Home Network & Operator Konsisten Dukung Digitalisasi UKM, XL Sosialisasi Solusi Digital dan Sisternet di HUT...

Konsisten Dukung Digitalisasi UKM, XL Sosialisasi Solusi Digital dan Sisternet di HUT ke-44 DEKRANAS

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus konsisten mendukung kemajuan usaha kecil dan menengah (UKM) Indonesia. Sebagai salah satu implementasinya, melalui XL Axiata Business Solutions (XLABS), XL Axiata menghadirkan layanan XL SATU Biz yang bisa mempermudah digitalisasi para pelaku UKM agar mampu naik kelas dan lebih produktif. Untuk tujuan itu pula, XL Axiata turut hadir dalam rangkaian hajatan HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang berlangsung di Surakarta atau Solo, 15 – 19 Mei 2024.

Secara khusus Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ketua Dekranas Ibu Wury Ma’ruf Amin berfoto dengan Tim XL Axiata di sela-sela mengunjungi booth peserta pameran Dekranas. Booth XL Axiata sendiri menampilkan sejumlah layanan solusi yang tepat untuk digitalisasi UKM, seperti XL Satu Biz, Adscellence, Managed Service Wifi, Digital Rewards, Google Workspace, Infinet Go, Biz Vida, Open Wifi. Selain itu, melalui program Sisternet, dihadirkan pula sejumlah produk UKM binaan, seperti batik dan produk minuman kesehatan.

Group Head Enterprise Product & Marketing XL Axiata, Tri Wahyuningsih, menyampaikan, “Suatu kebanggan tersendiri atas perkenan Ibu Negara dan Ketua Dekranas berkunjung ke booth XL Axiata sehingga kami bisa mepaparkan program-program kami dalam mendukung kemajuan UKM Indonesia, baik melalui penyediaan solusi-solusi digital produk dari XLABS, maupun melalui program Sisternet kepada kalangan pelaku UKM Perempuan. Semoga melalui event ini, semakin banyak rekan-rekan UKM di berbagai daerah yang bisa mengadopsi solusi digital dari kami guna mendukung upaya naik kelas dan menjadi lebih produktif.”

Berikut ini produk solusi digital bagi UKM yang ditampilkan di HUT Dekranas:

XL SATU Biz, yaitu paket internet dan solusi bisnis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Bagi UKM, layanan ini akan bermanfaat untuk menyelesaikan setengah dari pekerjaan mendirikan usaha, dengan adanya internet fiber opti berkecepatan tinggi, kuota besar untuk bersama, dan juga aplikasi wirausaha majoo yang sudah menjadi bagian dari paket XL SATU Biz

Adscellence, solusi digital berupa SMS Location Based Advertising. Bagi UKM, layanan ini akan bermanfaat untuk mendapatkan pelanggan potensial dengan iklan SMS terfokus di sekitar lokasi usaha

Managed Service Wifi, yaitu teknologi wifi berbasis cloud . Bagi UKM, layanan ini akan bermanfaat untuk mengelola, mengontrol, dan memecahkan masalah jaringan Wi-Fi di tempat bisnis dari jarak jauh,

Digital Rewards, yaitu hadiah dalam bentuk digital seperti kuota internet. Bagi UKM, layanan ini akan bermanfaat mengadakan program loyalitas atau penawaran khusus yang melibatkan pemberian hadiah digital.

Google Workspace, yaitu ruang kerja berbasis cloud. Bagi UKM, layanan ini akan bermanfaat untuk memudahkan dan mengamankan pengelolaan keperluan digital workspace, mulai dari pembuatan email dengan domain perusahaan, memudahkan karyawan mengakses berbagai aplikasi Google, mengatur siapa saja yang bisa mengakses aplikasi-aplikasi tersebut, dan masih banyak lagi!

Infinet Go, yaitu paket internet all in one. Bagi UKM, layanan ini akan bermanfaat untuk tetap terhubung ke jaringan nirkabel dari mana saja dan kapan saja dengan perangkat wifi portable berkecepatan tinggi

Biz Vida, yaitu tanda tangan berbasis digital. Bagi UKM, layanan ini akan bermanfaat untuk memberikan kemudahan dan kecepatan dalam proses tanda tangan digital dengan keamanan yang terjamin dan biaya yang hemat

Open Wifi, yaitu fitur wifi untuk mengenal pelanggan lebih akurat dan mengetahui kebutuhan pelanggan. Bagi UKM, layanan ini akan bermanfaat untuk mengetahui secara real-time banyak pengunjung dari penggunaan Wi-Fi, dan dapat menambah penghasilan

Saat ini, solusi XL SATU Biz sudah hadir di 88 kota/kabupaten di berbagai provinsi Indonesia, dan akan terus meluas seiring dengan perluasan jaringan konvergensi. Hingga kuartal pertama 2024, tidak kurang dari 10K UKM telah memanfaatkan XL SATU Biz untuk mendukung produktivitas mereka.

Sisternet Dorong UKM Perempuan Naik Kelas

Pada event HUT ke-44 Dekranas, melalui program CSR Sisternet, XL Axiata juga menampilkan dua pelaku UKM yang telah berhasil naik kelas berkat mengikuti program-program pengembangan dari Sisternet seperti salah satunya Kompetisi Modal Pintar 2023. Kedua UKM yang ikut tampil di ajang HUT ke -44 Dekranas tersebut adalah Ulur Wiji UKM asal Desa Pandankrajan, Kabupaten Mojokerto. UKM yang dikelola perempuan ini memiliki produk berbagai jenis batik yang mengusung konsep keberlanjutan, eco-fashion, dan eco-friendly. Setelah mengikuti kelas-kelas pengembangan dari XL Axiata serta menggunakan layanan XL SATU Biz dan aplikasi Sisternet, Ulur Wiji ini mampu memperluas pemasaran secara digital sehingga omzet penjualan juga meningkat hingga 56%.

UKM kedua adalah lemonih.id, berasal dari Surakarta dan memiliki produk minuman kesehatan. Produk minuman tersebut terbuat dari lemon import premium, jahe merah, dan kayu manis bekualitas tinggi untuk membantu mendetoks tubuh dan membantu menurunkan berat badan yang berlebih. Dengan bergabung menjadi bagian dari ekosistem digital Sisternet, lemonnih.id mendapatkan dukungan untuk meningkatkan brand awarness dan kesempatan akses ke market yang lebih luas, serta edukasi pengembangan bisnis.

Berikut ini program dan fitur aplikasi Sisternet terkini untuk terus mendorong UKM Perempuan Indonesia naik kelas:

Finansister, yaitu salah satu fitur aplikasi Sisternet yang memberikan edukasi literasi finansial dan kesempatan untuk UKM perempuan binaan Sisternet mendapatkan akses program peminjaman modal usaha yang eksklusif dengan bank partner Sisternet.

Toko Sister, yaitu salah satu fitur aplikasi Sisternet yg mewadahi UKM untuk mempromosikan product dan jasanya kepada para Sisters / member Sisternet

Webinar Pintar, yaitu program edukasi perempuan Indonesia yang hadir setiap bulannya dengan berbagai topik yang bervariasi untuk mendukung literasi digital semua perempuan Indonesia baik yang masih mahasiswi maupun perempuan yang sudah berkeluarga. Webinar Pintar Sisternet dapat diikuti secara gratis di aplikasi Sisternet.

Hingga saat ini, lebih dari 3.000 UKM perempuan telah mengikuti program Sisternet, melalui kelas-kelas pengembangan. Mereka berasal dari berbagai daerah di tanah air, dengan beragam produk. Mulai dari makanan dan minuman, kerajinan, fashion, hingga sektor tempat wisata.

Ayo bergabung dengan program Sisternet dengan mendownload aplikasi nya dan mendaftar secara gratis untuk terus saling mendukung dalam memajukan perempuan Indonesia. #perempuannaikkelas #jadilebihbaik #adauntukindonesia.