Home Operator Jaringan Terintegrasi 100%, Indosat Ooredoo Hutchinson Siap Menyambut Lonjakan Trafik Lebaran

Jaringan Terintegrasi 100%, Indosat Ooredoo Hutchinson Siap Menyambut Lonjakan Trafik Lebaran

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H, persiapan untuk menyambut momen spesial ini semakin intens dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk perusahaan telekomunikasi. Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) pun tak ingin ketinggalan dalam memberikan dukungan yang maksimal bagi seluruh pelanggannya.

Dalam pers release yang dikeluarkan, Indosat mengumumkan telah mencapai 100% dalam mengintegrasikan jaringannya dengan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN). Integrasi tersebut dilakukan di lebih dari 46 ribu sites di seluruh Indonesia, dan telah selesai sesuai target pada akhir Maret lalu. Perusahaan mengucapkan terima kasih kepada para mitra seperti Ericsson, Huawei, dan Nokia yang telah memberikan dukungan dengan menyediakan perangkat radio, infrastruktur tower, fiber optic, dan lainnya.

Dengan selesainya integrasi sites ini, seluruh pelanggan Indosat, baik IM3 maupun Tri, dapat merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas, kualitas layanan di dalam ruangan yang lebih baik, serta pengalaman internet yang lebih cepat hingga dua kali lipat. Kecepatan unduh dan latensi yang lebih baik meningkatkan sekitar 20% pengalaman pelanggan untuk layanan utama seperti video streaming dan gaming.

Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan bahwa pengalaman pelanggan merupakan inti dari segala hal yang dilakukan di Indosat. Di momen Lebaran yang sebentar lagi dirasakan, Indosat memastikan telah siap mendukung tingginya kebutuhan telekomunikasi digital dengan layanan yang maksimal.

Indosat memprediksi kenaikan trafik data tertinggi sekitar 20% dibandingkan hari biasa selama periode libur Lebaran tahun ini karena meningkatnya penggunaan aplikasi dan messaging berbasis video seperti YouTube, TikTok, Instagram, Facebook, dan WhatsApp. Untuk mengantisipasi peningkatan tersebut, perusahaan telah mempersiapkan diri dengan menambah kapasitas data lebih dari 30% untuk lonjakan trafik data harian.

Optimalisasi jaringan juga dilakukan di hampir 400 titik pusat keramaian di seluruh tanah air seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, masjid, tempat peristirahatan, bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan. Selain itu, Indosat juga melakukan optimalisasi jaringan di 9 jalur kereta, 17 jalan tol termasuk tol Jakarta-Surabaya, dan 30 jalan non-tol seperti Padang-Bukit Tinggi dan Banjarmasin-Martapura. Berdasarkan pengalaman di masa Ramadan dan Lebaran tahun sebelumnya, Indosat mengantisipasi peningkatan lalu lintas data tertinggi di area Jawa Barat, Banten, Sumatra Selatan, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Untuk memastikan bahwa seluruh layanan tetap berjalan dengan lancar, Indosat telah mengaktifkan command center fisik terpusat sejak H-3 Lebaran.

Dengan dukungan lebih dari 2.000 petugas teknis yang bersiaga sepanjang waktu, tim Indosat Network Operation Center (INOC) dan Indosat Service Operation Center (ISOC) akan memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara nasional selama 24/7. Layanan pelanggan melalui berbagai saluran juga disiagakan untuk memberikan dukungan atas kendala yang mungkin dialami pelanggan selama masa liburan.

“Pada kesempatan ini, kami ingin menyampaikan terima kasih untuk dukungan para mitra strategis serta kepercayaan dan kesetiaan yang diberikan para pelanggan. Kami akan terus berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia. Pengalaman digital pelanggan yang semakin baik akan membuka berbagai potensi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia di masa depan,” tutup Vikram.