas tri – mode untuk memberikan fleksibilitas koneksi melalui mode USB kabel, RF 2,4 GHz latensi rendah, dan Bluetooth. Lebih dari itu, mouse ini juga dilengkapi berbagai aksesori, seperti ROG Polling Rate Booster. Perangkat mungil yang sebelumnya dirilis bersama ROG Keris II Ace ini juga telah diperbarui. Kini, ROG Polling Rate Booster mendukung polling rate nirkabel true 8000 Hz untuk memberikan respons nirkabel yang sangat cepat dengan input delay yang minimal. ROG Harpe Ace Extreme juga menyertakan satu set mouse feet dengan Corning® Gorilla® Glass 3 untuk memfasilitasi pengguna yang mengutamakan gerakan cepat tetapi tetap mempertahankan kontrol yang superior di atas cloth pad. Aksesori lain yang ditawarkan bersama mouse ini yaitu, grip tape anti selip, kit pembersih, dan stand layar.

Headset ROG Delta II: Performa audio dan gaming memukau untuk pengalaman yang begitu imersif

ROG percaya bahwa gaming yang imersif tidak dapat terwujud tanpa audio yang jernih. Oleh karena itu, headset  ROG Delta II  menawarkan konektivitas tri-mode agar pengguna dapat terhubung melalui Bluetooth, nirkabel 2,4 GHz latensi ultra-rendah melalui teknologi ROG SpeedNova, serta koneksi analog berkabel 3,5 mm. Headset ini juga dibekali dengan fitur Audio DualFlow yang menghadirkan pemutaran audio dan percakapan secara bersamaan dari dua perangkat nirkabel 2.4 dan Bluetooth yang terhubung. Sementara itu, driver diafragma berlapis titanium berukuran 50 mm dan peningkatan sound signature nirkabel menghadirkan suara yang seimbang, otentik, dan detail saat bermain game dan mendengarkan musik. Para gamer dapat melakukan percakapan yang detail dan jernih saat momen intens melalui mikrofon super-wideband 10 mm, sekaligus menikmati sesi gaming yang lebih lama dengan daya tahan baterai hingga 110 jam.

ROG Destrier Core Chair dan Archer ErgoAir Backpack: Gaming penuh gaya dan nyaman dengan dukungan aksesori terbaik

ROG menawarkan berbagai aksesori inovatif, salah satunya ROG Destrier Core Ergo Gaming Chair. Sebagai versi ringkas dari ROG Destrier Ergo Gaming Chair, kursi ini mengadopsi desain ikonik ala cyborg dengan kemampuan penyesuaian yang optimal untuk memberikan dukungan dan kenyamanan yang maksimal. Lebih dari itu, kursi ini dilengkapi mode khusus yang mampu meninggikan dan memutar sandaran lengan hingga 360 untuk mendapatkan posisi gaming seluler yang ideal.  Terbuat dari bahan yang kokoh dan berpori seperti polyamide nylon dan breathable mesh, ROG Destrier Core memberikan sandaran yang nyaman dan mudah selama sesi bermain game yang lama.

Sebagai pelengkap, ROG juga merilis ROG Archer ErgoAir Gaming Backpack yang dibekali backrest berbahan busa empuk dan desain modular dengan tambahan kantung untuk penyimpanan dan tali pengikat untuk alternatif mode pemakaian. Dengan kapasitas 40 liter dan tempat laptop khusus, backpack ini menawarkan penyimpanan yang aman untuk semua perangkat gaming, termasuk laptop ROG Strix G18. Walaupun memiliki banyak ruang penyimpanan, backpack ini lebih ringan dan lebih ringkas dibandingkan versi sebelumnya. Dibuat dari bahan nilon 200D yang ringan, backpack ini menghadirkan daya tahan dan fleksibilitas untuk para enthusiast gaming yang sedang bepergian.

Charger ROG 140W USB – C GaN: Charger Multifungsi yang diluncurkan bersama ROG Ally X

Perangkat lain yang diperkenalkan di Computex adalah ROG 140W USB-C GaN Charger, sebuah powerhouse inovatif dalam bentuk yang ringkas. Charger canggih ini akan diluncurkan bersama ROG Ally X dan akan dijual secara terpisah untuk para gamer yang ingin meningkatkan kemampuan pengisian daya perangkat portabel mereka.

Dengan menggunakan teknologi gallium-nitride (GaN), charger ini menghadirkan performa yang mumpuni dalam ukuran yang kecil. Charger juga dilengkapi dengan tiga port type-C dan satu port type-A yang mendukung hingga 140 W agar dapat digunakan di berbagai perangkat. Charger ini menawarkan kemampuan universal fast charging dengan kompatibilitas PD3.1 / QC4.0 / PD PPS untuk memastikan pengisian daya yang efisien di semua gadget pengguna. Charger ini dapat dipakai untuk mengisi empat perangkat sekaligus, mulai dari laptop hingga smartphone dan earbud nirkabel. Selain itu, desainnya yang portabel membuat charger ini cocok digunakan di mana pun. ROG 140W USB – C GaN dapat kompatibel dengan berbagai perangkat ROG, seperti ROG Ally, laptop ROG, dan ROG Phone, sehingga tidak heran jika charger ini merupakan aksesori terbaik bagi para gamer dan enthusiasts teknologi.

Router gaming ROG RApture GT-BE19000 wifi 7: Konektivitas terbaru untuk Jaringan PC AI

Salah satu produk unggulan yang dapat dilihat pengunjung di stan ROG tahun ini adalah router gaming ROG Rapture GT-BE19000. Perangkat elegan ini memberikan performa WiFi 7 laiknya jaringan berkabel dengan kecepatan hingga 19 Gbps untuk komputasi AI berbasis cloud, game, dan streaming. Router ini mendukung AFC (Automatic Frequency Coordination)[i] pada perangkat nirkabel agar dapat memberikan daya transmisi puncak hingga 63 kali lebih kuat dibandingkan Low Power Indoors (LPI). AFC (Automatic Frequency Coordination) ini membuat WiFi 6 GHz menjadi lebih kuat.

Router ini dibekali teknologi ASUS Smart AiMesh berbasis AI untuk meningkatkan Multi-Link Operation WiFi 7 agar menghasilkan latensi rendah yang optimal serta transmisi yang efisien. Router ini juga dilengkapi dengan dual port 10 Gbps dan quad port 2,5 Gbps yang dapat mendukung game dengan bandwidth yang besar. Port USB WAN yang dihadirkan mendukung jaringan seluler 4G LTE dan 5G untuk mempermudah backup WAN, sedangkan fitur deteksi AI WAN membuat router dapat mendeteksi input WAN lalu mengkonfigurasinya secara otomatis untuk pengaturan yang lebih cerdas. Gaming Network inovatif yang terintegrasi ke dalam fitur Guest Network Pro memadukan semua fitur gaming ke dalam satu SSID. Teknologi tersebut menghadirkan pengalaman gaming yang luar biasa dengan triple-level game acceleration di semua perangkat yang terhubung. GT-BE19000 memproteksi jaringan para gamer dari ancaman online dengan fitur AiProtection Pro kelas komersial yang didukung oleh Trend Micro™. Fitur tersebut menyuguhkan pemindaian keamanan sekali sentuh dan Safe Browsing serta menawarkan fitur VPN komprehensif yang mendukung berbagai protokol dan site-to-site VPN.

Di stan ROG, ASUS dan Intel juga bekerja sama menunjukkan performa terbaik WiFi 7 untuk menampilkan latensi rendah yang optimal selama cloud gaming. Untuk keperluan ini, keduanya menciptakan zona khusus berisi adaptor WiFi 7 Intel dan GT-BE19000.

ROG meningkatkan pengalaman DIY dengan solusi motherboard yang tangguh

Di stan ROG Computex, ASUS memperlihatkan motherboard Next-Gen ROG Maximus Hero BTF dengan dukungan Arrow Lake yang akan hadir pada semester kedua tahun 2024. ASUS juga memamerkan ROG Minimal Tubing AIO Cooler yang kompatibel dengan BTF Solution. AIO Cooler tersebut memiliki saluran pipa yang lebih pendek dengan layar AMOLED fleksibel berukuran 6,67 inci untuk menghadirkan desain internal yang lebih rapi dan ramping agar terlihat memukau.

Motherboard Next-Gen ROG Maximus Hero BTF dengan dukungan Arrow Lake tersedia mulai semester kedua tahun 2024

Dengan komitmen pada pendekatan user-centric, ASUS telah menghadirkan produk dan solusi Back-To-the-Future (BTF) di tahun 2023. Dirancang dengan pendekatan tersebut, motherboard Next-Gen ROG Maximus Hero BTF dengan dukungan Arrow Lake yang dipamerkan di Computex merupakan konsep static demo. Peluncuran Next-Gen ROG Maximus Hero BTF ini merupakan wujud komitmen ROG terhadap manajemen kabel yang lebih rapi dan tampilan yang minimalis. Desain konektor tersembunyi pada motherboard ini menyamarkan konektor di bawah motherboard untuk menyuguhkan manajemen kabel yang mudah bagi para enthusiast DIY. Motherboard ini juga dilengkapi slot kartu grafis berdaya tinggi yang kompatibel dengan gold finger kartu grafis berdaya tinggi (GC-HPWR) pada kartu grafis ASUS BTF. Slot kartu grafis berdaya tinggi tersebut menyalurkan daya hingga 600 watt melalui motherboard. Di sisi lain, mekanisme PCIe Slot Q-Release Slim menyederhanakan proses peningkatan dan pemeliharaan tanpa menggunakan kait atau tombol yang sulit. Pengguna dapat melepaskan kartu grafis dari slot secara mudah dengan cara memiringkannya ke arah mekanisme penguncian. Desain inovatif dan kompatibilitas terhadap prosesor Intel generasi terbaru membuat motherboard Next-Gen ROG Maximus Hero BTF menjadi standar baru untuk perakitan PC DIY. Kini, pengguna dapat merakit sistem yang ramping dan berkinerja tinggi dengan mudah.

Di stan di Computex 2024, ROG juga memamerkan versi concept demo dari ASUS AI BuildNavigator, sebuah tool terbaru berbasis AI yang menyediakan panduan dalam merakit perangkat.

Next-Level ROG Strix LC III AIO Cooler Series: Pendingin Tangguh dalam paket premium

Lini produk ROG Strix LC III Series AIO Cooler menawarkan dua versi produk ARGB yang berbeda selain dari model non-ARGB. Dua produk tersebut yaitu ROG Strix LC III ARGB dan  Strix LC III ARGB LCD. Jika varian ARGB menonjolkan logo bercahaya pada penutup anti airnya, model LCD menawarkan penyesuaian panel yang mampu menampilkan berbagai metrik sistem dan visual untuk menghadirkan pengalaman canggih dan premium. Pengguna memiliki keleluasaan untuk mempersonalisasi konten yang ditampilkan sesuai keinginan masing-masing melalui aplikasi Armoury Crate.

ROG Strix LC III ARGB Series dilengkapi logo ROG yang dapat diputar 360°, 10 efek pencahayaan Aura, kipas ARGB premium, serta sleeved tubing yang kokoh untuk memastikan performa dan daya tahan pendinginan yang optimal. ROG Strix LC III ARGB Series ini terdiri dari STRIX LC III 360 dan 240 dengan opsi warna hitam dan putih. Pendingin ini juga menggunakan cold plate Asetek terbaru dan pompa Gen7 V2 agar semakin meningkatkan efisiensi pendinginan.

Di sisi lain, ROG Strix LC III ARGB LCD Series meningkatkan pengalaman pengguna dengan layar IPS LCD 2,1 inci yang mampu menampilkan statistik sistem, custom art, atau jam. ROG Strix LC III ARGB LCD Series menawarkan STRIX LC III 360 ARGB LCD dengan pilihan warna hitam dan putih. Berfokus pada kinerja dan tampilan, seri ini menawarkan beragam fitur canggih seperti pompa Asetek Gen7 V2 dan kipas ARGB premium yang dapat mendukung motherboard ROG dengan mudah.

Di stan ROG, ROG AIO Cooler ditampilkan di samping Asetek AI-Optimized Cold Plate yang dibuat menggunakan teknologi manufaktur terbaru dan inovatif untuk menghadirkan performa pendinginan yang lebih baik. Fitur ini akan diintegrasikan ke dalam ASUS AIO Cooler di masa mendatang. Dengan performa terdepan di industri, pendingin ini bekerja optimal untuk CPU Intel Core Ultra mendatang. Teknik manufaktur yang inovatif juga memudahkan pembuatan struktur kompleks di area vital yang tidak mungkin dilakukan menggunakan metode tradisional, sehingga memastikan pembuangan panas yang efisien

Solusi daya ROG hadir untuk meningkatkan gaming Anda

Cara baru untuk meningkatkan daya dengan Power Supply Units (PSU) ROG Terbaru

Di gelaran Computex 2024, ROG juga memamerkan tiga teknologi daya terbaru. Pertama adalah power supply ROG Thor III. Sebagai generasi terbaru dari seri Thor yang legendaris, jajaran PSU tangguh ini dibekali dengan MOSFET gallium nitride yang memberikan efisiensi daya maksimal sekaligus memberikan tata letak internal yang sederhana untuk pengoperasian yang lebih dingin.

Berbagai peningkatan penting membuat PSU ini ideal digunakan dengan hardware generasi terbaru. Dengan standar ATX 3.1 terbaru, PSU ini memastikan peningkatan pengaturan tegangan dan arus listrik agar kompatibel dengan hardware PCIe 5.0. Selain itu, intelligent voltage stabilizer pada PSU ini menggunakan GPU voltage sensor untuk memastikan pengiriman daya yang stabil ke kartu grafis. Fitur ini mencegah clock drop agar menghadirkan performa konsisten dan gameplay yang lebih lancar. PSU ini juga dibekali Mode Turbo yang menyediakan performa pendinginan maksimum ketika dibutuhkan, sehingga pengguna mendapatkan performa optimal saat overclocking atau menjalankan beban kerja yang berat.

ROG Thor III bahkan mendapatkan peningkatan pada layar OLED yang memberikan informasi tentang penggunaan daya sistem secara real-time. Terpasang secara magnetis di sisi PSU, layar ini dapat disesuaikan letak dan orientasinya agar dapat terlihat secara ideal.

Produk unggulan lainnya adalah power supply ROG Strix Platinum Series. Power supply ini menghadirkan performa terbaik kepada para gamer saat menjalani sesi gaming yang panjang. Seperti Thor III, PSU ini dilengkapi dengan MOSFET gallium nitrida dan intelligent voltage stabilizer. Dengan standar ATX 3.1 dan dukungan konektor 12V-2×6, PSU ini memastikan gaming di malam hari tidak akan berakhir. Dengan stiker yang disertakan, pengguna juga dapat menyesuaikan Strix Platinum Series dengan warna dan gaya yang paling cocok dengan rakitan.

ROG Mjolnir: UPS ROG hadirkan performa maksimal dalam game Anda

ROG juga memamerkan ROG Mjolnir, sebuah UPS portabel yang terinspirasi dari nama palu Thor. PSU ini menggunakan baterai llithium-iron phosphate yang tahan lama dengan total kapasitas 768 Wh untuk mendukung gaming selama 1 jam pada sistem RTX 4080. Mjolnir menyediakan daya cadangan yang andal dan tahan lama untuk sistem Anda, bahkan saat terjadi pemadaman listrik. PSU ini juga menyediakan beberapa opsi output, seperti pengisian cepat USB Type-C 100 W dan pengisian daya nirkabel Qi 2.0 dengan kompatibilitas MagSafe. ROG Mjolnir mendukung petualangan para gamer di mana pun karena telah kompatibel dengan panel surya sehingga kegembiraan tersebut tidak berakhir. Dengan dukungan pengisian daya melalui tenaga surya, PSU Mjolnir adalah pendamping yang sempurna untuk menemani gaming saat berkemah, sekaligus untuk LAN party dan kreasi konten.


[i]Band 6 GHz yang didukung AFC bisa saja tidak tersedia di beberapa wilayah/negara karena adanya pembatasan peraturan..