
Telkomsel kembali menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan dengan mengoptimalkan teknologi kecerdasan buatan (AI) selama momen Ramadan dan Idulfitri 1446 Hijriah (RAFI 2025). Hasilnya, trafik layanan broadband Telkomsel melonjak hingga 15,7% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Kenaikan trafik ini juga tercatat 12% lebih tinggi dibandingkan hari biasa di 2025, sebagai buah dari strategi matang Telkomsel dalam menyiapkan infrastruktur jaringan, layanan pelanggan, hingga program khusus melalui Telkomsel Siaga RAFI 2025 yang berlangsung dari 26 Maret hingga 8 April 2025.
AI Jadi Kunci Sukses
Dengan memanfaatkan teknologi AI secara masif, Telkomsel berhasil menyelesaikan lebih dari 9.500 pekerjaan optimasi jaringan secara otomatis. Teknologi ini juga digunakan untuk memantau dan memperkuat jaringan di 476 titik keramaian, memastikan kualitas koneksi tetap prima meski permintaan meningkat drastis.
Tak hanya itu, Telkomsel turut memperluas cakupan jaringan 5G di sejumlah wilayah strategis seperti Jabodetabek dan Surabaya, dengan total penggelaran lebih dari 1.490 BTS 5G. Mereka juga melakukan uji jaringan sepanjang 17.537 km di jalur-jalur mudik utama.
Layanan Digital Meroket
Selama momen Ramadan dan Idulfitri, terjadi lonjakan signifikan pada sejumlah layanan digital. Akses ke media sosial naik 18,3%, aplikasi perpesanan instan seperti WhatsApp meningkat 34,2%, video streaming melonjak 40,2%, dan game mobile naik tajam hingga 60,7%.
Platform digital populer seperti TikTok, Facebook, WhatsApp, YouTube, dan Instagram mengalami peningkatan trafik, dengan YouTube mencatat kenaikan tertinggi sebesar 154,9%. Bahkan layanan SMS Telkomsel pun mengalami peningkatan sebesar 25,4%.
Jawa Tengah Catat Lonjakan Tertinggi
Lima wilayah dengan pertumbuhan trafik broadband tertinggi selama RAFI 2025 adalah Jawa Tengah (38,6%), diikuti Jawa Barat (28,7%), Sumatera Bagian Tengah (22,1%), Jawa Timur (22,0%), dan Sumatera Bagian Selatan (19,2%). Sementara itu, destinasi dengan lonjakan trafik tertinggi termasuk Wisata Kota Batu, Cipanas/Kota Bunga, Waduk Gajah Mungkur, Puncak, dan Bandara Soekarno-Hatta.
Telkomsel Terus Hadir Untuk Pelanggan
Saki Hamsat Bramono, VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, menyampaikan apresiasi atas kepercayaan pelanggan, “Kami senang dapat memastikan pelanggan menikmati Ramadan dan Idulfitri 1446H dengan kenyamanan maksimal berkat layanan kami yang prima.”
Informasi lebih lanjut mengenai program Telkomsel selama RAFI 2025 dapat diakses di www.telkomsel.com/siaga.