Home Network & Operator NextDev Summit 2024, Dorong Dampak Sosial Positif dari Inovasi Digital Startup dengan...

NextDev Summit 2024, Dorong Dampak Sosial Positif dari Inovasi Digital Startup dengan Implementasi ESG

Telkomsel menutup rangkaian program Corporate Social Responsibility (CSR) NextDev di Jakarta (14/5) dengan gelaran pamungkas NextDev Summit 2024, sebuah wadah bagi para startup enthusiast untuk serentak menginspirasi dan mendorong kemajuan ekosistem inovasi solusi digital yang dapat memberikan dampak positif secara berkelanjutan, sekaligus panggung bagi nominasi Best of The Best NextDev Startup 2024.

Selaras dengan langkah penciptaan dampak sosial dalam proses bisnis berkelanjutan Telkomsel yang mengedepankan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG), NextDev Summit 2024 yang bertemakan ‘Embracing Tech for Sustainable Impacts’ menjadi salah satu upaya Telkomsel melalui impact incubator NextDev untuk memperkuat fundamental dari early-stage startup.

Saki H. BramonoVice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, mengatakan, “Terinspirasi dari semangat Indonesia untuk terus bergerak maju, Telkomsel terus berupaya menciptakan dampak sosial dengan memberdayakan masyarakat melalui proses bisnis berkelanjutan yang selaras dengan implementasi prinsip ESG. NextDev Summit 2024 menjadi bukti nyata dari komitmen dan implementasi prinsip tersebut dengan mendukung pertumbuhan early-stage startup dan ekosistem pendukungnya secara inklusif dan berkelanjutan. Dengan menampilkan inovasi hasil inkubasi, mengadakan sesi konferensi, serta membuka lebih banyak peluang untuk membangun relasi baru, kami berharap NextDev Summit dapat mendorong kontribusi pemanfaatan teknologi terkini yang berdampak dan bermakna bagi kemajuan negeri.”

NextDev Summit 2024 menghadirkan berbagai kegiatan serta sejumlah pakar terkemuka dan alumni NextDev untuk berbagi pengalaman mengembangkan potensi bisnis startup, termasuk dalam sesi seminar dan diskusi di Inspiring ExpertNextDev Talks, dan NextDev Reunion; acara berjejaring startup dan investor di Business Matching dan Power Lunch; hingga rangkaian Demo DayTop 4 Pitching NextDev 2024, dan Winner Announcement.

Adapun NextDev Summit 2024 sendiri merupakan titik puncak dari rangkaian program impact startup incubator NextDev, yang meliputi proses pencarian talenta startup (NextDev Talent Scouting), program inkubasi (NextDev Academy), dan Final Pitching di NextDev Summit.

Sebagai panggung nominasi startup terbaik, NextDev Summit menghadirkan 9 startup finalis yang telah mengikuti serangkaian sesi inkubasi NextDev Academy dan terbagi ke dalam 4 kategori, yaitu Digital Lifestyle (SLAB Games, Ikan Asin Production, Dulang), Commerce Enablement (Smartcoop, Carinih), Emerging Technologies (CARDS by Cazh, WATERCOIN), dan Digital Food Ecosystem (Aifarm, AKAR).

Pada akhir tahap Final Pitching di NextDev Summit 2024, startup agritech Aifarm,dengan solusi proses end-to-end untuk meningkatkan pertumbuhan dan efektivitas sektor peternakan kambing perah, dinilai telah mengalami perkembangan dan pencapaian paling signifikan sepanjang periode program dan berhak mendapatkan gelar Best of The Best NextDev Startup 2024Startup Smartcoop juga dinobatkan sebagai Runner Up dengan solusi software terlengkap pengelolaan bisnis koperasi profesional, mulai dari pencatatan sampai laporan keuangan.

“Selamat atas terpilihnya Aifarm dan Smartcoop sebagai startup terbaik di NextDev 2024. Semoga inovasi solusi digital yang telah bertumbuh bersama NextDev dan rekan-rekan startup dapat terus serentak berkembang berikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia. Ke depan, Telkomsel melalui NextDev akan terus hadir mendorong perkembangan startup dan konsisten berupaya menghadirkan bantuan dan pendampingan yang sesuai kebutuhan, seperti melalui pendampingan bisnis, peningkatan kapabilitas, serta peluang kolaborasi bersama ekosistem digital Telkomsel,” tutup Saki.

NextDev sendiri merupakan bagian dari peta jalan ekosistem inovasi digital Telkomsel yang mencakup digital talent accelerator IndonesiaNEXT, impact startup incubator NextDev, corporate accelerator Tinc, corporate venture capital Telkomsel Ventures, sampai dengan digital business portfolio holding & platform company INDICO. Secara keseluruhan, ekosistem inovasi ini ditujukan untuk mengembangkan inovasi bersama para stakeholders yang dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital dan ekonomi Indonesia.

Informasi selengkapnya tentang NextDev Summit 2024 dapat diakses di summit.nextdev.co.id.