Home Laptop/PC Computex 2024: Qualcomm Perkenalkan “The PC Reborn” melalui Snapdragon X Series dan...

Computex 2024: Qualcomm Perkenalkan “The PC Reborn” melalui Snapdragon X Series dan Copilot+ PC

Qualcomm Perkenalkan _The PC Reborn_ di Computex 2024

Pada acara Computex 2024, Presiden dan CEO Qualcomm, Cristiano Amon, hadir bersama para pemimpin dari ekosistem PC global untuk merayakan dan mengungkapkan apa yang dapat diharapkan oleh konsumen dan perusahaan dalam hal produktivitas, kreativitas, dan hiburan dari kategori PC baru, yaitu Copilot+ PCs, yang saat ini hanya didukung oleh Platform Snapdragon® X Elite dan Snapdragon® X Plus.

“Copilot+ PC yang didukung Snapdragon X Elite adalah PC Windows tercepat dan paling cerdas yang pernah dibuat berkat AI yang terintegrasi ke seluruh sistem, dan dapat memberikan daya tahan baterai sampai berhari-hari,” ujar Amon. “Terima kasih untuk para mitra yang bergabung dengan saya di atas panggung hari ini untuk menandai pergeseran industri untuk  menempatkan PC Windows Copilot+ yang didukung  Snapdragon di garis terdepan inovasi teknologi. Bersama-sama, kami ingin mendefinisikan ulang pengalaman komputasi personal dan memungkinkan para developer untuk menciptakan  aplikasi  secara efisien untuk generasi baru ini.”

Amon membahas mengenai NPU dalam Snapdragon X Series sebagai pembeda utama dan alasan mengapa kinerja performa PC yang didukung  Snapdragon X Series lebih unggul dan membuat  pengalaman Copilot+ menjadi kenyataan. Dengan memindahkan beban kerja AI dari CPU dan GPU ke NPU, kinerja dapat meningkat secara signifikan dan menghasilkan penghematan daya yang sangat besar.

Dengan hal ini, Amon menyatakan bahwa Qualcomm Technologies mampu mengembalikan performa terunggul ke ekosistem PC Windows dengan NPU terdepan kami yang memberikan kinerja NPU tertinggi  per watt untuk laptop, hingga 2,6x dibandingkan  M3 dan hingga 5,4x dibandingkan  Core Ultra 7[1]. Berkat CPU Qualcomm Oryon™ terdepan kami, Snapdragon X Elite juga menjadi pemimpin performa terbaru untuk Windows dengan kemampuan CPU hingga 51% lebih cepat pada daya ISO dan mampu menyamai performa puncak dari CPU PC pesaing dengan daya 65% lebih rendah[2]. Tak hanya membahas hardware, Amon juga membahas melampaui perangkat keras untuk menunjukkan alat pengembangan terdepan dari Qualcomm Technologies untuk pembuatan aplikasi AI generasi berikutnya. Qualcomm® AI Hub memungkinkan para developer menerapkan model AI hanya dalam waktu 5 menit pada perangkat yang didukung oleh platform Snapdragon, baik itu model AI milik mereka sendiri maupun koleksi model AI yang sudah dioptimalkan dan siap pakai dari Qualcomm Technologies yang terus berkembang. Snapdragon® Dev Kit for Windows terbaru menyediakan platform hardware yang ideal bagi para developer dengan kecepatan chipset Snapdragon X Elite yang ditingkatkan serta form factor populer yang dapat  ditumpuk.


[1] ​ Performa inferensi AI didasarkan pada UL Solutions Procyon AI pada OS Windows 11 dan MacOS yang dijalankan pada Mei 2024. Snapdragon X Elite diuji menggunakan desain referensi Qualcomm Technologies pada OS Windows 11. Intel Core Ultra 7 155H (16 core) diuji menggunakan laptop Asus Zenbook 14 OLED (UX3405) pada Windows 11. Apple M3 diuji menggunakan Apple MacBook Pro pada MacOS. Performa maksimum yang direfleksikan oleh Intel Core Ultra 7 155H dan M3 merepresentasikan hasil maksimum yang dapat dicapai pada platform tertentu di bawah pengaturan PL1/PL2 yang tidak dibatasi dan tidak ada batasan termal. Perbandingan daya dan performa mencerminkan hasil berdasarkan pengukuran dan instrumentasi perangkat keras pada perangkat tertentu.

[2] Performa CPU merujuk ke Geekbench v6.2 Multi-Thread pada OS Windows 11 yang dijalankan pada bulan Maret 2024. Snapdragon X Elite diuji menggunakan desain referensi Qualcomm Technologies pada OS Windows 11. Intel Core Ultra 7 155H (16 core) diuji menggunakan laptop Asus Zenbook 14 OLED (UX3405), dengan OS Windows 11. Performa maksimum yang direfleksikan oleh Intel Core Ultra 7 155H merepresentasikan hasil maksimum yang dapat dicapai pada platform tertentu di bawah pengaturan PL1/PL2 yang tidak dibatasi dan tidak ada batasan termal. Perbandingan daya dan performa mencerminkan hasil berdasarkan pengukuran dan instrumentasi perangkat keras pada perangkat tertentu.

Kutipan dari Jajaran Eksekutif Para Mitra

Acer: “Kami sangat bersemangat  untuk meningkatkan hubungan kami bersama Qualcomm Technologies untuk  Copilot+ PC, merancang laptop Acer Swift 14 AI terbaru kami dengan platform Snapdragon X yang paling anyar,” ujar Jason Chen, Chairman and CEO, Acer. “Kami menantikan pengalaman AI baru yang akan dihadirkan oleh PC baru ini, membuka jalan bagi era teknologi komputasi berikutnya,”

ASUS: “Kita sedang memasuki era PC AI, maka itu ASUS dengan senang hati berkolaborasi dengan Qualcomm Technologies untuk menghadirkan inovasi terobosan  bagi para pengguna. Peluncuran ASUS Vivobook S 15 yang ditenagai oleh Snapdragon X Elite pun menjadi tonggak penting dalam komputasi personali. Copilot+ PC yang didukung AI ini dapat meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan pengalaman pengguna dengan fitur-fitur canggihnya. Bermitra dengan Qualcomm Technologies memperkuat komitmen kami untuk mendobrak batas dalam mengembangkan teknologi. Kami akan terus bekerja sama untuk memperkenalkan lebih banyak lagi PC AI yang inovatif, memberdayakan pengguna dengan teknologi mutakhir,” ujar S.Y. HSU, Co-CEO, ASUS.

Dell: “Tak perlu diragukan lagi, revolusi PC AI telah hadir dengan menawarkan produktivitas dan efisiensi baru yang lebih baik dari sebelumnya,” ujar Sam Burd, President, Client Solutions Group, Dell Technologies. “Dell sepenuhnya mendukung era PC AI ini, terbukti dari portofolio PC AI kami yang lengkap, mencakup perangkat-perangkat yang ditenagai oleh Snapdragon X Series. Pengguna bisa mendapatkan manfaat dari kinerja dan daya tahan baterai yang luar biasa serta pengalaman AI yang baru untuk memaksimalkan waktu mereka dalam sehari dan fokus pada pekerjaan yang paling penting.””

HP: “Pengenalan pada PC AI memberi peluang besar bagi industri dan HP sangat antusias dapat bermitra dengan Qualcomm Technologies dalam penciptaan kategori ini. Peluncuran Elitebook Ultra dan OmniBook X mewakili komitmen bersama kami untuk menata ulang apa yang mungkin terjadi di era AI. Dengan Snapdragon X Series, kami memberikan pengalaman terbaik di kelasnya yang aman dan berkinerja tinggi bagi pelanggan kami.” ujar President and CEO HP, Enrique Lores.

Lenovo: “Di Lenovo, kami tidak pernah berhenti berinovasi untuk menawarkan pengalaman, desain, dan rancangan terbaik dalam komputasi untuk menciptakan masa depan teknologi dan AI yang lebih cerdas untuk semua,” kata Luca Rossi, President of Intelligent Devices Group, Lenovo. “Kami telah berkolaborasi dengan Qualcomm Technologies untuk mewujudkan visi ini. Berkat platform Snapdragon X Elite, Lenovo ThinkPad T14s Gen 6 dan Yoga Slim 7x Copilot+ PCs keduanya  menawarkan performa yang mengesankan, efisiensi daya yang luar biasa, dan kemampuan AI yang inovatif bagi bisnis dan konsumen..”

Microsoft: “PC sedang dilahirkan kembali, dan ini akan mengubah ekspektasi konsumen dari perangkat mereka, baik dari segi produktivitas, kreativitas, komunikasi, maupun hiburan,” kata Satya Nadella, Chairman dan CEO, Microsoft. “Bulan lalu, kami mengumumkan Copilot+ PC, PC Windows tercepat dan paling cerdas yang pernah dibuat. PC ini menjadi titik balik bagi seluruh industri. Ini pun hanya mungkin terjadi berkat kolaborasi dengan Qualcomm Technologies.”

Samsung: “Selama beberapa dekade, Samsung dan Qualcomm Technologies, Inc. telah bekerja sama menghadirkan pengalaman mobile premium terbaik di ekosistem  Galaxy. Kini, melalui Galaxy Book4 Edge yang didukung Snapdragon X Elite, kami mendefinisikan ulang kategori PC AI sekaligus menunjukkan kemampuan PC AI generasi berikutnya. Kami sangat antusias untuk melihat bagaimana pengguna Galaxy Book4 Edge memaksimalkan produktivitas dan menuangkan kreativitas untuk kehidupan yang lebih baik berkat pengalaman Galaxy AI yang terkoneksi dan Snapdragon X Elite yang tangguh,” tutur Won-joon Choi, Executive Vice President and Head of R&D, Mobile eXperience Business, Samsung Electronics.