
Sebuah postingan di TikTok sempat viral terkait dengan ketidaknyamanan seorang customer yang merasa tidak dihargai. Customer tersebut hendak membeli iPhone 12 terbaru di gerai iBox di salah satu Mall di Jakarta Selatan.
Customer dengan akun TikTok @julio.ioio menduga bahwa ia kurang dihargai oleh staff iBox karena memakai sandal jepit, celana pendek, dan kaos saja. Ia kemudian memposting pengalamannya tersebut di paltform TikTok dan sempat menjadi buah bibir di kalangan Netizen.
Erjaya sebagai pemilik gerai iBox yang merupakan gerai resmi penjualan produk Apple di Indonesia kemudian emnanggapi melalui surat resmi yang dikirim melalui email ke redaksi Canggih ID.
Dari penjelasan Erajaya, terdapat perbedaan kronologis kejadian antara yang disampaikan oleh akun @julio.ioio dengan pantauan CCTV di gerai dan keterangan staff iBox. Berikut adalah keterangan resmi dari pihak Erajaya:
Dengan Hormat,
Melalui surat ini PT Erajaya Swasembada Tbk. dan iBox, anak usahanya, ingin menanggapi beredarnya video pengalaman berbelanja di salah satu gerai iBox di jejaring social TikTok melalui akun @julio.ioio (“Video Pengalaman Berbelanja”).
Pertama-tama, kami selalu menghargai dan menyambut baik masukan pelanggan. Feedback yang konstruktif dan faktual akan membantu memperbaiki dan meningkatkan pelayanan staf di seluruh jaringan ritel Erajaya Group.
Setelah kasus ini ditelusuri, termasuk mewawancarai staf yang terlibat dan me-review rekaman CCTV di toko bersangkutan, berikut adalah kronologis yang dapat kami simpulkan terjadi:

Menimbang adanya perbedaan antara kronologis kejadian yang disampaikan oleh staf kami juga hasil rekaman CCTV di lokasi toko kami dengan “Video Keterangan Berbelanja” yang telah beredar, oleh sebab itu untuk dapat mengetahui lebih jauh persepsi kurangnya pelayanan staf iBox, kami telah mengundang pemilik akun TikTok @julio.ioio melalui Direct Message (DM) dan Whatsapp untuk dapat bersilaturahmi, namun hingga saat ini belum mendapatkan tanggapan. Dengan ini kami menghimbau agar yang bersangkutan dapat meluangkan waktu-nya untuk dapat bertemu dengan perwakilan kami dengan menghubungi Customer Care Erajaya Group di 1500372 pada hari kerja Senin-Jumat pada pukul 09.00 – 17.00 WIB dan hari Sabtu pada pukul 9.30 – 15.00, atau melalui email customercare@erajaya.com.
Demikian penjelasan ini kami sampaikan untuk menjadi perhatian. Terima kasih.
Hormat Kami,
Manajemen
PT Erajaya Swasembada Tbk
Update (28/12)
iBox, memberikan informasi terbaru atas kasus “Video Pengalaman Berbelanja” di salah satu gerai iBox, yang awalnya muncul di jejaring social TikTok melalui akun @julio.ioio.
Kedua belah pihak telah bertemu dan sepakat bahwasanya permasalahan yang ada telah diselesaikan dengan baik dan secara kekeluargaan.