Home Apps & Platform Intel Meluncurkan Prosesor 13th Gen Intel® Core™ Mobile dan Prosesor 4th Gen...

Intel Meluncurkan Prosesor 13th Gen Intel® Core™ Mobile dan Prosesor 4th Gen Intel® Xeon® Scalable di Indonesia

Intel Indonesia kembali menggebrak pasar dengan peluncuran prosesor terbaru mereka, yaitu prosesor 13th Gen Intel Core mobile dan prosesor 4th Gen Intel Xeon Scalable. Peluncuran ini membawa kinerja dan pengalaman yang unggul dalam platform mobile serta solusi data center yang paling berkelanjutan dari Intel.

Prosesor 13th Gen Intel Core Mobile hadir dengan kecepatan tertinggi di dunia dan memberikan performa yang luar biasa bagi para pengguna laptop. Dalam kesempatan ini, Intel juga memperkenalkan prosesor 4th Gen Intel Xeon Scalable, yang dirancang khusus untuk kebutuhan data center modern, AI, cloud, jaringan, edge computing, serta superkomputer.

Intel juga mengumumkan ketersediaan lebih dari 40 desain laptop yang menggunakan prosesor 13th Gen Intel Core dari brand-brand terkemuka seperti Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo, dan MSI, dengan harga mulai dari Rp10.000.000++. Ini memberikan pilihan yang lebih luas bagi konsumen dan enterprise di Indonesia.

Keluarga prosesor 13th Gen Intel Core terus berkembang dengan hadirnya keluarga baru. Sebelumnya, Intel telah meluncurkan prosesor desktop “K” yang sudah unlocked pada bulan Desember 2022, termasuk prosesor desktop tercepat di dunia, yaitu 13th Gen Intel Core i9-13900K. Kali ini, Intel melengkapi keluarga prosesor desktop 13th Gen dengan SKU 35 watt dan 65 watt baru yang memberikan efisiensi daya lebih baik tanpa mengorbankan performa dalam gaming, desain, dan produktivitas.

Prosesor 13th Gen Intel Core H-series hadir dengan performa mobile terdepan di industri. Ini termasuk peluncuran prosesor 13th Gen Intel Core i9-13980HX, prosesor mobile tercepat di dunia yang memiliki 24 core. Dengan fitur-fitur unik seperti dukungan untuk memori DDR4 dan DDR5, konektivitas terbaik, dan PCIe Gen 5, prosesor 13th Gen HX memberikan pengalaman gaming mobile terbaik di dunia. Terdapat lebih dari 60 desain laptop yang menggunakan prosesor 13th Gen Intel Core mobile, menawarkan kemampuan streaming, desain, dan kompetisi di level tertinggi.

Intel juga meluncurkan prosesor 13th Gen Intel® Core™ H-series mobile, membawa performa mobile terdepan ke industri komputasi. Dengan meluncurkan prosesor 24-core pertama untuk laptop, yaitu flagship Intel Core i9-13980HX, Intel terus mendorong batas-batas performa dan memperluas peluang komputasi bagi para gamer dan kreator. Prosesor ini juga menjadi prosesor mobile tercepat di dunia saat ini.

Prosesor 13th Gen Intel® Core™ H-series mobile memiliki fitur unik seperti dukungan untuk memori DDR4 dan DDR5, konektivitas terbaik di kelasnya, dan PCIe Gen 5. Hal ini membuat prosesor ini menjadi platform game mobile terbaik di dunia. Selain itu, jumlah desain laptop HX yang menggunakan prosesor 13th Gen Intel® Core™ mobile juga meningkat lima kali lipat dibandingkan dengan desain yang menggunakan prosesor 12th Gen. Para pengguna dapat memilih dari 60 desain HX yang berbeda untuk melakukan streaming, berkreasi, dan bersaing di level tertinggi.

Prosesor 13th Gen Intel® Core™ P-series dan U-series Memperluas Performa Luar Biasa ke Laptop Tipis dan Ringan

Intel juga memperkenalkan prosesor 13th Gen Intel® Core™ P-series dan U-series mobile, yang cocok untuk mereka yang menginginkan performa tinggi saat bepergian dengan sistem yang ramping dan tipis. Desain tertentu berbasis prosesor 13th Gen Intel® Core™ juga akan dilengkapi dengan Intel® Movidius vision processing unit (VPU). Kolaborasi erat dengan Microsoft di Windows Studio Effects memungkinkan berbagai tugas yang sangat mengandalkan kecerdasan buatan (AI) dan diperlukan untuk kolaborasi dan streaming tingkat profesional dipindahkan ke VPU. Hal ini memungkinkan CPU dan GPU untuk fokus pada beban kerja lain atau multitasking.

Prosesor 13th Gen Intel® Core™ mobile yang baru meningkatkan kinerja untuk para pengguna desain generasi berikutnya, laptop tipis dan ringan, laptop lipat, 2 in 1, dan berbagai form factor lainnya. Untuk kebutuhan IoT edge, prosesor 13th Gen Intel® Core™ memberikan beragam fitur industri baru, rentang operasi suhu yang lebih luas, dan CPU dengan performa yang lebih tinggi, serta kemampuan grafis dan performa AI yang lebih baik. Prosesor ini ideal untuk sektor retail, pendidikan, kesehatan, kedirgantaraan, industri, dan smart city. Dengan adanya peningkatan jumlah core dan thread, prosesor baru ini memungkinkan berbagai aplikasi berjalan di satu perangkat, memberikan konsolidasi beban kerja yang lebih baik.

Desain Intel Evo Baru Menampilkan Daya Tahan Baterai yang Lebih Lama dan Pengalaman-Pengalaman Penting

Intel terus meningkatkan standar untuk laptop dan form factor mobile lainnya dengan spesifikasi laptop Intel® Evo™. Desain Intel Evo yang menggunakan prosesor 13th Gen Intel® Core™ membawa tiga pengalaman penting bagi pengguna:

  1. Performa mobile tanpa kompromi: Desain Intel Evo diverifikasi untuk memberikan responsivitas yang konsisten saat tidak terhubung ke colokan listrik, daya tahan baterai yang lebih lama, kemampuan bangun instan, dan pengisian daya yang cepat.
  2. Kolaborasi cerdas: Desain Intel Evo menggunakan teknologi seperti Intel® Connectivity Performance Suite dan Intel® Bluetooth® LE Audio untuk memberikan pengalaman konferensi video yang superior.
  3. Intel® Unison pada desain yang memenuhi syarat: Desain Intel Evo memungkinkan pengalaman multidevice yang mulus, memungkinkan pesan teks, panggilan telepon, notifikasi telepon, dan transfer file dari PC ke ponsel yang mendukung Android atau iOS.

Prosesor 4th Gen Intel® Xeon® Scalable Menghadirkan Performa Terdepan dan Keberlanjutan untuk Data Center

Prosesor 4th Gen Intel® Xeon® Scalable terbaru memberikan kinerja terdepan dengan akselerator terintegrasi paling banyak dari CPU manapun di dunia. Prosesor ini dirancang untuk mengatasi berbagai tantangan komputasi terpenting dalam bidang kecerdasan buatan (AI), analitik, jaringan, keamanan, penyimpanan, dan komputasi performa tinggi. Selain itu, prosesor ini juga merupakan prosesor data center Intel yang paling berkelanjutan, dengan berbagai fitur yang mengoptimalkan daya dan kinerja, sehingga sumber daya CPU menjadi lebih optimal untuk mencapai tujuan keberlanjutan.

Prosesor 4th Gen Intel® Xeon® Scalable memberikan peningkatan efisiensi kinerja per watt rata-rata hingga 2,9x untuk beban kerja yang menggunakan akselerator terintegrasi. Selain itu, prosesor ini juga menghemat daya hingga 70 watt per CPU dalam mode daya yang dioptimalkan dengan kehilangan performa minimal. Dibandingkan dengan prosesor pesaing yang sebanding, prosesor 4th Gen Intel® Xeon® Scalable unggul dalam performa CPU, performa per watt yang lebih tinggi, dan total cost of ownership (TCO) yang lebih rendah dalam beban kerja yang penting seperti database, jaringan, dan penyimpanan.

Prosesor 4th Gen Intel® Xeon® Scalable juga menawarkan keberlanjutan dengan mengurangi kebutuhan akan akselerasi diskrit tambahan dan membantu pelanggan dalam mencapai tujuan keberlanjutan mereka. Prosesor ini juga mencapai inferensi real-time PyTorch hingga 10x lebih tinggi dan kinerja pelatihan dengan akselerator Intel® Advanced Matrix Extension (Intel® AMX) terintegrasi. Dengan adanya perangkat lunak AI dari Intel, para pengembang dapat menggunakan alat AI pilihan mereka dan meningkatkan produktivitas serta mempercepat waktu pengembangan AI. Prosesor 4th Gen Intel® Xeon® Scalable juga dioptimalkan untuk jaringan berperforma tinggi, berlatensi rendah, dan beban kerja edge.

Prosesor 4th Gen Intel® Xeon® Scalable juga menghadirkan fitur-fitur baru seperti peningkatan bandwidth memori dengan DDR5, peningkatan bandwidth I/O dengan interkoneksi PCIe 5.0 dan Compute Express Link (CXL) 1.1. Intel juga menawarkan portofolio komputasi confidential yang paling komprehensif di industri ini, termasuk isolasi aplikasi untuk komputasi data center dengan Intel® Software Guard Extensions (Intel® SGX). Arsitektur modular dari prosesor ini memungkinkan Intel untuk menawarkan berbagai pilihan prosesor yang luas untuk berbagai kasus penggunaan atau aplikasi pelanggan.

Simon Chan, Managing Director, Sales, Marketing & Communications Group, Intel – Southeast Asia, South Asia, dan ANZ mengatakan, “Kami sangat senang dapat memperkenalkan prosesor 13th Gen Intel® Core™ mobile terbaru kami di Indonesia, yang melengkapi keluarga prosesor 13th Gen kami. Hal ini memungkinkan para gamer, kreator, dan penggemar komputer merasakan kinerja tinggi di segmen laptop. Kami juga berkomitmen untuk memperkuat industri data center di Indonesia dan menjawab kebutuhan komputasi perusahaan dengan Prosesor 4th Gen Intel® Xeon® Scalable terbaru, yang mencakup kinerja, efisiensi, keamanan, dan keberlanjutan, karena Indonesia sedang mempercepat adopsi digital dan memenuhi kebutuhan yang semakin meningkat terhadap layanan cloud.”