Home Review Review realme GT NEO 3 SuperDART 80W: Performa Buas, Kamera Bikin Puas

Review realme GT NEO 3 SuperDART 80W: Performa Buas, Kamera Bikin Puas

Memiliki smartphone dengan kinerja yang kencang dan pengisian daya yang cepat tentu menjadi idaman setiap anak muda yang aktif dan dinamis. Realme tahu betul dengan kebutuhan tersebut.

Jelang pertengahan tahun 2022, mereka menghadirkan lini seri GT NEO3 yang ditenagai chipset Dimensity 8100 dan teknologi pengisian baterai super cepat.

realme GT NEO 3 hadir dengan dua varian pengisian daya yaitu UltraDart 150W dan SuperDart 80W yang saat ini hendak Canggih ID review. Mengemas chipset kencang yang dibangun dengan proses 5nm dan kapabilitas 5G, GT NEO 3 juga diklaim mampu mengisi daya 100% hanya dalam kurun waktu 32 menit!

Lalu, apakah kinerja GT NEO 3 80W yang dibanderol seharga Rp 6.999.000 ini sesuai dengan ekspektasi calon pengguna, dan apakah smartphone dengan tagline “NEO Speed Awakens:” ini juga memiliki kamera yang mumpuni?

Desain

  • Racing Stripe Design
  • AG Glass Process
  • Punch Hole Camera

Realme GT NEO 3 mengusung desain agresif yang mewakili dunia balap yang serba cepat dan responsif. Unit yang Kami uji kebetulan memiliki varian Nitro Blue. Satu warna lagi yaitu Sprint white yang juga sudah tersedia di pasaran.

Sekilas, desain GT NEO 3 mirip dengan tampilan supercar Ford GT. Dominasi warna biru agak keungu-unguan di bagian belakang ‘diterabas’ dengan dua garis vertikal berwarna putih. Warnanya sendiri bisa sedikti berubah tergantung angle dan arah dtanagnya cahaya.

Realme sendiri menyebut pola dua garis putih ini sebagai Racing Stripe Design untuk menunjukkan keberanian dalam menantang dan mengejar sembari membangkitkan semangat “Dare to Leap” yang identik dengan sifat anak muda.

Realme juga menerapkan finisihing bagian belakang yang disebut AG Glass Process. Dengan melalui tahapan ini, back cover GT NEO 3 memiliki teksture yang kesat namun tetap glossy.

Proses ini diklaim juga mampu mengurangi tingkat pantulan cahaya dari 8% menjadi 5% dibanding AG Glass tradisional. Selain itu, Brand New AG Glass Process menghadirkan nuansa tertutup, lembut, dan hangat serta saat disentuh, sidik jari tidak menempel.

Modul kamera belakang tampak menonjol dengan lapisan kaca dan warna biru yang levih terang. Satu kamera utama tampak lebih besar dan paling menonjol, diikuti oleh lampu LED berdesain oval dan dua lensa yang lebih kecil.

Beralih ke bagian depan, Kamu akan menemukan dominasi layar besar dengan bentukan punch hole yang diletakkan persis di bagian tengah atas dan dihuni kamera selfie. Rasio layar ke bodi mencapai 94 persen, membuat Kamu bisa lebih memiliki pengalaman menonton yang imersif. Perlindungan Gorilla Glass 5 turut disertakan untuk menjamin ketahanan layar etrhadap goresan dan benturan.

Perangkat ini memiliki tombol daya di sebelah kanan dan tombol volume up and down di tepi kiri. Di bagian atas, Kamu akan menemukan lobang speaker dan mikrofon. Begitu juga ketika melihat detil di atas punch hole, ada grill speaker yang diletakkan tipis memanjang di atasnya.

Bagian bawah dilengkapi dengan nampan yang bisa diisi dengan 2 kartu sim bersisian, tanpa slot microSD, Sementara di sejejarnya, muncul port USB tipe C, mikrofon, dan lobang speaker. GT NEO 3 tidak menyertakan port audio 3,5mm sehingga kamu membutuhkan koneksi blueotooth jika ingin mendengarkan audio melalui headphone atau speaker eksternal.

Pemindai sidik jari yang disematkan dalam layar bekerja cukup baik dan mudah digunakan.

Kami merasakan GT NEO 3 ringan dan nyaman digenggam dengan 189 gram. Bingkai polikarbonatnya kokoh sehingga memastikan perangkat tidak melengkung saat di bawah tekanan.

Layar

  • 120Hz AMOLED Ultra Smooth Display  
  • 6.7 inci
  • Rasio bodi ke layar 94.2%
  • Resolusi FHD+ 2412×1080 piksel
  • Color gamut 100% P3
  • Rasio kontras 5,000,000:1

GT NEO 3 hadir dengan layar Full HD+ AMOLED yang merupakan jenis layar terbaik yang ditawarkan Realme. Tampilannya cerah, akurat dalam menampilkan warna, dan tajam. Layar GT NEO 3 juga sudah mendukung refresh rate 120Hz sehingga sangat mulus saat digunakan untuk menggulir media sosial atau brwosing berita. Respons sentuhan juga sangat baik

Realme sendiri menyebut bahwa mereka menggunakan dedicated display processor untuk mendukung interpolating frame yang bisa mencapai high frame. GT NEO 3 memperkirakan lintasan gerakan objek pada layar melalui chip dan algoritma canggih, dengan menambahkan motion compensation frame di antara dua frame sehingga membuat visualisasi gambar jadi lebih halus.

Selain itu dedicated display processor memodifikasi gambar yang diberikan oleh GPU dan menampilkannya ke layar, serta mengurangi beban GPU dan mengurangi konsumsi daya baterai smartphone.

Sesuai dengan karakteristik AMOLED, layar Realme GT NEO 3 menghadirkan sudut pandang yang sangat baik dan kontras yang hampir tak terbatas. Tingkat kecerahannya cukup sehingga dapat dilihat bahkan di bawah sinar matahari yang terik.

Software

  • Android 12
  • Realme UI 3.0
  • GT Mode

GT NEO 3 berjalan dengan antarmuka Realme UI 3.0 berbasis Android 12. Tampilannya sederhana, tak terlalu berbeda dengan ssitem operasi stok Android, dengan bebrapa fitur tambahan seperti Game Toolkit untuk meningkatkan kinerja gaming.

Di Game toolkit, Kamu bisa mengatur berbagai notifikasi agar tidak mengganggu Kamu saat bermain. Perfromance setting menawarkan 3 opsi pengaturan yaitu low power mode saat baterai menipis, balanced mode yang neyeimbangkan antara konsumsi daya dan perfroma, dan GT mode.

Di GT mode (yang disempurnakan menjadi GT Mode 3.0), kinerja sistem dan hardware dimaksimalkan untuk menghasilkan grafik yang lebih halus dan frame rate yang stabil. Ini emrupakan setingan tertinggi yang bisa Kamu pakai saat nge-game. Meski demikian perlu diperhatikan bahwa mode ini akan mengkonsumsi daya lebih cepat.

Setelah GT Mode 3.0 aktif, maka secara otomatis refresh rate dan touch sampling rate ditingkatkan sepenuhnya, sehingga menghadirkan pengalaman bermain game yang lebih smooth dan responsif.

Dengan mengaktifkan GT Mode, pengguna dapat memainkan game dengan refresh rate tinggi hingga 90Hz dan 120hz,

Smartphone ini juga sudah hadir dengan berbagai aplikasi medi sosial seperti Whatsapp, Facebook, Instagram maupun Tiktok. Juga terdapat berrbagai aplikasi e-commerce seperti Shopee dan Lazada yang siap dimanfaatkan untuk berbelanja secara daring. Bagi yang suka otak-atik video, ada apliaksi editor gratis bertajuk SO LOOP yang cukup mumpuni mengedit video dan bisa langsung diupload di Instagram Reels maupun TikTok.

Hardware

  • Mediatek Dimensity 8100 5G
  • RAM 8+3GB
  • ROM 256GB
  • Baterai 5000mAh
  • SuperVooc 80W
  • Stainless steel VC 4129mm²

GT NEO 3 merupakan jajaran smartphone fase pertama realme yang ditenagai chipset Mediatek Dimensity 8100 5G.

Chipset dengan teknologi fabrikasi 5nm TSMC memiliki arsitektur CPU octa-core yang terdiri terdiri dari 4 core Arm Cortex-A78 dengan kecepatan 2.85GHz dan 4 core Cortex-A55 mencapai kecepatan 2.0GHz.

GPU Mali-G610 MC6 turut disematkan guna menopang kinerja grafis. Didukung LPDDR5 & UFS3.1, GT NEO 3 disokong dengan RAM 8GB dan penyimpanan internal 256GB. Jika diras akurang, Kamu bisa memanfaatkan fitur RAM expansion yang bisa menambah RAM virtual hingga 5GB (total maksimal RAM menjadi 8+5 = 13GB)

Secara head to head, Dimensity 8100 5G bisa diperbandingkan dengan Snapdragon 888 besutan Qualcomm. Di sisi kinerja, realme mengklaim bahwa 8100 5G memiliki efisiensi multi daya core CPU 44% lebih baik dibanding 888. Demikian juga dengan efisiensi daya GPU (39%), efisiensi energi latar belakang efek bokeh (72%), dan performa latar belakang efek bokeh (62%).

Teknologi Charging SuperDART 80W

Satu yang diunggulkan dari realme GT NEO 3 kali ini adalah teknologi superDART 80W. Meski tidak sekencang varian yang menbgusung teknologi UltraDART 150W, namun SuperDart Charge 80W ini dapat melakukan pengisian daya dari 0% hingga 50% hanya dalam waktu 12 menit.

Adanya fitur direct charging juga memungkinkan GT NEO 3 memiliki tingkat konversi pengisian daya lebih 99%. Keberadaan chip Smart Multi-IC membuat perangkat dapat melakukan pengisian baterai dengan lebih aman dan efisien.

realme sendiri menyertakan perlindungan keselamatan untuk fitur charging yang telah disertifikasi oleh lembaga resmi yaitu Sertifikasi Sistem Pengisian Cepat dan Aman dari TÜV Rheinland.

Realme mampu menjaga waktu pemakaian baterai selama 80%, setelah melalui 1600 siklus pengisian dan pengosongan daya baterai. Dalam jangka panjang, GT NEO 3 dapat secara signifikan mengurangi penurunan kapasitas baterai secara efektif dan memastikan baterai smartphone berumur panjang untuk penggunaan jangka panjang.

Sistem Pendingin

Dari atas ke bawah: graphite sheet, graphene, VC, diamond thermal gel, copper alloy, gel, copper foil, silica gel sheet + foil tembaga, graphene.

Sistem pendingin realme GT NEO 3 menggunakan stainless steel VC berukuran 4129mm² tahan karat.

Stainless steel tahan karat dan tembaga murni digabungkan dalam heat sink VC. Kombinasi ini memnghasilkan  efisiensi pembuangan panas yang lebih tinggi dibanding bahan VC tembaga murni tradisional.

Total area di GT NEO 3 yang dilindungi sistem pendingin seluas 39,606mm². GT NEO 3 juga mengadopsi bahan konduktivitas termal terkuat dan struktur pembuangan panas sembilan lapis, yang mencakup sumber panas inti 100%.

Dibandingkan dengan GT NEO 2, sistem pendingin GT NEO 3 meningkat sebesar 120,86%.

Hasil Benchmark

Hasil benchmark dengan Antutu, Geekbench,
Hasil benchmark dengan PC Mark Work 3.0 Performance dan 3DMark Wildlife
BenchmarkSkor
Antutu808396
Geekbench 5 CPU Single Core972
Geekbench 5 CPU Multi Core3504
Geekbench 5 Compute OpenCL4928
Geekbench 5 Compute OpenCL4938
3DMark Wildlife3199
PC Mark Work 3.0 Performance14403

Kamera

  • Kamera utama 50MP f1.8 Sony IMX766
  • Kamera ultra wide 119 derajat 8MP f2.2
  • Kamera makro 2MP f2.4
  • Kamera selfie 16MP f2.4

Realme GT Neo 3 memiliki konfigurasi tiga kamera di bagian belakang termasuk kamera utama 50MP, kamera 8MP ultra-wide-angle, dan Kamera 2MP makro. Untuk selfie, Kamu bisa menggunakan kamera 16MP yang dibenamkan ke punch hole di bagian depan. Kamera utama 50 MP sudah dibekali dengan stabilisasi gambar optik (OIS) dan dan elektronik (EIS). Realme telah membekali kamera GT Neo 3 dengan beberapa fitur antara lain dual video, ultra macro, tilt-shift, dan mode Pro.

Kamera utama memberikan gambar yang tajam dengan rentang dinamis yang baik. Penggunaan teknologi Full Pixel Omnidirectional Focus membuat proses fokus dan pengambilan gambar lebih cepat.

Kamera ultrawide juga mengambil gambar yang layak di siang hari. Kamera selfie 16 MP mampu memberikan foto mendetail dalam cahaya terang. Foto portrait yang dihasilkannya juga bagus dengan efek bokeh yang seimbang.

Secara keseluruhan kamera utama dan kamera selfie Realme GT Neo 3 cukup mengesankan.

Mode malam

Kami sarankan Kamu untuk menggunakan mode malam jika ingin mengambil gambar dengan sensor utama dalam kondisi cahaya rendah. Mode malam mampu menangkap detail, warna, dan pengukuran yang lebih baik. Hal ini berkat kombinasi teknologi ProLight Imaging dan sensor Sony IMX766 sehiangga dapat memberikan hasil foto yang jernih dan terang  meski diambil dalam kondisi minim cahaya.

kecepatan pengambilan gambar GT NEO 3 dengan mode malam diklaim sebesar 71,4% dibandingkan generasi sebelumnya. Hal ini berkat Nightscape Accelerator yang dikembangkan sendiri oleh tim teknisi realme. Dalam prosesnya, teknologi ini memodifikasi arsitektur gambar dan secara signifikan mempersingkat waktu pemotretan dalam night mode atau mode malam.

Night mode sebelumnya membutuhkan waktu 2-4 detik untuk menangkap objek foto, namun mode malam terbaru ini hanya membutuhkan 0,8 detik untuk mengabadikan gambar.

Mode Street Photography

realme telah mengembangkan mode Street Photography secara profesional dengan pengambilan gambar tercepat dan algoritma canggih, yang mendukung fast capture, intelligent focusing, humanistic filter, dan perekaman story hanya dengan sekali klik.

Galeri

Kesimpulan

Awalnya kami menduga realme GT Neo 3 ini akan fokus pada performa hardware, terutama untuk gaming. Namun dugaan Kami salah.

Memang, dengan kombinasi chipset Dimensity 8100 5G dan RAM/ROM yang lega, GT Neo 3 dengan mudah bisa diajak ‘ngebut’ mengerjakan task yang berat seperti word processor, editing video hingga main game dengan intensitas tertinggi. Tak juga perlu risau kehabisan daya mengingat pengisian cepat SuperDart 80W juga memuaskan.

Namun jangan salah, kinerja kamera NEO 3 juga luar biasa. Mengahsilkan foto-foto yang tajam dengan rentang warna yang luas, GT Neo 3 juga dibekali stabilisasi gambar optik (OIS) dan dan elektronik (EIS). Ini artinya, Kamu juga bisa mengambil video dengan hasil yang lebih apik dan stabil.

Banderol Rp 6.999.000 rasanya cukup pantas disematkan pada GT NEO 3 mengingat fitur yang ditawarkan. Jadi, jika Kamu mencari smartphone dengan perfroma buas dan kmaera bagus, jangan pernah lewatkan GT NEO 3 sebagai pilihan utama!

Spesifikasi realme GT NEO 3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here