Home Cloud & Services Cloudera Berkolaborasi Strategis dengan AWS: Transformasi Data untuk Enterprise Generative AI

Cloudera Berkolaborasi Strategis dengan AWS: Transformasi Data untuk Enterprise Generative AI

Cloudera, perusahaan data yang terkenal dalam dunia enterprise AI, telah mengumumkan penandatanganan Perjanjian Kolaborasi Strategis dengan Amazon Web Services, Inc (AWS). Ini adalah langkah signifikan yang memperkuat hubungan mereka dengan AWS, menegaskan komitmen untuk mempercepat dan meningkatkan manajemen data cloud native serta analitik data di platform AWS. Kolaborasi ini akan membantu Cloudera memanfaatkan layanan AWS untuk menghadirkan inovasi berkelanjutan dan menawarkan solusi dengan biaya yang lebih terjangkau melalui Cloudera open data lakehouse di AWS, khususnya untuk pengembangan enterprise generative AI yang terpercaya.

Sebagai Independent Software Vendor (ISV) yang aktif berpartisipasi dalam AWS Workload Migration Program (WMP) Partner, serta dengan keberadaan layanan Public Cloud Cloudera Data Platform (CDP) di AWS Marketplace, Cloudera memudahkan pelanggan untuk memanfaatkan kredit mereka guna mempercepat migrasi beban kerja ke cloud dan membeli CDP di AWS.

Cloudera, dengan fokus pada pengembangan open data lakehouse yang sangat dioptimalkan, telah memilih AWS sebagai platform untuk menjalankan komponen-komponen paling penting dari CDP. Ini mencakup pengelolaan data yang bergerak (data in motion), data lake house, data warehouse, basis data operasional, kecerdasan buatan/machine learning, manajemen data utama, dan keamanan end-to-end. Ini memberikan pelanggan kemampuan untuk beralih ke CDP di cloud dengan lebih cepat tanpa perlu melakukan refactoring aplikasi mereka, sekaligus mendukung penerapan model hybrid. Lebih lanjut, Cloudera telah merancang CDP agar dapat berintegrasi secara langsung dengan layanan AWS, termasuk Amazon Simple Storage Service (Amazon S3), Amazon Elastic Kubernetes Service (Amazon EKS), Amazon Relational Database Service (Amazon RDS), dan Amazon Elastic Compute Cloud (Amazon EC2). Ini menciptakan sebuah platform yang sangat terintegrasi, yang dapat membantu mengurangi biaya dan memanfaatkan inovasi terbaru dari AWS, semua tanpa perlu melakukan integrasi secara manual.

Paul Codding, Executive Vice President of Product Management, Cloudera, berkata, “Melalui kolaborasi yang semakin dalam dengan AWS, pelanggan akan memiliki lebih banyak alasan untuk menjalankan Cloudera Data Platform di AWS. Dengan integrasi hardware dan layanan AWS yang semakin erat, pelanggan akan mendapatkan pengalaman terbaik dengan keamanan dan tata kelola yang kuat, serta pilihan pengurangan biaya untuk mendukung beban kerja analitik yang krusial bagi mereka. Bersama-sama, Cloudera dan AWS memberikan perangkat yang diperlukan untuk membangun dan menjalankan aplikasi data dalam perusahaan sesuai dengan kebutuhan bisnis yang unik dan selalu berubah.”

David Wroe, Principal Software Engineer & Solution Architect untuk Be the Match, sebuah organisasi global yang berfokus pada upaya penyelamatan jiwa melalui terapi sel, berkata, “Perpindahan kami ke CDP Public Cloud di AWS untuk platform ‘Be the Match’ telah menghasilkan penghematan biaya yang signifikan bagi perusahaan dan mengurangi biaya pemeliharaan infrastruktur hingga jutaan dolar. Sebagai organisasi nirlaba, hal ini memberikan fleksibilitas operasional yang luar biasa yang sebelumnya mustahil.”

AWS akan bekerja sama dengan Cloudera untuk mengembangkan manajemen data cloud native dan analitik data di platform AWS. Selain itu, keduanya juga akan menjalankan program pemasaran dan penjualan bersama untuk keuntungan pelanggan.

Cloudera telah menjadi Mitra AWS yang tepercaya dalam hal manajemen data cloud native dan analitik data selama bertahun-tahun, terus berinovasi untuk memberikan pengalaman pengguna yang mulus bagi para pelanggan.

Chris Grusz, General Manager, Technology Partnerships and Marketplace di AWS, menyatakan, “Cloudera telah memperkuat kolaborasinya dengan AWS untuk pelanggan bersama, sehingga pelanggan dapat memaksimalkan investasi mereka di CDP dan mempercepat modernisasi mereka ke cloud. Cloudera terus berinovasi di AWS di seluruh platform manajemen datanya untuk memberikan data analitik dan wawasan yang nyata bagi para pelanggan.”