Home Review Review Omron Electronic Nerve Stimulator HV-F013 : Pereda Nyeri Berteknologi Canggih...

Review Omron Electronic Nerve Stimulator HV-F013 : Pereda Nyeri Berteknologi Canggih dengan 5 Mode Terapi

Gangguan nyeri pada bagian tubuh memang menjengkelkan. Selain pergerakan kita jadi terbatas, aktivitas dan pekerjaan jadi ikut terganggu.

Nyeri sendiri bisa diakibatkan oleh cidera maupun gangguan otot pada jaringan tubuh. Kadang, rasa nyeri merupakan reaksi tubuh untuk melindungi diri dari bahaya.

Nyeri digolongkan menjadi dua jenis. Yang pertama adalah nyeri akut dan kedua nyeri kronis.  Nyeri akut adalah reaksi tubuh yang wajar terhadap cedera sebagai sistem peringatan dini saat cedera terjadi. Rasa sakit pada nyeri akut ini tidak berlangsung lama. Sementara rasa sakit pada nyeri kronis bertahan lebih lama, bisa berminggu-minggu atau berbulan-bulan. 

Untuk mengurangi bahkan menghilangkan rasa nyeri, perlu dilakukan pain management yang tepat. Secara harfiah, pain management adalah metode-metode untuk mencegah, mengurangi, dan menghentikan sensasi nyeri.

Salah satu metode yang populer dan sudah terbukti secara ilmiah adalah penggunaan teknologi yang disebut Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (TENS). TENS melibatkan perangkat elektronik yang akan menstimulasi dengan menggunakan listrik untuk meredakan rasa sakit dalam jangka pendek.

OMRON yang dikenal sebagai produsen alat kesehatan ternama asal Jepang juga memiliki produk dengan Teknologi TENS. Namanya Omron Electronic Stimulator HV-F013. Meski ukurannya mungil, namun kinerjanya produk yang dibanderol Rp615.000 ini tak kalah dengan fisioterapis profesional Lho!

Key Features Omron Electronic Stimulator HV-F013

Omron HV-F013 adalah perangkat terapi berukuran saku yang menargetkan pada peredaan nyeri otot dan sendi dengan 5 mode pijat di mana pun Anda berada.

  • Menggunakan teknologi TENS (Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation)
  • Drug-free treatment (perawatan bebas obat) yang terbukti secara klinis membantu:
    • Memblokir rasa sakit
    • Memicu pelepasan endorfin. Endorfin adalah hormon yang dihasilkan oleh tubuh untuk membunuh rasa sakit secara alami
    • Memperbaiki sirkulasi darah (akibat kontraksi otot berulang dan relaksasi otot)
  • Desain ringkas  mudah dibawa kemana-mana, mudah dioperasikan dengan satu tangan
  • Terapi dengan mode 3 area tubuh yaitu lengan atau bahu, punggung bawah, dan kaki
  • Dua mode pemijatan yaitu knead dan steady.
  • Bantalan yang dapat dicuci & tahan lama, dapat digunakan kembali hingga 150 kali

Unboxing dan instalasi

Paket penjualannya Omron HV-F013 terdiri dari

  • Sepasang Pad
  • Pad holder
  • Main unit/Controller
  • Baterai AAA 2 unit
  • Kabel elektroda
  • Kartu garansi
  • Buku manual
  • Quick start guide

Untuk mulai menggunakan Omron HV-F013, Anda perlu menyisipkan dua baterai ke dalam main unit/controller. Jika kesulitan membuka penutupnya, Anda bisa menggunakan ujung pulpen  atau pensil.

Setelah itu, Anda bisa menghubungkan kabel elektroda ke sepasang pad dengan mekanisme seperti kancing. Tahap terakhir, Anda tinggal menghubungkan sisi lain kabel connector ke controller.

Jangan lupa untuk melepas film transparan penutup pads sebelum menggunakannya.

Kontrol

Unit Omron HV-F013 memiliki 5 mode pijat (lengan/bahu, punggung bawah, kaki/telapak kaki, meremas, mengusap) dan 10 tingkat intensitas (1 – 10).

Terdapat tombol up dan down untuk mengubah mode maupun intensitas. Di sebelahnya terdapat tombol power diiringi tombol set start untuk memulai terapi.

Simbol baterai akan menyala untuk menunjukan bahwa baterai harus diganti, sementara simbol pad akan menyala jika pad jatuh atau terlepas.

Pemakaian

Pad memiliki gel di sisi bagian dalam yang akan menempel jika diletakkan pada bagian tubuh. Anda harus menempelkan kedua pads tersebut karena jika hanya salah satu saja, Omnron TENS ini tidak akan aktif.

Omron sendiri menyarankan penggunaan pads ini untuk 6 bagian tubuh yaitu lengan, kaki, telapak kaki, bahu, punggung bagian bawah, dan daerah lutut.

Langkah-langkah

  • Tempatkan pad di kedua sisi daerah yang nyeri. Ingat, harus menggunakan dua pads agar berfungsi
  • Tempatkan kedua pad dalam jarak paling dekat 1 inci
  • Satu pasang pad untuk satu orang
  • Hindari menambahkan berbagai minyak, losion atau krim ke kulit karena akan merusak bagian gel di pad-nya.
  • Hindari memindahkan pad bagian lain lain saat unit masih menyala.

Terapi

  1. Pad bisa diletakkan pada bagian tubuh yang nyeri seperti gambar di atas
  2. Tekan tombol power
  3. Tekan tombol up atau down untuk meilih 1 dari 5 mode. Mode tidak dapat dikombinasikan
  4. Tekan tombol set/start untuk menentukan mode. Terapi akan dimulai dari intensitas terendah 1-10. Satu sesi berlangsung otomatis selama 15 menit

Menentukan mode terapi

  • Mode terapi 1 digunakan untuk lengan atau bahu
  • Mode terapi 2 digunakan untuk punggung bawah
  • Mode terapi 3 digunakan untuk kaki atau telapak kaki
  • Mode terapi 4 untuk mode pijat meremas
  • Mode terapi 5 untuk mode pijat mengusap

Jika Anda ingin mengganti mode saat terapi berlangsung, tekan tombol Set/Start dan tombol up atau down untuk memilih mode yang Anda inginkan. Anda hanya bisa menggunakan SATU MODE dalam satu waktu.

Jika anda tidak menekan tombol Set/Start untuk memilih mode, unit akan otomatis mati setelah 3 menit.

Semua mode bisa digunakan pada bagian tubuh atau nyeri. Sebaiknya Anda membaca manual dengan detil terlebih dahulu untuk emnentukan terapi yang tepat.

Syarat Kondisi

Rasa nyeri memang harus segera ditangani untuk mencegah sakitnya menjadi lebih parah ataupun kronik. Satu sesi terapi TENS berlangsung selama 15 menit sebelum mati secara otomatis. Setelah itu cek seberapa nyeri yang Anda alami (dari 1 – 10) setelah terapi untuk melihat hasilnya. Hentikan sesi terapi jika nyeri sudah mereda atau hilang.

Anda bisa melakukan  maksimal 2 sesi terapi dalam satu waktu. Terapi TENS sebaiknya hanya digunakan 3 kali sehari

Perlu diingat bahwa terapi dengan jangka waktu lama dan stimulasi yang kuat dapat menyebabkan kelelahan otot dan dapat menyebabkan efek yang merugikan.

Kapan harus berhenti menggunakan unit?

  • Jika Anda mengalami efek yang merugikan (iritasi kulit/kemerahan/terbakar, sakit kepala atau rasa sakit lainnya, atau jika anda merasa tidak nyaman).
  • Jika nyeri Anda tidak membaik, menjadi serius dan parah, atau berlangsung lebih dari 5 hari.

Tipe nyeri seperti apa yang cocok untuk di terapi?

Terapi ini bekerja dengan sangat baik untuk nyeri akut karena terlokalisir. Nyeri akut adalah nyeri yang terjadi pada bagian yang sama selama kurang dari 3 bulan. Jika Anda mempunyai nyeri kronik, Anda bisa memiliki nyeri pada lebih dari satu bagian selama lebih dari 6 bulan. Nyeri kronik mungkin adalah gabungan dari masalah lain yang unit ini tidak dapat atasi.

Ingat bahwa unit ini tidak menyembuhkan nyeri Anda atau sumber nyeri. Unit ini hanya untuk meringankan dan meredakan nyeri untuk sementara waktu agar Anda dapat mengontrol hidup Anda dan beraktifitas dengan lebih baik.

Kesimpulan

Omron Electronic Nerve Stimulator HV-F013 adalah produk yang secara efektif dapat mengurangi rasa nyeri jika digunakan dengan tepat. Harganya terjangkau, bentuknya ringkas dan mudah dibawa karena hanya menggunakan catu daya 2 unit baterai AAA. Pengoperasiannya juga gampang dan pad-nya bisa dibersihkan dengan mudah menggunakan air mengalir, dan bisa diganti. Omron Electronic Nerve Stimulator HV-F013 sebaiknya wajib ada di rumah Anda. Sebuah pilihan yang efektif ketimbang bingung mencari tenaga pemijat dan menahan sakit lebih lama bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here