Home Gadget Review Bardi Smart IR Remote : Satu Gawai Mengatur Semua Perangkat Rumah

Review Bardi Smart IR Remote : Satu Gawai Mengatur Semua Perangkat Rumah

Konsep Smart Home alias rumah pintar selalu berupaya untuk meringankan beban penghuninya, membuat aman dan nyaman, melalui penyatuan semua kontrol hanya dengan satu perangkat saja dan bisa diakses dari mana saja.

Bardi sebagai produsen gadget pintar untuk mewujudkan “rumah pintar” yang Anda dambakan, telah merilis sejumlah perangkat dengan harga yang relatif terjangkau namun dengan kualitas yang bisa diandalkan. Termasuk salah satunya adalah Bardi Smart IR Remote 10M yang masuk ke meja review kami kali ini.

Ringan, Mungil, Mudah Diletakkan di Mana Saja

Perangkat yang dibanderol dengan harga resmi Rp 160.000 ini sangat ringan dan mungil, sehingga mungkin akan sering tertukar dengan wadah bedak istri Anda. Memiliki hanya satu tombol dengan gambar sinyal WiFi dan satu colokan Micro USB di bagian belakang.

Tapi perangkat ini mampu memancarkan sinyal Infrared hampir ke seluruh penjuru. Sehingga jika diletakkan di posisi yang tepat, tanpa penghalang fisik dan interference elektrik, maka IR Remote ini bisa menyampaikan perintah yang diinput di ponsel ke seluruh perangkat yang ada di rumah Anda.

Anda bisa meminimalisir penggunaan remote tradisional. Tanpa repot mengganti baterai remote tersebut yang mulai tidak seragam. Belum lagi harus mencari remote yang mudah terselip di lipatan sofa misalnya. Hanya dengan menggunakan satu ponsel saja. And you can rule ‘em all.

Setingan Mudah dan Sederhana

Anda pernah mencoba remote IR mengunakan ponsel yang memiliki IR port? Kurang lebih pengaturannya akan semudah itu.

Bagi Anda yang belum pernah mencoba, silakan simak baik-baik. Anda hanya perlu menginstal aplikasi Bardi Smart Home di ponsel Android atau iOS Anda. Lalu hubungkan dengan Hotspot di rumah Anda.

Masukan APN WiFi rumah, dan masukkan passwordnya, untuk kemudian diingat oleh perangkat IR Remote yang akan kita sambungkan.

Sambungkan IR Remote 10M ke kabel power yang telah disediakan, lalu segera tekan tombol WiFi di IR Remote dan tahan hingga 5 detik sampai lampu indikator berkedip.

Setelah lampu berkedip, kembali ke aplikasi lalu pilih tombol konfirmasi bahwa lampu indikator telah berkedip cepat, dan tekan selanjutnya. Maka IR Remote akan terhubung ke Hotspot, lalu dihubungkan juga ke aplikasi. Proses ini membutuhkan waktu. Usahakan sinyal hotspot di rumah terbaca dengan kuat dan stabil.

Ketika sudah terhubung, Anda akan masuk ke halaman penambahan perangkat. Di sini banyak sekali perangkat yang kompatibel dengan remote IR ini. Diantaranya adalah AC, TV, proyektor, kipas angin, STB, dan sebagainya.

Kali ini kami mencoba mengontrol AC dan TV menggunakan IR Remote 10M ini. Untuk itu yang pertama kali kami lakukan adalah memilih AC. Lalu pilih berdasarkan merek AC yang Anda miliki.

Sampai sini, Anda harus mencoba satu persatu profile yang tersedia. Tekan tombol power, jika tidak ada respon, maka beralihlah ke profile selanjutnya dengan menekan tombol next. Di sebelah tombol Next ada counter yang memeprlihatkan jumlah profile yang tersedia dan profile manakah yang tengah Anda coba.

Jika keduanya sudah berhasil. Maka untuk mengaktifkan TV dan AC di rumah kami, diperlukan hanya satu ponsel saja.

Atau jika di rumah Anda sudah terhubung dengan ekosistem perintah suara, semisal Google Voice Assistant dan Amazon Alexa, maka Anda hanya perlu meminta mereka untuk menyalakan dan mematikan TV dan AC hanya dengan suara. Futuristik sekali, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here