Home Apps & Platform Tantang Intel, Qualcomm Siap Pasarkan Laptop On Device AI Berotak Snapdragon X...

Tantang Intel, Qualcomm Siap Pasarkan Laptop On Device AI Berotak Snapdragon X Plus

Qualcomm Technologies, Inc. hari ini mengumumkan perluasan portfolio platform Snapdragon X Seriesdengan meluncurkan Snapdragon® X Plus.

Snapdragon X Plus dilengkapi CPU Qualcomm Oryon™ yang canggih, prosesor terintegrasi khusus yang memberikan kinerja CPU hingga 37% lebih dengan konsumsi daya yang 54% lebih efisien dibandingkan pesaingnya. Kemajuan luar biasa dalam kinerja CPU ini menetapkan standar baru dalam komputasi seluler, memungkinkan pengguna mencapai lebih banyak hal dengan efisiensi yang lebih tinggi.

Snapdragon X Plus juga dirancang untuk memenuhi operasional aplikasi berbasis AI on-device dengan Qualcomm® Hexagon™ NPU yang mampu mencapai 45 TOPS, menjadikannya NPU tercepat di dunia untuk laptop. Platform ini merupakan dobrakan signifikan dalam inovasi komputasi dan siap mentransformasi industri PC.

Platform Snapdragon X Series menghadirkan pengalaman terdepan dan siap merevolusi industri PC. Snapdragon X Plus akan mendukung PC AI-Supercharged, yang memungkinkan lebih banyak pengguna mencapai tujuan komputasinya seiring pesatnya perkembangan dan penerapan AI yang semakin revolusioner,” ujar Kedar Kondap, Senior Vice President and General Manager of Compute and Gaming, Qualcomm Technologies, Inc. “Dengan menghadirkan performa CPU, kemampuan AI, dan efisiensi daya terdepan, kami kembali merevolusi lebih banyak kemungkinan dalam komputasi seluler.”

Seiring peluncuran Snapdragon X Plus, Qualcomm Technologies memperkenalkan serangkaian aplikasi dan fitur baru yang dioptimalkan oleh AI yang berjalan pada 45 TOPS NPU, termasuk:

  • Pembuatan kode dalam Visual Studio Code dari Codegen, untuk membantu programmer menghasilkan kode baru secara instan melalui AI generatif pada perangkat.
  • Pembuatan musik di Audacity yang menggunakan Riffusion AI secara langsung on-device, yang mampu menghasilkan musik baru dari prompt atau musik yang sudah ada sebelumnya.
  • Subtitle langsung di OBS Studio, yang mampu menerjemahkan secara otomatis 100 bahasa lisan ke dalam rangkaian kata dalam 100 bahasa berbeda menggunakan Whisper di perangkat. Fungsi ini mampu dioperasikan secara real-time selama streaming berlangsung.

Sementara itu, para OEM diperkirakan akan meluncurkan PC yang ditenagai oleh Snapdragon X Plus bersama dengan perangkat yang ditenagai oleh Snapdragon X Elite mulai pertengahan tahun 2024.