Home Review Review HUAWEI MatePad: Tablet Penunjang Kreativitas dengan Spesifikasi Handal

Review HUAWEI MatePad: Tablet Penunjang Kreativitas dengan Spesifikasi Handal

Generasi Milenial dan Gen Z memiliki karakter yang mandiri, percaya diri, dan otonom. Mereka tumbuh dewasa dengan Internet. Karena itu mereka dapat memperoleh informasi dengan lebih mudah dan mengeksplorasi potensi mereka.

Generasi ini membutuhkan perangkat pendamping yang cerdas, seperti tablet yang bisa menunjang proses belajar, memiliki fitur-fitur kreatif, mengelola file dengan mudah, bisa menayangkan konten hiburan dengan audio visual memukau, dan jangan lupa: bermain game dengan lancar.

HUAWEI MatePad tampaknya memenuhi semua semua yang disyaratkan mileniula dan Gen Z saat ini. Selian fungsi kreativitas dan hiburan, Matepad juga memiliki pelindung mata cerdas multi-layer yang memberikan perlindungan ekstra bagi siswa saat menghabiskan waktu belajar. Selain itu, HUAWEI MatePad dilengkapi dengan Kirin 820 SoC yang bertenaga, dengan fitur Da Vinci NPU dari Huawei sendiri untuk menghasilkan komputasi AI yang hebat.

Desain

Huawei MatePad memlliki desain layaknya tablet kekinian. Pilhan warna Midnightr Grey membuatnya tampil elegan seklaigus cerdas. Bodi tipis dengan ketebalannya 7,35 mm saja. Bobotnya 450 gram, tergolong ringan untuk ukuran tablet sehingga mudah ditenteng dengan satu tangan .

Bagian belakang berbalut material alumunium dengan tampilan polos warna midnight grey. Dalam posisi landscape, Anda dapat melihat modul kamera di bagian kanan atas berbentuk elips yang selaras dengan sudut Matepad. Terdapat dua sensor kamera dan satu flash LED dalam modul yang dikelilingi frame kokoh ini.

Bagian layar dikelilingi bezel dengan ukuran sedang. Berbeda konsep dengan smartphone yang mengandalkan bezel setipis mungkin agar bisa digenggam dan dioperasikan dengan satu tangan, tablet memerlukan bezel yang lebih besar sebagai sandaran jari tangan tanpa menghalangi tayangan di layar. Di sini, ukuran bezel MatePad terasa pas.

Kamera depan kini diletakkan di tengah-tengah bezel atas. Hal ini lebih memudahkan Kita untuk melakukan video meeting yang biasanya menggunakan posisi landscape.

Dalam posisi horisontal, sisi bagian kiri dan kanan masing-masing punya dua speaker stereo, sehingga total ada empat speaker. Di sisi kiri ada tombol Power dan sisi atas ada tombol volume, sementara port USB type-C ada di sisi kanan.

Untuk menampung kartu SIM dan microSD, kompartemennya tersimpan di sisi kiri bawah. Tidak ditemukan jack audio 3.5mm, dan sebagai gantinya pada paket penjualan disediakan converter USB type-C to jack audio 3.5mm.

Layar

MatePad keluaran 2021 ini memiliki ukuran layar adalah 10,4 inci 2K FullView Display dengan resolusi 2000 x 1200 piksel berbahan IPS dengan keraparatn 225ppi. Dengan brightness 470 nits, layarnya cerah dan masih cukup nyaman ketika digunakan dalam kondisi outdoor saat matahari terik. Selain itu, tentu saja Anda bisa melakukan pengaturan brightness secara manual atau otomatis tergantung kondisi cahaya lingkungan.

Tidak ketinggalan tersedia 2 pengaturan mode yaitu mode light dan mode dark. Untuk kenyamanan pandangan, terutama saat membaca ebook, tersedia pula pilihan ebook mode agar mata tidak mudah lelah.

Oiya, meski fungsi utamanya sebagai tablet, Huawei juga menyediakan pilihan untuk beralih ke mode desktop. Mode ini menawarkan experience layaknya menggunakan laptop. Tentu saja akan lebih nyaman ketika Anda menambahkan keyboard serta mouse nirkabel yang bisa dibeli terpisah.

Kamera

MatePad memiliki kamera belakang dengan resolusi 8 MP yang dilengkapi dengan autofocus dan lampu kilat. Kamera selfienya juga memiliki resolusi yang sama, 8MP.

Fitur kameranya cukup lengkap. Di kamera utama, Anda akan menjumpai pilihan Pro, Panorama, Light Painting, HDR, Time-Lapse, Moving Picture, Stickers, dan Document. Lumayan lengkap untuk sebuah kamera tablet.

Pada pilihan Pro terdapat pengaturan lengkap yang terdiri dari White Balance, Auto Focus, Exposure value, Shutter speed, ISO, dan Manual, bahkan ada pilihan RAW. Kemampuan merekam videonya bisa mencapai resolusi 1080p dengan frame rate 30fps.

Selain itu, spesifikasi kamera depan untuk kegiatan untuk belajar jarak jauh atau meeting online, sudah mencukupi. Gambar yang dihasilkan jelas. Pencahayaan yang cukup dapat membantu mengahsilkan gambar atau video meeting yang lebih detil.

Sampel foto

Audio

Huawei menggunakan konfigurasi 4 large-amplitude loudspeakers + 4 smart
PAs yang menghasilkan suara suround yang berimbang. Empat speaker dengan dua speaker terletak di sisi kiri dan dua lagi di sisi kanan. Dengan dukungan dari produsen audio kelas atas Harman/Kardon, kualitas suara yang dihasilkannya lantang dan tetap jernih. TAk sampai disini, Huawei juga turut menyematkan teknologi HUAWEI Histen 6.1 yang mampu menghadirkan 9.1 audio channel untuk 3D audio effect.

Saat kami naikkan volume 100%, suara terdengar keras, namun tidak pecah. Suara trebel dan bass terdengar berimbang dan terasa lebih wide, -tentu berkat peletakan empat speaker tersebut-. Hal ini membuat pengguna MatePad tak perlu menggunakan earphone saat kegiatan belajar atau berkantor, demikian juga cocok cocok untuk aktivitas hiburan seperti menonton film hingga main game.

Output suara yang bagus ini ditunjang dengan empat mikrofon yang mampu menangkap suara kita dengan baik meski dalam jarak normal untuk aktivitas seperti belajar jarak jauh maupun meeting melalui zoom.

Tidak ada jack audio 3,5mm di bodi MatePad ini. Huawei juga tidak menyertakan earphone pada paket pembelian. Anda bisa menggunakan earphone dengan jack USB tipe-C yang banyak tersedia di pasaran. Sebagai alternatif, Huawei menyediakan adapter USB type-C to 3,5mm audio jack jika sewaktu-waktu Anda ingin menggunakan earphone konvensional untuk mendengarkan musik, berkonsentrasi belajar online, atau meeting yang lebih personal.

Performa dan Fitur

Seperti disebut di awal, tablet ini dipersenjatai dengan chipset lebih baru. Jika Huawei MatePad 10.4 2020 menggunakan Kirin 810, maka versi 2021 ini menggunakan Kirin 820. Salah satu yang jadi pembeda adalah dukungan konektivitas 5G. Chipset ini sendiri merupakan chipset yang ditujukan untuk perangkat kelas menengah ke atas.

Kirin 820 5G merupakan chipset octa-core dengan pemrosesan 7nm yang memiliki inti utama (Cortex-A76) dengan clock 2.36GHz dan tiga core kinerja (Cortex-A76) pada 2.22GHz dan untuk core efisiensi menggunakan clock di 1.84GHz.

Untuk GPU-nya menggunakan chipset hexa-core Mali-G57 yang mendukung GPU Turbo 3.0. MatePad juga memiliki dedicated prosesor Ai Huawei Da Vinci NPU yang menghadirkan kecerdasan AI.

Huawei MatePad 5G 2021 dilengkapi dengan kapasitas memori yang lebih besar dibanding seri sebelumnya. Hadir hanya dalam satu varian saja, MatePad versi 2021 ini memiliki kapasitas RAM 4 GB dan memori penyimpanan internal sebesar 128 GB. Ada juga dukungan penyimpanan eksternal melalui slot micro SD yang dapat diekspand hingga 512 GB.

Di atas kertas chipset ini cukup untuk melakukan pekerjaan rutin seperti membuka dan mengedit tugas di Google Docs, meeting dengan Zoom atau Google Meet, browsing, chatting maupun video call, atau menonton YouTube. Bahkan untuk pekerjaan berbasis teks bisa dilakukan dengan cepat. Begitu juga saat bermain-main dengan aplikasi foto editor gambar seperti Snapseed, tak ada hambatan berarti.

Saat pengujian, Kami membuka beberapa aplikasi produktivitas dan komunikasi yang sering dipakai sehari-hari seperti email, Google Docs, Whatsapp, dan Instagram. Bahkan untuk menjalankan game pun masih cukup lancar. Kami sendiri coba memasang game PUBG Mobile untuk sekedar melihat gambaran nyata performanya. Secara default pengaturan detail grafisnya ada pada pilihan Graphics HD, Frame Rate High, dan Style Classic. Game dapat dimainkan tanpa kendala.

MatePad juga menyediakan HUAWEI Share Multi-Screen Collaboration dimana Anda bisa berbagi ide yang dituangkan melalui layar tablet Anda ke rekan yang lain dan emreka dapat memberi komentar atau masukan. Untuk berkomunikasi, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Mee Time. Tak ada kendala saat melakukan panggilan video atau suara melalui MeeTime. Semua berjalan lancar dan seamless.

Untuk membantu anak-anak dalam kegiatan belajar daring, MAtePad menyediakan fitur-fitru seperti eBook mode, Multi Window, App Multiplier, dan Kids Corner

Baterai

Huawei MatePad 5G 2021 memiliki kapasitas baterai besar yaitu 7250 mAh. Kemampuannya pun menakjubkan. Kami menguji daya tahannya menggunakan PCMark Battery Life, dan hasilnya tablet mampu bertahan hingga 23 jam lebih, atau hampir sehari penuh. Sebagai catatan khusus, ini merupakan daya tahan paling lama selama pengujian yang kami lakukan.

Kami juga coba memainkan PUBG Mobile dalam waktu sekitar 35 menit. Hasilnya, baterai dari kondisi 52% turun jadi tinggal 43% yang artinya berkurang sekitar 9% saja.

Pengisian daya baterainya mendukung fast charging 22,5 watt. Untungnya, adaptor yang disertakan dalam paket juga memiliki daya yang sama sehingga pengisian bisa berjalan maksimal. Untuk pengisian daya, kami mengisi baterai dalam kondisi 19% hingga 97% dalam waktu 1 jam 35 menit. Jadi jika dirata-rata pengisian dari 0% ke 100% kurang dari 2 jam.

Sistem Operasi

Sistem operasi yang digunakan yaitu Android 10 dengan antarmuka EMUI 10.1.1. Untuk mengoperasikannya, Huawei menyertakan pilihan mode three-key navigation dan gesture. Keduanya bekerja cukup baik dan menyenangkan. Fitur-fitur lain dari EMUI juga menarik dan tidak jauh berbeda dengan tablet Adroid terbaru saat ini.

Karena tidak menggunakan GMS, maka tablet ini tidak menggunakan Google Play Store. Sebagai gantinya Huawei menyediakan AppGallery. AppGallery menyertakan fitur pencarian yaitu Petal Search. Jadi, jika aplikasi yang Anda cari tidak dijumpai di AppGallery, maka Petal Search akan mencarikannya melalui pihak ketiga. Dan Anda tinggal mengunduh dan memasangnya, termasuk aplikasi milik Google seperti Youtube, Chrome, Google Maps, dan lainnya juga bisa dipasang sendiri.

Tapi jika misalnya Anda tidak juga menemui APK yang dicari, gampang. Solusinya, cari saja melalui search engine dari browser dan ketikan aplikasi yang dicari. Kami sendiri tidak menjumpai game PUBG Mobile dari AppGallery. Jadi kami buka browser dan mengetikkan PUBG Mobile APK. Setelah ketemu, unduh dan pasang. Selesai. Mudah kok.

Oiya, Huawei juga sudah memperbarui layanan maps dengan hadirnya Petal Maps. Ini membuat layanan berbasis map, seperti Gojek dan Grab bisa berjalan dengan lancar. Dan jika merasa kurang lengkap, Anda masih bisa memasang Google Maps sendiri melalui pencarian dari AppGallery.

Dan sekali lagi perlu diperhatikan jika mengunduh file APK dari situs tertentu. Usahakan selalu dari situs populer atau terpercaya. Ini demi menjaga keamanan dari ancaman virus, malware, phising dan sejenisnya.

Kesimpulan

HUAWEI MatePad 5G dengan harga Rp4.499.000 ini memiliki beragam peningkatan yang cukup signifikan, selain penggunaan chipset yang lebih canggih, kehadiran audio besutan Harman/Kardon yang lantang namun tetap jernih, serta layar lebar 10,4 inci membuatnya menjadi tablet multimedia yang lengkap.

Untuk pembelajaran jarak jauh maupun meeting, tablet ini sangat layak dipertimbangkan. Ohya, jangan lupa tablet ini sudah memiliki kemampuan beroperasi di jaringan 5G dan Wifi 6 Lho!

Tak perlu kuatir kenyamanan Anda akan berkurang karena ketiadaan GMS. App Gallery menyediakan aplikasi-aplikasi yang Anda butuhkan. Hadirnya mesin pencari Petal Search membantu Anda menemukan lebih banyak lagi apikasi populer.

Yang Ada di Dalam Boks

Selain unit tablet, didalam boks penjualan juga sudah terdapat adaptor 22,5 watt, kabel USB type-C, SIM ejector, dan manual. Karena tablet ini tidak menyertakan jack audio 3.5mm, disertakan pula converter USB type-C to jack 3.5mm. Dan sayangnya tidak disertakan earphone.

Spesifikasi