Cisco hari ini meluncurkan fitur kecerdasan buatan (AI) Webex baru yang dirancang khusus untuk memberikan pengalaman kerja hybrid yang unggul saat new normal terus berkembang. Perusahaan harus dapat memenuhi kebutuhan karyawan dan pelanggan mereka dengan pengalaman kerja yang luar biasa dan dipersonalisasi, sambil tetap memperkuat nilai nyata.
Menurut Jeetu Patel, EVP dan GM, Security and Collaboration, Cisco, “AI menghadirkan evolusi berikutnya dalam pekerjaan hybrid dengan menjadi kunci untuk membuka kemajuan dalam kerja hybrid dan pengalaman pelanggan”. Cisco telah memiliki pengalaman dalam penggunaan AI selama beberapa dekade, dengan pemahaman bahasa alami terdepan di industri, serta kecerdasan audio dan video di Webex.
Untuk memberikan pengalaman kerja yang luar biasa bagi pekerja dan pelanggan hybrid, inovasi Webex dibangun di atas Platform Webex yang sudah memiliki ratusan fitur AI dan machine learning yang tertanam dalam produk Cisco. Inovasi Webex terdiri dari tiga kategori, yaitu Menata Ulang Ruang Kerja, Mengoptimalkan Kolaborasi, dan Memperkuat Pengalaman Pelanggan.
Fitur Menata Ulang Ruang Kerja Webex termasuk kemampuan AI canggih yang dapat mengoptimalkan pengalaman rapat dan membuat ruang kolaborasi menjadi zona meeting, di mana peserta yang tidak ikut dalam rapat di luar batas yang ditentukan tidak akan terlihat dalam tampilan. Fitur ini berupa:
- Pengalaman rapat sinematik: Dengan rapat sinematik di perangkat Cisco Collaboration, kamera mengikuti penggunanya melalui pengenalan suara dan wajah, sehingga secara otomatis mengalihkan tampilan untuk menangkap sudut terbaik dari pembicara aktif. Hal ini menguntungkan orang-orang di ruangan dengan fokus yang sempurna kepada pembicara, dan pekerja hybrid yang tidak berada di ruang rapat akan merasa diikutsertakan bahkan ketika mereka tidak berada di dalam ruangan secara fisik.
- Zona meeting: Dengan kemampuan ini, admin TI dapat menetapkan batas virtual untuk ruang kolaborasi apa pun di kantor, mengubahnya menjadi zona meeting. Dengan zona meeting, peserta dibingkai secara individual dalam tampilan yang ringkas — meniadakan ruang kosong yang berada di luar tampilan. Hanya para peserta yang berada di dalam batas-batas yang ditentukan yang termasuk dalam pertemuan. Ini sangat penting di ruang terbuka yang sibuk dan di ruang konferensi dengan dinding kaca, untuk menghilangkan gangguan dari orang-orang yang tidak ikut dalam meeting.
Fitur Mengoptimalkan Kolaborasi termasuk Super Webex, yang memastikan video berkualitas tinggi bahkan dengan kamera berkualitas rendah atau kondisi bandwidth rendah. Re-lighting cerdas secara otomatis meningkatkan pencahayaan dalam kondisi cahaya yang buruk sehingga peserta terlihat lebih jelas di lingkungan apa pun. Termasuk di dalamnya:
- Meeting dalam High-definition (HD) yang tidak memerlukan bandwidth HD: Resolusi Super Webex memastikan video sejernih kristal dalam meeting Webex, bahkan dengan kamera berkualitas rendah atau kondisi bandwidth rendah.
- Re-lightingcerdas: Untuk memastikan peserta terlihat maksimal di lingkungan apa pun, re-lighting cerdas secara otomatis meningkatkan pencahayaan yang buruk saat terlalu redup atau terang. Misalnya, saat bekerja di luar ruangan pada hari yang cerah, tampilan video yang kurang terang disesuaikan sehingga pengguna tampil lebih jelas.
- Pembaruan “be right back” otomatis: Kemampuan ini bisa memasang pesan BRB secara otomatis, mengaburkan latar belakang dan membisukan audio saat pengguna menjauh dari rapat Webex. Misalnya, jika bel pintu berbunyi dan Anda meninggalkan rapat untuk mengambil paket. Pesan BRB secara otomatis dihapus setelah pengguna kembali.
Fitur Memperkuat Pengalaman Pelanggan termasuk kemampuan AI yang dapat memberikan pengalaman personalisasi pada pelanggan dengan meningkatkan efisiensi layanan dan mengoptimalkan responsifitas layanan pelanggan. Kemampuan ini memungkinkan perusahaan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa dan menghasilkan nilai tambah yang nyata.
H
ari ini, Cisco meluncurkan visinya tentang contact center yang bisa belajar sendiri (self-learning). Cisco juga memperkenalkan kemampuan AI baru untuk solusi-solusi pengalaman pelanggannya, yang mencakup Webex Contact Center dan platform komunikasi cloud, Webex Connect. Kemampuan-kemampuan baru ini meliputi:
- Wawasan yang dapat ditindaklanjuti untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik: Analisis Topik di Webex Contact Center mengungkapkan alasan-alasan utama pelanggan menghubungi contact center. Analisis topik menggabungkan data transkrip panggilan dari contact center dan memodelkan tren secara ringkas untuk para analis bisnis, sehingga mereka dapat secara proaktif melakukan adaptasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Kemampuan ini bersifat self-learning, semakin pintar dari interaksinya dengan pelanggan.
- Agent Answers sebagai pelatih agent real-time: Dengan kemampuan ini, pembelajaran dari interaksi pelanggan yang mandiri dan otomatis dimasukkan kembali ke contact center self-earning untuk meningkatkan efektivitas agent manusia. Agent Answers mendengarkan dan bertindak sebagai pelatih real time untuk agent manusia, sehingga memunculkan artikel-artikel basis pengetahuan dan informasi bermanfaat yang dapat diberikan agent secara instan kepada pelanggan.
- Ringkasan obrolan otomatis untuk agent: Ringkasan obrolan yang didukung AI membuat agent tidak perlu lagi membaca riwayat obrolan digital yang panjang dengan pelanggan untuk menentukan masalah dan resolusi yang sudah dijajaki. Agent akan mendapat manfaat dari otomatisasi yang cepat untuk mengonsumsi teks dari obrolan pelanggan berdurasi panjang dan memberikan poin-poin penting dalam format dapat dicerna dengan cepat.
- Kode otomatis untuk kustomisasi cepat dari perjalanan pelanggan: Saat ini, kemampuan pembuat alur low-code Webex di Webex Connect sudah membantu perusahaan-perusahaan untuk mengatur dan mengotomasikan perjalanan pelanggan secara lengkap. Kini, pengguna akan dapat dengan mudah menggambarkan fungsi yang ingin mereka lakukan, seperti “validasi alamat email,” dan AI akan menghasilkan dan mengembalikan kode yang sesuai secara instan. Hal ini membuat perjalanan pelanggan bisa dibuat dan diulang secara mudah dan cepat.
Kemampuan-kemampuan AI Webex baru rencananya akan diluncurkan sepanjang tahun 2023. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.webex.com.