Home Commerce Pendapatan Naik Lampaui 22%, Erajaya Active Lifestyle Rajin Manfaatkan Peluang

Pendapatan Naik Lampaui 22%, Erajaya Active Lifestyle Rajin Manfaatkan Peluang

PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (ticker code: ERAL) mengumumkan laporan keuangan untuk periode tahun 2023 dengan mencatatkan peningkatan pada penjualan bersih sebesar 22,8% YoY menjadi Rp3,73 triliun dari tahun sebelumnya, yaitu Rp3,04 triliun. Perseroan mencatatkan laba bersih setelah pajak yang diatribusikan kepada pemegang saham sebesar Rp211 miliar dengan marjin laba bersih sebesar 5,7% sepanjang tahun 2023 melalui strategi ekspansi jaringan ritel dan portofolio bisnis baru.

Beberapa ringkasan kinerja keuangan dapat dilihat sebagai berikut:

•   Pendapatan tumbuh sebesar 22,8% menjadi Rp3,73 triliun.

•   Margin laba kotor sebesar 13,7%.

•   Laba bersih tahun berjalan yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar

Rp211 miliar dengan margin laba bersih sebesar 5,7%.

•   Membawa dua brand baru ke Indonesia yakni 6IXTY8IGHT dan MST Golf.

•   Menambah 56 gerai baru pada tahun 2023 sehingga kini memiliki total 116 gerai.

”Fokus pada pengembangan dan produktifitas bisnis yang telah ada, seperti Urban Republic, Garmin Brand Stores, DJI Experience Stores, JD Sports dan lainnya menghasilkan kenaikan penjualan bersih di tahun 2023. Di samping itu, performa bisnis juga mendapatkan momentum tambahan di kuartal 4 dengan tingginya permintaan selama libur akhir tahun, serta maraknya peluncuran berbagai produk baru sehingga menggugah minat masyarakat untuk berbelanja produk–produk gaya hidup terkini seiring tren yang berganti dengan cepat. Sebagai peritel gaya hidup aktif terkemuka di Indonesia, kami akan terus mengeksplorasi brand–brand baru dan unik yang berpotensi dikembangkan untuk pasar Indonesia agar bisa memberikan kontribusi yang positif terhadap Perusahaan,” kata Djohan Sutanto, Direktur Utama PT Sinar Eka Selaras, Tbk.

Membawa dua brand baru ke Indonesia yakni 6IXTY8IGHT dan MST Golf menjadi salah satu inisiatif bisnis yang dilakukan ERAL pada tahun 2023. MST Golf Indonesia merupakan kolaborasi ERAL bersama MST Golf Group Bhd. sebagai peritel golf ternama di Malaysia, sementara 6IXTY8IGHT adalah merek fashion apparel yang berasal dari Hong Kong.

Strategi yang konsisten dijalankan ERAL adalah melibatkan komunitas dari berbagai kategori sebagai cara untuk tumbuh bersama sekaligus memahami kebutuhan dari pengguna. Strategi ini juga berguna untuk mempertahankan pelanggan Perseroan, sekaligus untuk menjangkau pelanggan baru.  Selama  tahun 2023,  Perseroan telah  mengadakan lebih dari 200 acara komunitas gaya hidup aktif dengan berbagai brand yang berada dibawah naungan Perseroan seperti DJI, GARMIN dan Urban Republic yang diikuti lebih dari 39.000 peserta. Beberapa event komunitas yang telah Perseroan selenggarakan diantaranya URmazing Run 2023, Garmin Morning Ride, serta DJI Workshop & Sunset Catching, dan berbagai event lainnya.

Sepanjang tahun 2023, ERAL memperluas jaringan ritelnya dengan penambahan 56 gerai baru sehingga pada akhir tahun 2023 sudah memiliki 116 gerai. ERAL terus menggarap wilayah

yang berpotensi untuk dikembangkan seperti di luar Pulau Jawa dengan mengoperasikan 35 gerai di berbagai wilayah seperti Medan, Denpasar dan Makassar. Perseroan optimistis bahwa tren permintaan produk gaya hidup aktif juga memiliki potensi untuk tumbuh pesat di luar Pulau Jawa.