Home Apps & Platform Qualcomm Hadirkan Snapdragon 888

Qualcomm Hadirkan Snapdragon 888

Pada hari pertama Snapdragon Tech Summit Digital, President, Qualcomm Incorporated, Cristiano Amon, berbicara pada panggung virtual bersama dengan pemimpin-pemimpin industri untuk memaparkan peran penting dari platform mobile Qualcomm® Snapdragon™ 8-Series yang telah membawa pengalaman terdepan untuk perangkat-perangkat generasi selanjutnya. Inovasi Qualcomm Technologies pada seri premium, bersamaan dengan evolusi teknologi 5G, semakin berkembang pesat dalam menambah dan mendefinisikan ulang pengalaman imersif konsumen. Penyebaran pada pengalaman seri premium ini telah dan akan terus memperkaya hidup dari miliaran pengguna smartphone di seluruh dunia.

“Menciptakan pengalaman premium membutuhkan fokus berkelanjutan pada inovasi, komitmen jangka panjang, bahkan pada situasi yang penuh ketidakpastian sekali pun,” jelas Cristiano Amon, President, Qualcomm Incorporated. “Komitmen ini membutuhkan organisasi yang fokus pada masa depan untuk terus mengantarkan tekologi-teknologi guna mendefinisikan ulang pengalaman premium kepada konsumen.”

Memulai Era Baru untuk Mobile

Qualcomm Technologies membangun teknologi-teknologi dasar pada smartphone terlebih dahulu, kemudian teknologi-teknologi ini dikembangkan menjadi seri-seri Snapdragon yang lebih luas dan merambah ke lini segmen penting lainnya, seperti Always On, Always Connected PCs, perangkat Extended Reality (XR), produk-produk Edge/Cloud AI, 5G Fixed Wireless Broadband, dan lainnya. Kebutuhan dan kompleksitas pada aplikasi yang beragam bergantung pada inovasi yang datang dari terobosan-terobosan di seri premium. Alex Katouzian, Senior Vice President and General Manager, Mobile, Compute, and Infrastructure, Qualcomm Technologies, Inc., memperkenalkan flagship terbaru perusahaan, Qualcomm® Snapdragon™ 888 5G Mobile Platform, yang membawa pengalaman premium untuk pengguna.

Lekha Motiwala, Director of Product Management for Qualcomm Technologies, Inc., membagikan tampilan dalam pada produk paling premium yang ditawarkan perusahaan.

• Snapdragon 888, dengan Qualcomm® Snapdragon™ X60 5G Modem-RF System generasi ketiga, memungkinkan kompatibilitas global dengan menawarkan mmWave dan sub-6 pada seluruh pita-pita besar di dunia, dan juga mendukung 5G carrier aggregation, multi-SIM global, stand alone, non-stand alone, dan Dynamic Spectrum Sharing.

Qualcomm® AI Engine generasi keenam terbaru dengan prosesor Qualcomm® Hexagon™ yang telah dirancang ulang sepenuhnya, membawa kemajuan besar pada AI dibandingkan dengan generasi sebelumnya untuk meningkatkan kinerja, hemat daya— kini dengan performa 26 tera operations per second (TOPS) yang menakjubkan. Platform ini ditingkatkan lebih lanjut dengan Qualcomm® Sensing Hub generasi kedua, yang membawa Always-On AI processing berdaya rendah untuk fitur-fitur intuitif dan pintar.

• Sejak awal dikembangkan, Qualcomm® Snapdragon Elite Gaming™ telah membawa puluhan teknologi mobile pertama dalam smartphone, termasuk Updateable GPU Drivers, Desktop Forward Rendering, dan frame rates mencapai 144 frames per second (fps). Snapdragon Elite Gaming generasi ketiga pada Snapdragon 888 membawa peningkatan paling signifikan dari Qualcomm Technologies pada performa Qualcomm® Adreno™ GPU.

• Snapdragon 888 akan membawa peningkatan signifikan pada masa depan dari komputasi fotografi dan mengubah smartphone menjadi kamera berkualitas profesional. Dengan kecepatan gigapixel yang ditingkatkan, pengguna Qualcomm Spectra™ ISP dapat menangkap foto dan video pada 2,7 gigapixel per detik atau sekitar 120 foto pada resolusi 12MP—hingga 35% lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.

Pada sesi presentasi utama, Qualcomm Technologies mendemonstrasikan kemampuan Snapdragon 888 melalui mobil balap yang dikontrol oleh radio dan tersambung sepenuhnya pada 5G mmWave. Dua mobil balap disambungkan dengan jaringan private 5G yang dirancang dengan bantuan Verizon dan Ericsson dan dikontrol dengan 5G menggunakan desain referensi Snapdragon 888 dan Snapdragon X60 5G Modem-RF System. Para pengemudi mengkontrol mobil-mobilnya dari jarak lebih dari satu mil dan menyaksikan video siaran langsung jalur sirkuitnya dari jauh menggunakan kemampuan penangkapan gambar yang luar biasa dari Snapdragon 888. Terlebih lagi, dengan dukungan Tension, perlombaan dapat disaksikan pada beberapa siaran berlatensi rendah untuk mengawasi posisi mobil-mobil yang dikontrol oleh radio dengan peta dinamis menggunakan kemampuan lokasi terbaru dari Qualcomm® Location Suite dengan akurasi yang ditingkatkan. Demonstrasi ini menunjukkan kemungkinan-kemungkinan penggunaan ketika komunikasi dengan performa yang tinggi, dapat diandalkan, dan berlatensi rendah menjadi kebutuhan standar.

Bersama dengan Amon, Katouzian, dan Motiwala juga terdapat para pemimpin ekosistem (berdasarkan urutan saat tampil di panggung):

• “Verizon memimpin dalam menampilkan kemampuan transformatif dari 5G Ultra Wideband,” jelas Nicola Palmer, Chief Product Officer at Verizon. “Snapdragon Tech Summit Digital 2020 yang diselenggarakan oleh Qualcomm Technologies memberikan kami kesempatan untuk merefleksikan kesuksesan Verizon tahun ini, termasuk peluncuran cakupan 5G untuk satu negara, puluhan kota-kota 5G Ultra Wideband, penyebaran MEC, dan sejumlah perangkat dan inovasi 5G. Acara ini juga memberikan kami kesempatan untuk memproyeksikan tahun 2021 selagi kami menghadirkan banyak kemungkinan dari 5G pada bisnis, perseorangan, dan komunitas”.

• “NTT DOCOMO telah menjadi inovator mobile terdepan di Jepang untuk hampir 30 tahun dan kepemimpinan kami berlanjut hingga era 5G, sebagai operator pertama di Jepang yang meluncurkan layanan 5G komersial pada bulan Maret tahun ini,” sebut Naoki Tani, Executive Vice President and Chief Technology Officer, NTT DOCOMO, INC. “5G memungkinkan era baru pada pengalaman mobile yang membuat kehidupan penggunanya lebih mudah dan nyaman. Pengalaman tersebut dibawa oleh jaringan 5G DOCOMO melalui portofolio perangkat-perangkat 5G kami yang ditenagai oleh platform mobile Qualcomm Snapdragon 5G. Kami menantikan generasi selanjutnya dari perangkat-perangkat 5G yang ditenagai oleh Snapdragon 888 5G Mobile Platform dari Qualcomm Technologies yang terdepan di industri untuk membawa pengalaman terbaik pada jaringan 5G DOCOMO.”

• “Kerja sama kami dengan Qualcomm Technologies selaras dengan misi kami untuk membawa teknologi terbaru Natural Language Processing pada peneliti dan pemain bisnis di seluruh dunia, dan bekerja secepat dan seefisien mungkin” jelas Clément Delangue, Co-founder and Chief Executive Officer of Hugging Face. “Kami ingin produk-produk kami bekerja pada platform mobile paling premium… yang adalah Qualcomm Snapdragon.”

• “Smartphone seri Xperia dirancang dengan fitur-fitur dari advanced imaging dan teknologi-teknologi hiburan milik Sony, dan sangat esesnsial bagi produk kami untuk ditenagai oleh platform mobile Snapdragon premium agar dapat memberikan pengalaman terbaik pada kelasnya untuk para konsumen kami. Salah satu pengalaman hiburan yang sangat kami gemari adalah mobile gaming, dan kami sangat senang dengan respon positif yang kami terima dari konsumen di seluruh dunia untuk Xperia 1 II and Xperia 5 II,” sebut Mitsuya Kishida, President, Sony Mobile Communications Inc.

“Kami berkomitmen untuk meningkatkan lebih jauh hiburan mobile pada era 5G dan menantikan untuk bekerja lebih dalam dengan Qualcomm Technologies untuk kembali membawa mobile gaming berkelas dunia dan pengalaman lainnya.”

• “Dalam kolaborasi dengan Epic Games, OnePlus 8 Series menjadi smartphone pertama yang menghadirkan Fortnite pada 90 FPS, pencapaian terobosan mobile gaming yang dimungkinkan dengan dukungan Qualcomm Snapdragon Elite Gaming,” sebut Kyle Kiang, Chief Marketing Officer, OnePlus.

• “Pada beberapa dekade terakhir, sejak generasi pertama dari smartphone Xiaomi hingga seri masterpiece Xiaomi 10 yang juga menandai perayaan hari jadi kami ke-10, kami bekerja sama dengan Qualcomm Technologies untuk menghadirkan pengalaman mobile paling canggih kepada pengguna di seluruh dunia,” said Lei Jun, Founder, Chairman and Chief Executive Officer Xiaomi.

“Snapdragon 888 adalah mobile platform paling canggih dari Qualcomm Technologies. Bersamaan dengan konektivitas 5G terdepan di industri, Qualcomm telah membawa terobosan-terobosan baru dan inovasi pada AI, gaming, dan kamera. Kami bangga bahwa smartphone flagship terbaru kami Mi11 akan menjadi salah satu yang pertama hadir dengan dukungan Snapdragon 888. Produk canggih dari kami ini akan dilengkapi dengan beragam teknologi-teknologi hardcore.”

• OEM-OEM berikut memberikan dukungannya pada Snapdragon 888, termasuk ASUS, Black Shark, Lenovo, LG, MEIZU, Motorola, Nubia, realme, OnePlus, OPPO, Sharp, vivo, Xiaomi, dan ZTE.