Home Tren & Sosial Pemasaran Batik khas Daerah Grobogan

Pemasaran Batik khas Daerah Grobogan

Kabupaten Grobogan dikenal sebagai lumbung pangan Jawa Tengah, selain itu juga dikenal dengan makanan khasnya berupa sale pisang dan sweke. Kabupaten Grobogan saat ini juga memiliki ikon produk lokal khas lain berupa batik tulis.

Batik tulis Grobogan memiliki ciri khas yaitu dari segi corak atau motif, batik tulis Grobogan dikenal memiliki ciri khas berupa motif tanaman/ tumbuhan seperti kedelai, bambu, jati, dan jagung dan berwarna cerah.Kabupaten Grobogan memiliki potensi industri batik tradisional. Batik Grobogan ini sudah ada sejak 1938, tetapi pada tahun 2010 pemerintah menyediakam akses guna menghidupkan lagi eksistensi Batik Grobogan.

Meskipun motif batik yang dikreasi antara satu pengrajin dengan yang lain hampir sama, namun masing-masing tetap memiliki ciri khas tersendiri, terutama corak dan kehalusan cantingannya. Sementara itu, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, yaitu berkisar di harga Rp.150.000,00-Rp400.000,00 untuk / potong bahkan harga bisa lebih. Akan tetapi patokan harga disesuaikan dengan motif dan kerumitan produksinya

Banyak sekali pengrajin batik di kabupaten Grobogan yang cukup sukses menggeluti bidang kerajina ini salah satunya kerajinan Batik Sekartaji Merupakan produsen batik khususnya Batik Grobogan yang dibangun tahun 2014 berlokasi di Jl. Danyang – Kuwu, Kanusan, Pulokulon, Kec. Pulokulon, Kabupaten Grobogan . Batik sekartaji di kelola oleh pemilik bernama Bapak yanto bersama beberapa karyawan.  Untuk lokasi penjualan Bapak Yanto menjual di rumah pribadinya. hingga kini usahanya berkembang karena selalu memunculkan motif terbaru. Pasar batik saat ini menjanjikan. Batik Grobogan mencerminkan keunikan daerah

strategi kerajinan Batik Sekartaji untuk meningkatkan penjualan produknya yaitu dengan selalu menjaga kualitas produk yang digunakan.yaitu mengunakan bahan dasar kain yang tidak mudah rusak saat dicuci, atau sobek dan pastinya bahannya dingin di kulit saat menjadi busana pakai. Para customer  yang diobservasi melalui media sosial merasa produk yang dijual di kerajinan Batik Sekartaji kualitasnya sudah sesuai dengan harga yang ditawarkan.serta memiliki motif yang bagus dan pastinya kekinian ditambah kemasan yang bagus dan tentunya unik

Berdasarkan pengamatan di lapangan juga terlihat banyak customer yang berdatangan dan tidak hanya membeli satu produk saja bahkan sampai puluhan produk hal ini bisa telihat diakun media sosial instagram dari kerajinan Batik Sekartaji

Berdasarkan wawancara lakukan bersama pemilik kerajinan Batik Sekartaji, didapatkan temuan bahwa strategi yang dilakukan kerajinan Batik Sekartaji yaitu dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk memudahkan melakukan promosi. Media sosial yang digunakan adalah Instagram yaitu @yanto_sekartaji. Kemudian promosi yang lain dengan menggunakan sistem giftaway, kegiatan promosi yang dilakukan mampu membuat kerajinan Batik Sekartaji Kabupaten Grobogan menarik calon pelanggan.