Home Apps & Platform Mengoptimalkan Transformasi Digital dengan AVEVA Platform: CONNECT

Mengoptimalkan Transformasi Digital dengan AVEVA Platform: CONNECT

Dr. Tobias Scheele, Senior Vice President, Products & Business Development, AVEVA

Pada media briefing terbaru, Dr. Tobias Scheele, Senior Vice President, Products & Business Development, AVEVA, dan Shashank Luthra, Vice President, Head of Southeast Asia, AVEVA, membahas tentang platform terbaru AVEVA yaitu CONNECT yang inovatif.

CONNECT diluncurkan secara resmi pada acara Hannover Messe tanggal 22 April 2024 yang lalu. CONNECT memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan hasil terbaik dari investasi teknologi mereka di cloud dengan menggabungkan data dari asset-aset terpencil, aplikasi dari AVEVA, dan sumber daya pihak ketiga ke dalam satu platform yang aman, sehingga menciptakan ekosistem industri unik yang dirancang untuk menciptakan inovasi-inovasi yang revolusioner. Sesi breakout di siang harinya diisi berbagai diskusi tentang bagaimana kolaborasi real-time dan data tersinkronisasi dapat menyatukan industrial intelligence di cloud untuk mendorong peningkatan efisiensi, produktivitas, dan keberlanjutan bagi perusahaan, mitra, dan pelanggan mereka.

CONNECT sudah digunakan oleh puluhan ribu pengguna aktif setiap bulannya. Produk unggulan CONNECT antara lain AVEVA PI System, AVEVA Operations Control, AVEVA Unified Engineering, AVEVA Advanced Analytics, AVEVA Asset Information Management , RIB CostX, dan banyak lagi.

Dalam sesi tanya jawab dengan media, mereka membahas beberapa aspek kunci yang menandai keunggulan platform ini dalam mendukung transformasi digital, khususnya di pasar Indonesia.

1. Integrasi antara OT dan IT: Salah satu pertanyaan yang muncul adalah terkait dengan posisi platform CONNECT dalam konteks OT (Operational Technology) dan IT (Information Technology). Dr. Tobias menjelaskan bahwa meskipun data OT dikumpulkan, platform ini berbasis pada infrastruktur IT, terutama Azure. Namun, pentingnya integrasi antara kedua domain ini semakin ditekankan oleh Shashank, dengan mengakui peran penting pemimpin IT dalam menjaga keamanan dan keberlanjutan platform.

2. Kontekstualisasi dan Analisis Lanjutan: Platform CONNECT tidak hanya mengintegrasikan data operasional, tetapi juga menyediakan kemampuan untuk menganalisis data secara mendalam. Dr. Tobias menyoroti nilai tambah dari fitur analitik tingkat lanjut yang memperkaya platform ini. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam dari data mereka, memberikan peluang untuk pengambilan keputusan yang lebih cerdas.

3. Investasi di Pasar Indonesia: AVEVA telah lama hadir di pasar Indonesia, namun mereka meningkatkan investasi mereka untuk mendukung industri-industri kunci di negara ini. Shashank menyoroti potensi besar yang dimiliki Indonesia dengan populasi yang besar, PDB yang signifikan, dan fokus pada sektor-sektor seperti minyak dan gas, listrik, bahan kimia, dan lainnya.

4. Mempercepat Transformasi Digital: Platform CONNECT dirancang untuk menyederhanakan proses transformasi digital. Dr. Tobias menjelaskan bagaimana platform ini mengintegrasikan berbagai aplikasi dan database yang diperlukan dalam proyek-proyek besar, memastikan konsistensi dan kerja sama yang mulus antara berbagai aspek proyek.

5. Manfaat bagi Industri Konstruksi: Dalam industri konstruksi, CONNECT menawarkan manfaat signifikan dengan menyediakan alat kolaborasi yang efektif. Dr. Tobias mencatat minat yang meningkat dari perusahaan konstruksi yang ingin memanfaatkan kapabilitas platform ini untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas dalam proyek-proyek mereka.

6. Penanganan Data yang Kompleks: Dengan menghadapi tantangan data yang kompleks, CONNECT menonjol dengan kemampuannya untuk mengintegrasikan data dari berbagai sumber, termasuk yang ada di pusat, di pinggir, dan di cloud. Dr. Tobias menyoroti infrastruktur yang kuat yang memungkinkan analisis data secara real-time dan pengambilan keputusan yang cepat.