Home Review Review realme 9: Kompak Bertenaga dengan Kamera 108MP

Review realme 9: Kompak Bertenaga dengan Kamera 108MP

Realme telah meluncurkan tiga seri 9 terbarunya yaitu realme 9 Pro, 9 Pro Plus, dan 9 Pro Plus Free Fire Edition. Paling anyar, mereka mengeluarkan realme 9 dengan harga Rp 2.999.000 untuk varian 6GB/128GB dan Rp 3.599.000 untuk versi 8GB/128GB.

Meski tampil lebih kompak dibanding realme Pro maupun 9 Pro Plus, namun jeroan yang diusungnya tak kalah bertenaga. Chipset Snapdragon 680 dengan clock speed 2,4Ghz menjadi jantung utama untuk memompa performa perangkat yang sudah menggunakan realme UI berbasis Android 12 ini.

Lalu, bagaimana kinerja smartphone yang juga mengusung kamera utama 108MP dan pengisian daya cepat 33W ini?

Desain

Realme 9 mengusung layar berdiagonal 6,4 inci , sama seperti realme 9 Pro+, namun  lebih kecil dibanding 9 Pro (6,6 inci). Kamera depan diletakkan dalam desain berbentuk punch hole yang terdapat di layar bagian kanan atas. Bezel tipis melapisi sekujur layar dengan bagian bawah sedikti agak tebal.

Frame datar di sisi samping melindungi keseluruhan bodi realme 9 dengan desain minimalis dan tegas, sudutnya membulat dan kemudian agak menebal ketika menemui sisi atas dan bawah perangkat. Bisa dimengerti, karena di sisi bawah misalnya, harus diisi dengan port audio, mikrofon, grill speaker dan port USB tipe-C.

Frame di sebelah kiri dihuni tray yang bisa dipenuhi dengan dua kartu SIM dan sebuah micro Sd, sementara di sisi kanan hanya berisi tombol power.

Realme 9 hadir dalam varian Stargaze white, sunburst gold, dan meteor black.

Untuk Sunburst gold, teksturnya terinspirasi oleh cahaya dari gurun. Ketikan pantulan cahaya matahari menyinari bodi belakang, maka warna realme 9 akan berubah. Bias cahaya dan bayangan di tangan Anda, mampu menampilkan efek ombak pada bodi smartphone ini.

Varian ini juga melalui proses 6 lapisan pengerjaan yang menggabungkan Plasma Atom-coating Process dan UV-nano Imprinting Process untuk menciptakan tekstur 3D bergelombang. realme 9 dilapisi dynamic 3D ripple texture yang diciptakan melalui proses Plasma Atom-coating dan UV-Nano Imprinting yang inovatif. Dengan teknik tersebut, mampu menampilkan desain dengan efek cahaya bergelombang seperti ombak.

Sementara varian yang Kami uji, yaitu meteor black tampil lebih kalem dalam warna abu-abu mendekati hitam. Finishing matte membuat bagian belakangnya kesat dan tidak meninggalkan jejak sidik jari. Agar lebih terlindungi, Kamu bisa menggunakan soft case yang sudah disediakan di paket pembelian.

Modul kamera tampak menonjol di bagian kiri atas dengan penampang transparan. Dua kamera berukuran sama ditempatkan vertikal dan sebuah kamera berada di smapingnya ditemani lampu flash LED.  Branding realme diletakkan di sisi kiri bawah secara vertikal.

Secara keseluruhan, desain smartphone dengan ketebalan hanya 7,9mm ini indah untuk dilihat dan tampak ramping dalam genggaman.

Layar

Realme 9 4G menggunakan layar Super AMOLED 6,4 inci FHD+ dengan kecepatan refresh 90Hz, sampling rate 360Hz, dan kecerahan maksimal 1000 nits. Layar dengan resolusi 1080 x 2400 piksel ini dilengkapi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 5.

Teknologi 10240-level brightness auto adjustment yang canggih pada realme 9 dapat menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan kondisi pencahayaan di sekitar. Sehingga Anda dapat menatap layar dengan lebih nyaman, meski dalam waktu lama.

Displaynya terlihat cerah dengan rentang dinamis warna yang terjaga. Kamu masih bisa melihat dengan jelas menu layar meski dalam kondisi cahaya berlebih seperti saat terkena sinar matahari. Brightness atau kecerahan otomatis bekerja sempurna menyesuaikan dengan kondisi pencahayaan lingkungan.

Layar memiliki kecepatan refresh maksimal 90Hz. Kamu dapat mengaturnya untuk bekerja secara otomatis menyesuaikan dengan aplikasi atau game yang sedang dijalankan.  Tak ada masalah saat Kami menonton tayangan video kesayangan. Sebagai tambahan, layar realme 9 sudah mendukung Widevine L1, sehingga Kamu bisa menonton konten dari aplikasi streamings emacam Netflix atau Disney Hotstar+ dalam format Full HD.

Hardware dan Performa

realme 9 dilengkapi dengan In-display fingerprint (Sensor sidik jari di dalam layar) yang mampu membuka kunci smartphone dengan sangat cepat. Saat ini ada delapan jenis animasi pembuka kunci smartphone, yang akan terus ditambahkan selanjutnya.

Sensor sidik jari dalam layar pada realme 9 juga terintegrasi dengan deteksi detak jantung yang 98% hasilnya akurat. Sebagai catatan, deteksi detak jantung ini bukanlah alat medis yang dapat mendiagnosa lebih lanjut namun hanya sebagai referensi.

Realme 9 4G ditenagai oleh chipset octa-core Snapdragon 680 6nm. Intinya terbagi dua klaster dengan masing-masing berisi 4 inti. 4 inti Kyro Gold berada dalam satu klaster dengan kecepatan clock 2.4GHz sedangkan 4 inti Kyro Silver bergabung dalam satu klaster lainnya dengan kecepatan clock 1.9GHz. GPU Adreno 610 turut disematkan guna menunjang kinerja grafisnya.

Realme sendiri mengklaim bahwa Snapdragon 680 membawa peningkatan kinerja CPU sebesar 25%, GPU sebesar 10%, dan kinerja AI sebesar 25% dibanding chipset pendahulunya.

Ada dua pilihan RAM/ROM yang ditawarkan oleh realme 9 yaitu RAM/ROM 6GB/128GB dan 8GB/128GB. Jika dirasa kurang, kamu bisa menambah kapasitas penyimpanan eksternal micro SD. Realme 9 juga menyediakan fitur RAM expansion yang bisa menambahkan RAM virtual hingga 5G.

Meskipun realme 9 tidak dirancang untuk pro-gamer, namun Kamu bisa memainkan game kasual seperti Wordle, Candy Crush, dan sebagainya dengan lancar. Permainan dengan intensitas tinggi seperti PUBG mobile, FIFA mobile atau Call of Duty Mobile tetap bisa Kamu mainkan meski tidak dalam level pengaturan tertinggi.

Kami menggunakan realme 9 untuk keperluan sehari-hari seperti membuka email, menonton video Youtube, streaming, musik, bermedia sosial, dan membalas chat WhatsApp. Semuanya bisa dilakukan dengan lancar tanpa masalah meskipun dalam mode split

Kami melakukan beberapa tes benchmark pada Realme 9 4G dan hasilnya adalah sebagai berikut:

BenchmarkSkor
Antutu286297
Geekbench 5 CPU Single Core378
Geekbench 5 CPU Multi Core1566
Geekbench 5 Compute OpenCL428
PC Mark Work 3.0 Performance7994

Baterai dan Pengisian Daya

Realme dilengkapi dengan baterai berkapsitas 5000mAh didampingi teknologi pengisian daya 33W Dart Charge. Dengan spesifikasi ini, daya smartphone dapat terisi penuh 50% hanya dalam waktu 31 menit.

Berkat kapasitas baterai besar 5000mAh, realme 9 bisa dipakai dalam mode standby selama kurang lebih 48 hari. Ketika digunakan untuk melakukan panggilan telpon, realme 9 sanggup bertahan hingga 48 jam dan 18 jam untuk video.

Untuk menjamin keamanan pengisian daya, realme 9 mengadopsi solusi Intelligent Five-core Chip dengan fitur sebagai berikut:

  • Adapter overload protection
  • Dart charge condition identification protection
  • Interface overload protection
  • Overcurrent-Protection and voltage overload protection

JIka daya tinggal sedikit, Kamu bisa mengaktifkan power saving mode dimana perangkat akan secara otomatis mereduksi kecerahan layar, mengganti auto screen off menjadi 15 detik, mematikan background sync, dan menurunkan refresh rate.

Ada pula super power saving mode yang bisa diaktifkan jika daya benar-benar tiris. Dalam mode ini, performance sistem benar-benar direduksi dan Kamu hanya bisa menjalankan beberapa aplikasi saja.

Kebalikannya, jika Kamu sedang membutuhkan daya optimal,-misal saat bermain game-, KAm bisa mengaktifkan mode performance. Ada 3 opsi yang bisa Kamu pilih yaitu High Performance Mode, Smart Performance Mode, dan No Performance Improvement.

Software

Realme 9 sudah menggunakan sistem operasi realme UI 3.0 berbasis Android 12. realme UI 3.0 memperkenalkan tampilan baru yang menyegarkan dengan desain Fluid Space dan Sketchpad AOD.

Sistem operasi ini juga mengusung sederet fitur baru untuk membantu melindungi privasi Anda, dan peningkatan di seluruh sistem untuk membuat smartphone realme Kamu lebih cepat dan lebih lancar dari sebelumnya.

Kamera

realme 9 menghadirkan fitur 108MP Triple Camera canggih yang terdiri dari kamera utama 108MP yang didukung oleh sensor Samsung ISOCELL HM6, lensa super-wide, dan lensa makro.

Sensor Samsung ISOCELL HM6 sendiri menggunakan teknologi baru 9 in 1 yang disebut Nonapixel Plus. Tidak seperti teknologi 3-average tradisional HM2, teknologi ini benar-benar menggabungkan 9 piksel menjadi satu.

Dengan begitu, mampu menghasilkan sensitivitas cahaya low-dark light dan fitur noise control capability telah ditingkatkan sehingga menciptakan performa maksimal untuk pemotretan malam hari. Berkat dukungan smart ISO, kecerahan maksimum sensor HM6 meningkat 1,6 kali dalam kondisi minim cahaya.

Karena piksel 100% dilengkapi dengan PDAF, tingkat akurasi focus sensor HM6 9 kali lebih tinggi dari HM2. Dengan fitur tersebut, mampu membuat fokus lebih cepat dan mempermudah pengambilan foto untuk hasil yang lebih jelas dan detail.

realme 9 menggunakan teknologi ultra-zoom dalam sensor sensor HM6 untuk mengambil foto setara dengan foto yang diambil dengan 3X optical zoom. Dengan penggabungan algoritma mampu membuat hasil foto yang jika diperbesar masih terlihat lebih jelas dan detail.

Guna menjawab permintaan para fans, realme menghadirkan fitur street photography Mode 2.0 yangs ebelumnya ada di realme 9 Pro+.  Selain masih mengemas filter lama, ia juga menadpat filter baru yaitu Peak & Zoom dan Pop 90-an.

Selain fitur unggulan di atas, realme 9 juga mengemas fitur-fitur kamera standar terkini speerti night mode, portrait, ultra macro dan masih banyak lagi. Tak lupa, ia juga menyertakan mode pro buat Kamu yang ingin mengotak-atik setingan foto lebih lanjut.

Galeri

Kesimpulan

Realme 9 hadir menawarkan desain yang solid dengan kinerja yang bertenaga. Ditunjang dengan chipset Snapdragon 680 yang sanggup digeber hingga kecepatan clock 2,4Ghz, membuatnya outstanding untuk pendamping sehari-hari. Yang membuatnya sangat layak untuk jadi pilihan  di segmen menengah adalah kemampuan kameranya dengan fitur-fitur seperti 108MP dan Street fotografi, cocok buat Kamu yang aktif dan dinamis

Spesifikasi

SpesifikasiDetil
ChipsetQualcomm Snapdragon 680
CPUCortex-A73 2.4GHz x4 Cortex-A53 1.9GHzx4
GPUGPU Adreno 610
RAM/Storage6GB/128GB 8GB/128GB
Spesifikasi RAMLPDDR4x dual-channel UFS 2.2
Display90Hz Ultra Smooth Display Super AMOLED 6,4 inci
Resolusi Display2400×1080 (FHD+)
Screen-to-body ratio90.8%
Maximum brightness1000nit                         
Baterai5000mAh
Pengisian daya33W Quick Charge
Varian Warna  Stargaze White Meteor Black Sunburst Gold
Kamera BelakangKamera Utama: 108MP, sensor Samsung ISOCELL HM6, FOV: 83.63°, aperture: F1.75, Kombinasi lensa 6P Kamera sekunder: Lensa Super-wide 8MP, FOV: 120°, aperture: F2.2, kombinasi lensa 5P Kamera makro : Makro 4cm 2MP, FOV: 89°, aperture: F2.4, kombinasi lensa 3P
Fitur Kamera BelakangFitur fotografi: photo, video, nightscape, 108MP Mode, pro mode, panorama, portrait, time-lapse, slow motion, super text, AI scan, super macro Fitur Video recording: •             Support 1080P/30fps video recording •             Support 720P/30fps video recording •             Support 720P / 120fps slow-motion video recording
Kamera depan16MP AI Beauty Camera, sensor Sony IMX471, FOV: 78°, aperture: F2.45, lens combination  5P
Fitur kamera depanFitur Fotografi: Photo, Video, Panorama, Portrait , Nightscape, Time-lapse photography Fitur Video recording: •             Support 1080P/30fps video recording •             Support 720P/30fps video recording
Konektivitas3 Slot Kartu dengan 2 Slot SIM Card dan 1 Slot MicroSD Card Wireless 2,4/5 GHz, Bluetooth 5.1
NavigasiGPS / Glonass / Beidou / Galileo
Dimensi160.2 x 73.3 x 7,99 mm
Bobot178g
Sistem operasirealme UI 3.0 berbasis Android 12
Kelengkapan di boksCharger 33W Dart ChargeKabel USB Tipe-CProtect CaseProtect FilmSIM Card ToolBuku Panduan Kartu Garansi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here