Home Compare Benchmark: AMD Ryzen 9 5980HS Cezanne Kalahkan Intel Tiger Lake

Benchmark: AMD Ryzen 9 5980HS Cezanne Kalahkan Intel Tiger Lake

Hasil benchmark independen pertama yang diduga prosesor AMD Ryzen 9 5980HS “Cezanne” telah muncul. Chip berarsitekstur Zen 3 dan menggunakan grafis Radeon terintegrasi ini telah mengalahkan Intel 10th Gen Comet Lake dalam uji beban kerja single-core dan multi-core, serta mengalahkan intel 11th Gen Tiger Lake dalam pengujian single-core.

Antusias teknologi @Tum_Apisak menemukan dua hasil Geekbench 5 dari Asus ROG Flow X13. Notebook gaming ini menjalankan delapan inti Ryzen 9 5980HS pada kecepatan clock default 3,30 GHz dan meningkatkannya hingga 4,53 GHz. AMD Cezanne APU mampu mencapai skor 1,532 pada pengujian inti tunggal dan skor 8,219 untuk pengujian multi-inti. Dalam skema lain, prosesor ini mencapai skor 1.541 untuk inti tunggal dan 8.224 untuk inti ganda.

Tampaknya, Cezanne memiliki performa lebih bagus bagus dibandingkan dengan arsitektur AMD dan Intel generasi sebelumnya. Perbandingan paling menarik yang dapat kita buat dengan Zen 3 APU adalah dengan prosesor Intel Willow Cove.

Karena Intel belum meluncurkan chip Tiger Lake-H delapan inti, prosesor “Tiger Lake-U” seri Core i7 1100 adalah satu-satunya CPU yang tersedia yang menampilkan mikroarsitektur Willow Cove. CPU ini tidak dimaksudkan untuk mesin game dan oleh karena itu, digunakan di notebook dengan sistem pendingin yang lebih sederhana.

Secara umum, komputer berbasis Intel Core i7-1185G7 mendapatkan skor 1.350-1450 untuk pengujian inti tunggal di Geekbench 5. Dengan sistem pendingin yang lebih baik, angkanya bisa meninggi, 1.550 pada pengujian single core dan sekitar 5.600 pada pengujian multi-core.

Oleh karena itu, sepertinya CPU mobile yang menampilkan inti AMD Zen 3 dan Intel Willow Cove memiliki kinerja inti tunggal yang setara (dengan asumsi keduanya memiliki sistem pendingin yang memadai). Secara alami, APU game delapan inti AMD mengalahkan CPU quad-core Intel dalam beban kerja yang memanfaatkan banyak inti.