XL Axiata melalui XL Axiata Business Solutions telah mengembangkan solusi Internet of Things (IoT) “Wearable Device” untuk mengukur kondisi kebugaran seseorang. Solusi IoT dipilih karena mampu memberikan visibilitas secara real-time di mana pun dan kapan pun tanpa batasan jarak dan waktu.
Untuk penggunaan layanan ini lebih lanjut, XL Axiata menjalin kerja sama dengan Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre (RS MMC). Penandatanganan kerjasama kedua pihak dilakukan oleh Chief of Enterprise & SME Officer XL Axiata, Feby Sallyanto, dan CEO Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre, Dr. Roswin Rosnim Djaafar, MARS, di Jakarta, Jumat (12/11).
Feby Sallyanto mengatakan, “Komitmen untuk terus menghadirkan beragam solusi IoT untuk seluruh sektor industri terus kami lakukan, termasuk juga untuk menjalin kerjasama dengan industri teknologi kesehatan. XL Axiata Wearable Device ini bisa menjadi perangkat cerdas yang akan membantu RS MMC mengukur kondisi pengguna secara cepat dan tepat.”
XL Axiata Wearable Device merupakan perangkat yang mengukur kondisi kebugaran tubuh seperti detak jantung, EKG, pola pernafasan, suhu tubuh, langkah, dan kalori pada saat yang bersamaan. Semua sinyal tersebut secara terus menerus dan instan diukur kemudian dianalisa dengan platform terintegrasi IoT XL Axiata, sehingga dapat memberikan report analisa kebugaran penggunanya dari waktu ke waktu.
Kelebihan lainnya dari perangkat XL Axiata Wearable Device ini adalah adanya notifikasi yang dapat diatur untuk memberikan peringatan apabila ada perubahan tertentu yang terjadi. Perangkat canggih ini akan sangat membantu dan memudahkan pengguna yang ingin memperbaiki kebugarannya atau pun untuk deteksi dini masalah jantung dan pernapasan.
Dr. Roswin Rosnim Djaafar, MARS, mengatakan, “Kami di RS MMC selalu berusaha untuk menghadirkan value tambahan bagi seluruh pasien, yaitu salah satunya dengan solusi Internet of Things (Iot) yang saat ini sudah tersedia, bekeja sama dengan XL Axiata Business Solutions. Dengan adanya perangkat IoT Wearable Device atau Smart Healthcare di Wellness Centre RS MMC, diharapkan pasien akan lebih peduli pada kondisi tubuhnya masing-masing karena saat ini sudah dapat mengukurnya secara realtime. Dengan demikian, saat ini para pasien di Wellness Centre dapat rekondisi tubuh, meningkatkan kebugaran, serta meningkatkan derajat kesehatan.”
Dr. Roswin menambahkan, selaras dengan motto utama RS MMC yaitu mengutamakan mutu dan pelayanan yang berfokus pada pasien, kerjasama pengembangan solusi Internet of Things (IoT) bersama XL Axiata Business Solutions ini diharapkan bisa memberikan pelayanan dan pengalaman kepada para pasien secara lebih komprehensif.
Pasien nantinya akan merasakan pelayanan yang lebih lengkap bukan hanya dilengkapi fitur Smart Healthcare yang dapat mengukur dan mendeteksi kebugaran pasien, namun juga pendampingan langsung oleh dokter spesialis RS MMC.
Perangkat Smart Healthcare ini akan hadir pada Wellness Centre RS MMC, yang merupakan layanan baru. Selanjutnya perangkat cerdas ini akan digunakan oleh tim Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga saat mengontrol dan melakukan rekondisi pada pasien. Berbeda dengan pusat kebugaran pada umumnya, selain tersedia fasilitas yang serupa dengan gym dan outdoor jogging track, Wellness Centre disertai pula dengan pendampingan dan pemantauan langsung oleh tim Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga.
Terkait keberlanjutan kolaborasi antara XL Axiata Business Solutions dengan RS MMC, menurut Feby, tidak hanya pada penyediaan solusi XL Axiata Wearable Device untuk pusat kebugaran, namun juga bagi layanan lainnya. Menurutnya, RS MMC adalah pelanggan korporat yang telah menerapkan beberapa solusi ICT lain dari XL Axiata Business Solutions untuk mendukung operasional. Antara lain konektivitas layanan internet dedicated corporate dan access point, serta komunikasi bisnis.
“Ke depan, kami berharap akan bisa terus mengembangkan solusi berbasis IoT untuk sektor teknologi kesehatan serta memperkaya insight yang didapat. Kami akan memperluas kerjasama dengan sejumlah pusat kesehatan dan juga pusat kebugaran,” imbuh Feby.
Saat ini, pelanggan XL Axiata Business Solutions telah mencapai lebih dari 3.000 perusahan yang terdiri dari firma skala besar dan UKM. Mereka bergerak di lebih dari 330 sektor industri. Selain itu, XL Axiata Business Solutions memiliki berbagai layanan yang berkaitan dengan konektivitas internet korporat, layanan pendorong produktifitas perusahaan, dan juga Internet of Things beserta layanan konsultasi eksklusif yang dapat diakses pada www.xlaxiata.co.id/bisnis.