Home Gadget Sony Indonesia Resmi Luncurkan Cinema Line FX30

Sony Indonesia Resmi Luncurkan Cinema Line FX30

Sony Indonesia resmi meluncurkan kamera terbaru FX30, sebagai tambahan terbaru dari rangkaian Cinema Line yang merupakan kamera sinema ringkas 4K Super 35. Kamera terbaru ini dilengkapi dengan berbagai fitur profesional dari Cinema Line, namun dihadirkan dengan harga yang menarik, sehingga cocok digunakan oleh para filmmaker pemula, videografer, dan content creator.

Koji Sekiguchi selaku President Director PT Sony Indonesia menyampaikan, “Kami selalu memperhatikan dan mendengarkan masukan dari para konsumen kami mengenai kebutuhan mereka akan sebuah produk agar dapat terus menunjang kreativitas mereka. Melihat adanya peningkatan minat terhadap videografi sinematik, kami menghadirkan kamera Cinema Line terbaru, FX30. Kamera ini merupakan model entry dari rangkaian Cinema Line yang cocok digunakan untuk filmmaker pemula, content creator dan videografer karena memiliki berbagai fitur profesional dari Cinema Line dengan harga yang lebih mudah dijangkau. Harapannya, kamera terbaru ini dapat digunakan untuk mengasah kemampuan pengguna dan menghasilkan karya yang menakjubkan.”

Harga dan Ketersediaan

FX30 dan FX30B akan tersedia di Indonesia pada bulan November 2022 dengan harga Rp33.999.000 untuk FX30 dan Rp27.999.000 untuk FX30B. FX30 juga mendukung kebebasan berkreasi tertinggi dan hadir dengan opsi untuk membeli dengan atau tanpa pegangan XLR[i].

Ciptakan Tampilan Sinematik

FX30 menawarkan ekspresi sinematik dengan sistem pencitraan terbaru untuk para filmmaker. Kamera ini dilengkapi dengan sensor APS-C Exmor R™ CMOS (Super 35 format) back-illuminated 20,1 megapiksel terbaru dengan dual base ISO (800/2500) untuk menghadirkan sensitivitas tinggi, noise rendah dan latitude 14+ stops[ii].

FX30 mendukung berbagai codec perekaman video. Kamera ini dapat merekam 4K Super 35 (16:9) dengan melakukan oversampling dari 6K hingga 60fps. FX30 juga dilengkapi dengan kemampuan untuk merekam dalam kecepatan frame tinggi, termasuk 4K pada 120fps dan full HD pada 240fps. Kedua mode perekaman 16:9 dapat merekam pada 10-bit 4:2:2, sementara konektor HDMI Type-A dapat digunakan untuk menghasilkan 4K, 16-bit RAW[iii] ke perekam eksternal[iv].

Seperti Cinema Line lainnya, FX30 memiliki mode pengambilan gambar Log dengan mengaktifkan mode Cine El, Cine El Quick, dan Flexible ISO untuk perekaman dengan kurva gamma S-Log3 yang memungkinkan lebih banyak fleksibilitas ketika melakukan color grading. Ketiga mode ini memungkinkan perekaman video sambil melakukan monitoring dengan LUT yang sesuai untuk melihat preview hasil gambar final. Selain itu, FX30 dilengkapi dengan pilihan tampilan sinematik bawaan, seperti Sony S-Cinetone™ dan dapat melakukan pengambilan foto tunggal. Kamera ini menawarkan kemampuan pemrosesan gambar canggih dengan mesin pemrosesan BIONZ XR untuk gradasi natural dan reproduksi warna realistis.

Didesain untuk Mendukung Kebutuhan Para Kreator

FX30 memiliki fitur autofokus Sony yang cepat dan andal, dengan pengaturan seperti:

  • Real-time Eye AF (manusia, hewan, atau burung[v])
  • Real-time Tracking
  • Pengaturan Detailed AF
  • AF Assist[vi]

Kreator juga memiliki kontrol lebih ketika menggunakan Focus Map[vii], yang memudahkan untuk memvisualisasikan kedalaman bidang, serta Breathing Compensation[viii] yang menawarkan sudut pandang yang stabil pada saat melakukan pemfokusan. Kamera ini juga memiliki stabilisasi yang efektif untuk perekaman run and gun menggunakan Active Mode[ix] berkat stabilisasi gambar optik internal 5-axis dan sinkronisasi time code[x].

Kamera FX30 menggabungkan fitur-fitur lain yang mempertahankan keunggulan Cinema Line, seperti:

  • Layar menu utama baru list-style yang dapat disesuaikan, yang dapat memberi akses cepat ke item yang sering digunakan
  • Layar film standby baru yang memberikan tampilan subjek tanpa halangan
  • Tombol dan dial yang didedikasikan untuk pembuatan film

FX30 juga memiliki fungsionalitas tambahan untuk membantu alur kerja kreatif, seperti pengeditan pasca produksi menggunakan embedded LUT dan metadata EI[xi]. Metadata ini tersedia dengan menggunakan versi terbaru dari aplikasi Catalyst Prepare[xii] atau Catalyst Browse dari Sony. “Catalyst Prepare Plugin” terbaru untuk Adobe Premiere Pro telah dirilis pada bulan Agustus.

Pengoperasian Mudah dan Faktor Bentuk yang Ringkas

FX30 merupakan kamera yang ringkas dan ringan, memiliki desain flat top dengan titik-titik pemasangan aksesori, sehingga mudah digunakan untuk pengambilan gambar dengan tangan atau handheld, pengambilan gambar dari sudut rendah, pemasangan pada gimbal, atau menambahkan aksesori. FX30 juga dilengkapi dengan unit pegangan XLR[xiii], yang dapat digunakan untuk pengambilan gambar dari sudut rendah dan juga untuk mengambil audio yang jernih melalui berbagai input audio, termasuk dua input audio XLR dan mini jack stereo 3,5 mm untuk perekaman 4 saluran. Mikrofon eksternal dapat disambungkan secara langsung ke kamera melalui Multi Interface Shoe dan jack mikrofon. Kamera FX30 juga memiliki mikrofon stereo internal untuk perekaman audio.

FX30 dan FX30B memiliki dua slot kartu memori yang kompatibel dengan kartu CFexpress Type A dan kartu SDXC/SDHC, sehingga menghadirkan pengalaman pengambilan gambar yang leluasa bagi para kreator.

FX30 tidak hanya menawarkan performa tinggi, tetapi juga keandalan yang luar biasa. Kamera ini dilengkapi dengan struktur pembuangan panas yang inovatif untuk perekaman 4K/60p tanpa gangguan, kekuatan daya yang andal untuk perekaman lebih lama dan sasis aloi magnesium yang tahan lama. Pilihan lensa E-mount yang lengkap, mikrofon berperforma tinggi dan komponen penting lainnya dapat membentuk sistem yang luar biasa fleksibel untuk berbagai kebutuhan kreatif para kreator.


  • [i] FX30B hadir tanpa pegangan XLR, sedangkan model FX30 hadir dengan pegangan XLR.
  • [ii]Film S-Log3. Pengujian Sony.
  • [iii] Dengan tingkat kecepatan frame 59,94p / 50p / 29,97p / 25p / 23,98p dan ruang warna.
  • [iv] Perangkat yang didukung adalah sebagai berikut: Per September 2022, dukungan untuk perekam monitor ATOMOS NINJA V dan NINJA V+ HDR sedang direncanakan. Untuk detail lebih lanjut, silakan hubungi ATOMOS.
  • [v] Fokus akurat mungkin tidak dicapai pada subjek tertentu dalam situasi tertentu.
  • [vi] Tidak tersedia saat menggunakan SELP1650, SEL18200LE atau lensa A-mount.
  • [vii] Fungsi Focus Map tidak dapat digunakan dalam kondisi berikut ini: Saat pengambilan foto, saat fungsi Focus Magnifier sedang digunakan, apabila menggunakan zoom digital, selama streaming USB, apabila tidak ada lensa yang dipasang, saat lensa A-mount terpasang, atau saat menggunakan SEL16F28. Untuk lensa lainnya, gunakan software lensa terbaru.
  • [viii] Sudut pandang dan kualitas gambar mungkin sedikit berubah saat fitur ini diaktifkan. Breathing Compensation tidak tersedia untuk lensa yang tidak didukung, perekaman film 120p (100p), perekaman S&Q pada 120p (100p), atau foto. Kompatibilitas lensa terbatas. Silakan kunjungi laman dukungan Sony untuk kompatibilitas lensa. https://www.sony.net/dics/breathing/.
  • [ix] Sedikit pemangkasan gambar dalam Mode Aktif. Pengaturan “Standar” direkomendasikan untuk panjang fokus 200 mm atau lebih. Mode Aktif tidak tersedia saat merekam pada tingkat kecepatan frame 120 (100) fps atau lebih tinggi, termasuk S&Q.
  • [x] VMC-BNCM1 diperlukan untuk sinkronisasi time code. VMC-BNCM1 memerlukan anotasi berikut. Ketersediaan VMC-BNCM1 (nomor produk: A-5051-506-A) dapat bervariasi tergantung pada negara atau wilayah. Lihat situs dukungan berikut ini untuk konfirmasi dan pembelian inventaris. https://www.sony.net/SonyInfo/Support/.
  • [xi] Metadata ini mencakup Embedded LUT, stabilisasi gambar, Breathing Compensation, rotasi Kamera dan Movie mark.
  • [xii] URL halaman mengunduh software: https://www.sony.net/disoft/.
  • [xiii] FX30B tidak termasuk unit pegangan XLR. Unit pegangan XLR akan tersedia secara terpisah sebagai XLR-H1 pada awal 2023.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here