Pada WebexOne, Cisco (NASDAQ: CSCO) telah mengumumkan strategi baru yang melibatkan kecerdasan buatan (AI) untuk Webex, yang bertujuan untuk meningkatkan komunikasi dan kolaborasi. Berbeda dengan solusi AI lainnya yang hanya berfokus pada teks atau dokumen, Webex akan memanfaatkan AI dalam komunikasi real-time melalui audio dan video untuk mengatasi tantangan sehari-hari, seperti memastikan kualitas panggilan dan rapat audio dan video yang sebening kristal, bahkan dalam kondisi bandwidth yang rendah.
Pada hari ini, Cisco juga merilis Webex AI Assistant terbaru dengan kemampuan yang akan meningkatkan produktivitas dan akurasi bagi pelanggan. Strategi Webex AI dan Webex AI Assistant ini akan diterapkan di seluruh portofolio Webex, termasuk Webex Suite, perangkat Cisco Collaboration, Webex Contact Center, Webex Connect, dan Webex Control Hub. Pelanggan seperti McLaren Racing dan Team DSM saat ini sedang menguji kemampuan AI terbaru dari Webex ini.
Jeetu Patel, Executive Vice President dan General Manager Cisco Security and Collaboration, mengatakan, “Kita berada di titik yang krusial di era baru hybrid working, di mana AI memainkan peranan penting dalam membantu kita menjembatani kesenjangan dan memungkinkan kita semua bekerja dan berkomunikasi secara maksimal. Platform Webex telah memungkinkan kami mencapai kemajuan yang pesat dalam inovasi. Pengumuman hari ini merupakan sebuah langkah maju yang monumental, di mana para pelanggan akan mendapatkan manfaat dari AI yang mendalam di setiap aspek platform Webex.”
Mengenalkan Model Media Real-Time
Webex menggandeng Cisco untuk memperkenalkan Real-Time Media Models (RMM) terbaru yang ditanamkan di dalam platform Webex. Model ini meningkatkan kualitas audio dan video dengan mengambil sinyal dari berbagai media stream, termasuk pengenalan orang dan objek serta analisis gerakan dan gestur. RMM di Webex juga memungkinkan channel audio dan video digunakan sebagai sinyal konteks dalam kemampuan text-based tradisional, seperti ringkasan dan sorotan dalam rapat. Dengan menggabungkan AI untuk teks, audio, dan video, pengguna Webex dapat memperoleh wawasan real-time yang sangat kaya, seperti kemampuan mengenali peserta rapat yang keluar dan membuat catatan rapat untuk mereka.
Webex AI Codec Membantu Pelanggan Mencapai Kualitas Audio & Video yang Lebih Baik
Cisco memahami bahwa gangguan jaringan seringkali dapat mempengaruhi kualitas panggilan dan rapat. Untuk mengatasi masalah ini, Cisco meluncurkan Webex AI Codec, solusi AI generatif yang memungkinkan audio sebening kristal terlepas dari kondisi jaringan yang tidak ideal. Dengan AI Codec, Webex dapat menghadirkan audio yang jernih bahkan di area dengan konektivitas yang buruk. Selain itu, AI Codec memiliki berbagai fitur peningkatan seperti penghilang kebisingan dan perluasan bandwidth untuk menghasilkan audio yang luar biasa. Webex juga akan menerapkan teknik machine learning untuk meningkatkan kualitas video melalui fitur Super Resolution, yang menghadirkan rapat dalam resolusi high definition (HD) dengan kualitas video yang optimal, bahkan dalam kondisi bandwidth yang terbatas.
Webex AI Assistant Membantu Pekerja dan Pelanggan
Webex AI Assistant yang baru diluncurkan akan menyediakan serangkaian kemampuan canggih yang akan membantu pengguna dalam pekerjaan mereka. AI Assistant ini akan mengurangi pekerjaan dan biaya IT, sehingga meningkatkan nilai bisnis. Pengguna dapat mengajukan pertanyaan kepada AI Assistant, seperti “tanyakan pada saya tentang rapat,” dan mendapatkan jawaban real-time. AI Assistant akan terintegrasi dengan perangkat Cisco Collaboration dan portofolio Webex, dan menyediakan fitur seperti perubahan tone pesan, respons untuk agen contact center, ringkasan pertemuan, ringkasan pesan, dan ringkasan topik Slido.
Pendekatan Webex untuk Kecerdasan Buatan yang Bertanggung Jawab
Cisco telah berinvestasi dalam kecerdasan buatan dengan memperhatikan keamanan, privasi, dan hak asasi manusia sejak awal. Mewujudkan janji AI yang bertanggung jawab merupakan bagian dari Responsible AI Framework dari Cisco, yang diterapkan pada penawaran AI mereka. Strategi Webex AI dan Webex AI Assistant dijamin aman dan sesuai dengan kerangka kerja Responsible AI Cisco.
Dengan pengenalan strategi AI baru ini, Webex siap untuk membantu pelanggan meningkatkan komunikasi dan kolaborasi mereka melalui pemanfaatan kecerdasan buatan dalam berbagai aspek platform Webex.