Home Cloud & Services Akamai Umumkan Kehadiran 7 Core Compute Regions Baru di Asia, Eropa, Amerika Utara,...

Akamai Umumkan Kehadiran 7 Core Compute Regions Baru di Asia, Eropa, Amerika Utara, dan Amerika Latin

Akamai Technologies (NASDAQ: AKAM), perusahaan cloud yang mendukung dan melindungi kehidupan online, hari ini mengumumkan tujuh core compute region baru di Eropa, Asia, Amerika Utara, dan Amerika Latin. Lokasi di Amsterdam, Belanda; Jakarta, Indonesia; Los Angeles, California; Miami, Florida; Milan, Italia; Osaka, Jepang; dan São Paulo, Brasil, merupakan instalasi core compute region baru Akamai yang ketiga sejak akuisisi Linode tahun lalu. Ini merupakan langkah penting yang didorong Akamai dalam upaya mendefinisikan ulang bagaimana cloud bekerja.

Core compute region baru Akamai di São Paulo dan Miami memudahkan perusahaan menjalankan bisnis mereka di Amerika Latin. Dengan dua regions baru tersebut, Akamai kini tampil sebagai kompetitor menarik di pasar yang selama ini didominasi oleh penyedia hyperscale yang lebih besar. Masuknya Akamai ke São Paulo memungkinkan pelanggan menjalankan workloads di salah satu kota dan negara paling padat penduduk di bumi bagian selatan. Dengan begitu, segala hambatan ekonomi maupun kinerja akibat workloads yang harus transit melintasi benua dapat teratasi. São Paulo dan Miami adalah perwujudan dari upaya Akamai dalam membangun core compute region di pasar yang sulit diakses di seluruh dunia sehingga mereka dapat terhubung melalui jaringan backbone dasar yang sama, yang mendukung jaringan edge miliknya saat ini, yang telah tersebar luas di lebih dari 4.100 PoP edge di 131 negara.

Akamai mengubah pendekatan perusahaan terhadap arsitektur cloud, dengan menekankan desain yang lebih terdistribusi dan terdesentralisasi, memiliki latensi rendah, dan dapat diskalakan secara global. Layanan komputasi cloud Akamai cocok untuk workloads dengan kinerja lebih tinggi yang perlu beroperasi lebih dekat dengan pengguna akhir, seperti yang sering ditemukan dalam aplikasi media streaming, game, dan niaga-elektronik. Layanan ini merupakan bagian dari Akamai Connected Cloud, platform edge dan cloud yang terdistribusi luas untuk komputasi cloud, keamanan, dan pengiriman konten yang mendekatkan aplikasi dan pengalaman, serta menjauhkan dari ancaman.

“Kebutuhan perusahaan untuk menyediakan pengalaman pengguna yang lebih baik mengekspos keterbatasan yang dimiliki model cloud lama dan terpusat,” ujar Adam Karon, Chief Operating Officer dan General Manager, Cloud Technology Group, Akamai. “Kami mengatasi tantangan yang dialami konsumen itu dengan membalik skrip. Dengan Akamai Connected Cloud, kami melakukan pendekatan dari luar ke dalam yang mengutamakan distribusi, yang dibangun di atas komitmen terhadap teknologi asli cloud dan jaringan yang sama yang telah diandalkan banyak perusahaan raksasa dunia selama lebih dari dua dekade. Ini adalah pendekatan yang berfokus pada masa depan di mana skala sama pentingnya dengan ukuran jaringan dan pusat data.”

Tujuh Core Compute Regions Global Baru

Core compute region strategis terbaru akan mulai beroperasi dan tersedia bagi pelanggan pada bulan September dan Oktober. Core compute region baru itu memperluas jaringan komputasi cloud Akamai ke titik koneksi intensif data utama agar pelanggan dapat menghadirkan konektivitas serta pengalaman yang lebih baik bagi pengguna akhir. 

  • Region baru Akamai di Amsterdam adalah rumah bagi titik pertukaran internet terbesar kedua di dunia. Bersama region Stockholm yang baru-baru ini diluncurkan oleh Akamai, pelanggan di Eropa Barat Laut kini dapat merasakan dukungan konektivitas cloud yang jauh lebih baik.
  • Region yang ada di Jakarta berlokasi di jantung sebuah negara yang kini tengah merasakan pesatnya pertumbuhan ekonomi digital. Jumlah pengguna internet di Indonesia diperkirakan akan mengalami peningkatan sebesar 36 juta pada 2028.
  • Core compute region baru Akamai di Los Angeles, pasar media dan hiburan global nomor wahid, dibangun untuk memperluas layanan kokoh perusahaan di industri yang selama bertahun-tahun telah meningkatkan keahlian dan basis pelanggan perusahaan yang dalam.
  • Core compute region perusahaan yang berbasis di Miami memungkinkan mereka melayani pelanggan yang menjalankan bisnis di Amerika Latin dengan lebih baik, menghadirkan konektivitas terdistribusi Akamai ke hub bisnis yang berkembang pesat, yang telah mengalami ledakan talenta teknologi dan investasi modal ventura.
  • Kehadiran Akamai di Milan adalah fondasi pertama di kota terbesar kedua Italia tersebut. Pasar layanan cloud di Italia tumbuh 250% dari tahun 2015 hingga 2022. Selain melayani pelanggan di Eropa, lokasi ini juga akan mendukung pelanggan di Timur Tengah.
  • Region baru perusahaan di Osaka akan menghubungkan 125 juta populasi Jepang ke backbone Akamai yang dapat diskalakan secara besar-besaran. Jepang menempati urutan ke delapan di dunia sebagai negara dengan populasi digital terbesar. 
  • Amerika Latin merupakan salah satu wilayah dengan populasi digital terbesar yang paling sulit dijangkau, dan São Paulo adalah core compute region pertama Akamai di kawasan tersebut, dengan konektivitas tambahan yang telah direncanakan akhir tahun ini.

Dalam 90 hari terakhir, Akamai telah membuka 13 core compute regions baru. Regions yang diumumkan hari ini melengkapi lokasi yang telah ada di Atlanta, Dallas, Fremont, Newark, Toronto, Frankfurt, London, Mumbai, Singapore, Sydney, dan Tokyo, serta regions yang baru-baru ini diumumkan di Chicago, Washington, DC, Paris, Stockholm, Seattle, dan Chennai. Akamai berencana meluncurkan lebih banyak core compute region global pada tahun ini.