Home Review Review Infinix Smart 8 Pro: Kejutan di Segmen Sejutaan

Review Infinix Smart 8 Pro: Kejutan di Segmen Sejutaan

Infinix Smart 8 Pro adalah smartphone penantang baru di segmen budget. Dengan harga Rp 1.349.000, Smart 8 Pro menghadirkan sejumlah fitur impresif. Keberadaan kamera ganda 50MP, layar dengan refresh rate 90Hz yang halus, dan baterai 5000mAh yang tahan lama, perangkat ini dirancang untuk memenuhi setiap kebutuhan pengguna. Fitur lain yang menonjol seperti notifikasi magic ring, pemrosesan audio DTS, dan Ring Light meningkatkan pengalaman pengguna ke level baru.

Desain dan Build Quality

Infinix Smart 8 Pro tampil dengan desain modern dan trendi yang tidak kalah menarik dibandingkan smartphone di kelas yang lebih tinggi. Bodinya ramping dan ringan dengan ketebalan hanya 8.5mm dan berat 189g, membuatnya nyaman digenggam dalam waktu lama. Pilihan warna yang tersedia, seperti Timber Black, Shiny Gold, Rainbow Blue, dan Galaxy White, memberikan pengguna kebebasan untuk memilih varian sesuai selera.

Pada bagian belakang, terdapat modul kamera yang dihiasi dengan pola garis yang unik dan elegan. Sensor sidik jari terletak di tengah modul kamera, memberikan posisi yang mudah dijangkau untuk membuka kunci layar dengan cepat dan aman.

Infinix Smart 8 Pro tampil dengan layar punch-hole, menambah sentuhan elegan pada penampilan fisik smartphone. Konstruksi dan build quality perangkat ini menunjukkan ketahanan dan kekokohan, menjamin daya tahan dari waktu ke waktu. Desain ergonomisnya, termasuk grip dan faktor bentuk, meningkatkan portabilitas dan penggunaan satu tangan yang lebih nyaman. Panel belakangnya dilengkapi dengan tekstur, memberikan pegangan yang aman dan mencegah tergelincir.

Seperti biasa, bagian smpingkanan dihuni dengan tombol power dan volume, sedangkan bagian bawah berkumpul jack 3,5mm, port USB type C, mikrofon, dan grill speaker. Bezel tegasnya berkontribusi pada estetika keseluruhan ponsel, lebih menekankan desain premiumnya. Secara keseluruhan, Infinix Smart 8 Pro menggabungkan gaya dengan fungsionalitas, menawarkan smartphone yang dibangun dengan baik dan menarik secara visual bagi konsumen yang berhati-hati dalam anggaran.

Layar

Infinix Smart 8 Pro menghadirkan layar luas 6.6 inci dengan desain punch-hole yang modern. Layar ini memiliki resolusi HD+ (720 x 1612 piksel) dan rasio aspek 20:9, memberikan pengalaman menonton video dan bermain game yang lebih imersif. Dengan resolusi layar Full HD+, gambar terlihat tajam dan detail, meningkatkan kejelasan konten secara keseluruhan. Akurasi warna dan kecerahannya cukup baik, membuat foto dan video terlihat hidup dan nyata.

Dengan refresh rate tinggi, layar Infinix Smart 8 Pro cukup responsif terhadap sentuhan dan memberikan visual yang cukup halus untuk penggunaan sehari-hari. Tingkat kecerahan layar yang mencapai 500 nits membuat layar tetap terlihat jelas di bawah sinar matahari langsung.

Proteksi layar tidak disebutkan secara eksplisit, jadi disarankan untuk menggunakan pelindung layar untuk keamanan tambahan. Secara keseluruhan, layar Infinix Smart 8 Pro menawarkan keseimbangan yang baik antara ukuran, resolusi, dan refresh rate untuk pengalaman menonton yang menyenangkan.

Hardware dan Kinerja

Infinix Smart 8 Pro ditenagai oleh chipset yang mampu menyuguhkan kinerja stabil. Hal ini menghasilkan kinerja multitasking yang lancar, kecepatan pengisian aplikasi yang cepat, dan pengalaman pengguna tanpa lag. Efisiensi prosesor dan efisiensi GPU perangkat ini terbukti dalam kemampuannya dalam bermain game, menawarkan pengalaman bermain game yang memuaskan dengan skor grafis tinggi dan benchmark gaming.

Optimisasi sistem dan manajemen termal memastikan kinerja yang konsisten bahkan selama sesi bermain game yang panjang, dengan uji benchmark memperlihatkan kecanggihan perangkat dalam menangani tugas-tugas yang menuntut. Secara keseluruhan, Infinix Smart 8 Pro unggul dalam metrik kinerja, memberikan pengguna smartphone yang handal dan efisien yang memenuhi kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan bermain game yang intensif.

Ditenagai chipset MediaTek Helio G36 dan RAM 8GB, Infinix Smart 8 Pro mampu menangani berbagai tugas dengan baik. Multitasking seperti membuka beberapa aplikasi sekaligus dapat dilakukan tanpa lag yang berarti. Kapasitas RAM yang besar juga memungkinkan pengguna untuk bermain game dengan lancar, meskipun untuk game yang lebih berat mungkin akan ada sedikit lag dan penurunan frame rate.

Teknologi MemFusion memungkinkan pengguna untuk memperluas RAM virtual hingga 16GB, memberikan fleksibilitas tambahan untuk menjalankan aplikasi yang lebih berat. Infinix Smart 8 Pro juga dilengkapi dengan penyimpanan internal 128GB yang cukup untuk menyimpan berbagai file dan aplikasi.

Baterai  dan Pengisian Daya

Salah satu keunggulan utama Infinix Smart 8 Pro adalah baterainya yang besar dengan kapasitas 5000mAh. Kapasitas ini mampu memberikan daya tahan yang luar biasa, memungkinkan pengguna untuk menggunakan smartphone seharian tanpa perlu khawatir kehabisan baterai.

Dalam pengujian, Infinix Smart 8 Pro mampu bertahan selama 2 hari dengan penggunaan normal, termasuk browsing internet, menonton video, bermain game, dan media sosial. Pengguna yang lebih hemat baterai bahkan dapat mencapai daya tahan hingga 3 hari.

Teknologi Power Marathon yang disematkan dalam Infinix Smart 8 Pro membantu mengoptimalkan penggunaan baterai dengan berbagai fitur seperti mematikan aplikasi yang tidak digunakan, mengaktifkan mode hemat daya, dan hibernasi.

Perangkat Lunak dan Antarmuka Pengguna

Infinix Smart 8 Pro dilengkapi dengan sistem operasi Android 13 Go Edition, memberikan pengguna antarmuka yang akrab dan ramah pengguna. Berjalan pada Android 11, ponsel ini menawarkan pengalaman yang mulus dan intuitif, memungkinkan navigasi yang mudah dan aksesibilitas ke berbagai fitur. Salah satu aspek yang mencolok dari perangkat lunak ini adalah tingkat kustomisasinya, memungkinkan pengguna untuk mempersonalisasi perangkat mereka sesuai dengan preferensi mereka.

Selain itu, Smart 8 Pro dilengkapi dengan sejumlah aplikasi pra-instal yang memenuhi berbagai kebutuhan, meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Meskipun beberapa pengguna merasa aplikasi pra-instal ini berguna, yang lain mungkin menganggapnya tak begitu penting. Namun hal tersebut tidak terlalu mempengaruhi antarmukanya yang ettap tampil bersih dan sederhana, memudahkan pengguna untuk menavigasi melalui berbagai pengaturan dan aplikasi tanpa masalah. Secara keseluruhan, perangkat lunak Infinix Smart 8 Pro memberikan keseimbangan yang baik antara kemudahan penggunaan, opsi kustomisasi, dan aplikasi pra-instal penting.

Sistem operasi Android 13 Go Edition sendiri dirancang khusus untuk smartphone budget dengan memori yang terbatas. Android 13 Go Edition menawarkan pengalaman yang lebih ringan dan bebas bloatware, sehingga pengguna dapat menikmati performa yang lebih optimal.

Beberapa aplikasi Go Edition yang tersedia di Infinix Smart 8 Pro termasuk Gmail Go, YouTube Go, Google Maps Go, dan Facebook Lite. Aplikasi ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan dioptimalkan untuk penggunaan data yang lebih hemat.

Kamera

Infinix Smart 8 Pro dilengkapi dengan setup kamera ganda 50MP yang menjanjikan kualitas gambar yang mengesankan di berbagai skenario pemotretan. Dengan fitur pengenalan adegan AI dan mode potret, kamera beradaptasi dengan baik dengan berbagai lingkungan, baik itu fotografi siang hari atau pemotretan dalam ruangan. Stabilisasi gambar kamera memastikan gambar etrmabil dengan jelas dan tidak shaky

Infinix Smart 8 Pro memiliki kamera utama 50MP yang dilengkapi dengan AI Lens. Kamera ini mampu menghasilkan foto yang cukup detail dan jernih dalam kondisi pencahayaan yang baik. AI Lens membantu kamera untuk secara otomatis mengenali scene dan menyesuaikan pengaturan kamera untuk hasil yang optimal.

Kamera depan 8MP cukup untuk mengambil foto selfie dan video call dengan kualitas yang cukup baik. Fitur AI Beautification membantu pengguna untuk mendapatkan hasil selfie yang lebih natural dan menarik.

Galeri Foto

Kesimpulan

Infinix Smart 8 Pro merupakan smartphone budget yang menawarkan keseimbangan yang baik antara kinerja dan uang yang Anda belanjakan.

Infinix Smart 8 Pro merupakan pilihan smartphone budget yang menarik dengan sejumlah keunggulan seperti desain yang stylish, layar yang luas, baterai yang tahan lama, dan performa yang cukup mumpuni. Smartphone ini cocok bagi pengguna yang mencari smartphone untuk penggunaan sehari-hari dengan harga yang terjangkau.